Cara Mudah Reset Mikrotik RouterBoard untuk Pemula

Cara Reset Mikrotik – Reset mikrotik umumnya terdiri dari hard reset dan soft reset. Kedua metode memungkinkan Anda kembali mengakses perangkat tanpa kesulitan. Mikrotik adalah sistem operasi berbasis software yang dapat mengubah PC menjadi ruter jaringan.

Sistem tersebut memungkinkan pengguna mengelola kebutuhan administrasi jaringan komputer berskala kecil maupun besar. Seperti kebanyakan perangkat, mikrotik membutuhkan username dan password untuk berfungsi. Sayangnya, sistem ini tidak memiliki fitur lupa akses yang akan memaksa pengguna untuk mereset. Bagaimana cara mengonfigurasi mikrotik RouterBoard? Lihat dua pendekatan dalam pembahasan berikut.

Cara Reset Mikrotik RouterBoard

1. Hard Reset Mikrotik RouterBoard

Pengaturan ulang keras memungkinkan pengaturan ulang mikrotik melalui tombol fisik RouterBoard. Setiap RouterBoard memiliki tombol fisik di tempat yang berbeda, tetapi biasanya mereka berada di samping atau di belakang perangkat. Untuk mencegah tombol fisik RouterBoard di tekan secara tidak sengaja, ada beberapa RouterBoard yang membutuhkan bantuan benda seperti klip kertas.

Cara hard reset mikrotik untuk NDS adalah sebagai berikut:

  • Pastikan RouterBoard mati.
  • Untuk mencapai tombol RouterBoard fisik, buat klip kertas.
  • Sambil menyalakan RouterBoard, tekan dan tahan tombol fisik selama lima hingga sepuluh detik.
  • Lepaskan tombol fisik RouterBoard saat Anda menunggu lampu LED USR berkedip.

Cara yang biasa di gunakan untuk me-reset mikrotik adalah yang di atas. Anda dapat mengubah metode di atas sesuai dengan jenis ruter yang Anda gunakan.

2. Soft Reset Mikrotik RouterBoard

Cara resetulang mikrotik menggunakan Winbox adalah sebagai berikut.

  • Lakukan login ke mikrotik menggunakan Winbox. Pilih menu “System”, lalu klik “Reset”. Beri tanda centang pada opsi “Tidak ada Konfigurasi Standar”, lalu klik “Reset Konfigurasi”.
  • Tunggu beberapa saat hingga mikrotik bangkit kembali.
  • Saat mikrotik menyala kembali, ia tetap dalam kondisi pengaturan awal, tidak dikonfigurasi seperti sebelumnya.

Nah itulah 2 cara yang bisa di praktekkan untuk reset mikrotik routerboard. Kamu bisa menggunakan cara mana saja sesuai keinginan. Selamat mencoba !

Baca Juga :

***