Cara Setting Mikrotik dari Awal untuk Pemula

Cara Setting Mikrotik – Mikrotik merupakan router OS yang terbilang cukup populer dan banyak di gunakan termasuk Indonesia. Nah untuk memudahkan penggunaan, kamu bisa melakukan setting Mikrotik menggunakan aplikasi Winbox. Jika masih bingung, pada artikel kali ini akan di berikan beberapa langkahnya sekaligus penjelasannya !

Desain Topology Jaringan

Membuat design topologi jaringan adalah hal penting yang harus di kerjakan saat ingin melakukan setting mikrotik dari awal. Selain itu dari topologi jaringan tersebut, kita bisa menyiapkan alamat IP Address yang akan di gunakan untuk melakukan konfigurasi router mikrotik.

Siapkan terlebih dahulu alamat ip address yang akan di gunakan untuk melakukan konfigurasi router mikrotik dari awal menggunakan winbox. Berikut adalah ip address yang bisa di gunakan :

Ip Address Mikrotik : 192.168.8.9/24
IP Lan ( Lokal ) : 192.168.78.1/24
Gateway : 192.168.8.1/24
DNS 1 : 8.8.8.8
DNS 2 : 8.8.4.4

Setelah mendapatkan informasi tentang ip address, selanjutnya lakukan konfigurasi menggunakan winbox untuk setting mikrotik dari awal menggunakan winbox.

Cara setting Mikrotik dari awal

Langkah 1, Tambahkan IP Address

Langkah awal yang bisa di lakukan adalah dengan membuka aplikasi winbox terlebih dahulu. Kemudian login ke mikrotik router dan klik opsi IP. Pilih address dan masukkan ip address untuk interface yang mengarah ke modem (UP Link). Selanjutnya tambahkan lagi IP Address untuk IP LAN yang akan di berikan ke user di mana dalam tutorial ini IP nya adalah 192.168.78.1/24 atau bisa di sesuaikan dengan topology yang sudah di buat sebelumnya.

Langkah 2, Konfigurasi IP Gateway

Setelah berhasil melakukan konfigurasi IP Address, langkah berikutnya yang bisa di lakukan adalah konfigurasi IP Gateway pada mikrotik winbox. Cara menambahkannya adalah dengan klik menu IP lalu pilih routers dan tambahkan IP Routersnya. Di mana pada pembahasan kali ini IP Routersnya adalah 192.168.8.1.

Langkah 3, Konfigurasi DNS

Langkah berikutnya adalah dengan melakukan konfigurasi DNS sesuai dengan topology di atas yakni 8.8.8.8 dan 8.8.4.4. Cara menambahkannya adalah dengan klik menu IP lalu pilih DNS dan isi DNS sesuai dengan data yang sudah di tentukan kemudian klik Apply.

Jangan lupa juga untuk setting DHCP server agar user yang terhubung ke jaringan LAN Mikrotik tidak perlu repot melakukan konfigurasi IP LAN di setiap komputer atau perangkat yang terhubung. Hal tersebut di karenakan IP Address LAN sudah di berikan secara langsung oleh DHCP Server Mikrotik.

Langkah 4, Tambahkan settingan Firewall Nat

Merupakan langkah terakhir yang bisa dilakukan untuk setting Mikrotik menggunakan Winbox. Tambahkan settingan Firewall Nat agar interface lokal dapat berkomunikasi dengan internet. Adapun cara menambahkan Firewall Nat pada mikrotik sendiri adalah dengan klik menu IP lalu pilih Firewal. Selanjutnya pada menu Firewall, silahkan klik Tab Nat dan tambahkan Nat pada tab general lalu pilih opsi srcnat dan out interface pilih ether 5. Selanjutnya pada tab action, pilih masquerade dan klik Apply lalu OK.

Jika sudah sampai pada tahapan ini, artinya kamu sudah berhasil melakukan setting mikrotik dari awal hingga akhir menggunakan winbox. Selanjutnya jika ingin melakukan pengujian, maka kamu bisa melakukan ping dan tracertroute untuk memastikan settingan mikrotik memang berjalan dengan baik.

Demikian beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk setting Mikrotik dari awal. Ikuti semua tahapannya dengan seksama untuk meminimalisir kesalahan. Selamat mencoba !

Baca Juga :

***