Cara Setting Metamask Untuk Binance Smart Chain

Epic99.com – Cara setting MetaMask untuk Binance Smart Chain. MetaMask merupakan salah satu dompet kripto yang terbilang sangat populer. Kamu bisa menggunakan dompet kripto yang satu ini menggunakan PC melalui penggunaan browser extensions. Selain itu kamau juga bisa menggunakannya melalui smartphone hanya dengan mendownload aplikasi nya di Google PlayStore.

Umumnya MetaMask menggunakan jaringan Ethereum untuk setiap transaksi. Namun kamu tetap bisa menambahkan jaringan blockchain lainnya karena biaya gas Ethereum terbilang banyak dalam setiap transaksinya.

metamask ke binance smart chain

Jika kamu ingin menghubungkan MetaMask dengan jaringan Binance Smart Chain, berikut ini tutorial lengkapnya untuk bisa kamu praktekkan.

Cara Menambahkan Jaringan Binance Smart Chain ke MetaMask

Jika kamu ingin menggunakan MetaMask . Pastikan kamu juga menginstall extension dari MetaMask pada browser yang kamu gunakan. Atau jika kamu menggunakan smartphone, maka kamu bisa mendownload aplikasi MetaMask terlebih dahulu.

Download aplikasi MetaMask

Berikut langkah – langkah setting MetaMask untuk Binance Smart Chain :

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan login terlebih dahulu ke dompet MetaMask menggunakan id dan password yang sudah kamu setting sebelumnya.
  • Kemudian klik ikon lingkaran yang ada di pojok kanan atas.
  • Selanjutnya pilih Pengaturan
  • Jika sudah masuk pengaturan, carilah menu jaringan dan pilih tombol Tambah jaringan.
  • Pada kolom yang tersedia, kamu bisa mengisi data mainnet dan juga testnet sebagai berikut :
Cara Menambahkan Jaringan Binance Smart Chain ke MetaMask

Mainnet

Nama Jaringan (Network Name): Smart Chain
URL RPC Baru (New RPC URL): https://bsc-dataseed.binance.org/
ID Rantai (ChainID): 56
Simbol Mata Uang (Symbol): BNB
URL Block Explorer (Block Explorer URL): https://bscscan.com

Testnet

Nama Jaringan (Network Name): Smart Chain -Testnet
URL RPC Baru (New RPC URL): https://data-seed-prebsc-1-s1.binance.org:8545/
ID Rantai (ChainID): 97
Simbol Mata Uang (Symbol): BNB
URL Block Explorer (Block Explorer URL): https://testnet.bscscan.com

  • Setelah kamu mengisi data tersebut, nantinya akan data tersebut akan tersimpan secara otomatis dan MetaMask akan di hubungkan ke dalam jaringan Binance Smart Chain sehingga kamu bisa melihat alamat serta saldo BNB yang kamu miliki.
Baca Juga:  Panduan Instalasi Xposed Framework di Android Semua Type

Cara membuat transaksi Binance Smart Chain menggunakan Testnet

Anggaplah saat ini kita menggunakan Testnet, nantinya saat kamu sudah berhasil mensetting MetaMask dan menghubungkan dengan Binance Smart Chain. Kamu tidak perlu terkecoh dengan logo Ethereum yang ada.

binance smart chain faucet

Selanjutnya kamu bisa mulai menggunakan dana dengan aplikasi ini. Cara yang harus di lakukan juga sangatlah mudah. Kamu bisa mulai dengan masuk ke Account lalu kemudian salinlah alamat ke papan klip. Selanjutnya kamu bisa masuk ke Binance Smart Chain Faucet dan tempelkan alamat yang sudah di salin sebelumnya pada kolom yanag telah di sediakan.

Jika kamu ingin menggunakan aplikasi yang mendukung token BEP-20, maka nantinya kamu membutuhkan Peggy coin yang di patok. Sehingga token tersebut akan di buat di Binance Smart Chain yang di patok ke koin yang lain seperti BTC dan USDT.

Selanjutnya Kamu bisa klik Give me BNB dan pilih jumlah yang ingin kamu terima, tunggulah beberapa saat hingga dana akan terlihat di wallet testnet.


Kesimpulan

MetaMask memang di desain untuk bisa mengakses dunia Ethereum yang lebih luas. Namun siapa sangka kamu juga bisa melakukan konfigurasi untuk Binance Smart Chain. Dengan begitu kamu bisa memanfaatkan MetaMask dalam berinteraksi dengan aplikasi yang terdesentralisasi.

Itulah cara melakukan transaksi menggunakan jaringan testnet pada Binance Smart Chain di aplikasi dompet MetaMask. Semoga Berhasil.***