Epic99.com – Belajar PHP dasar. Menjadi seorang web developer bukanlah pekerjaan yang mudah. Kamu di haruskan untuk memiliki skill khusus seperti salah satunya adalah menguasai bahasa pemrograman. Sekilas menjadi seorang web developer adalah pekerjaan yang rumit, namun jika kamu bisa menguasai dengan baik, tentu semuaya akan berjalan dengan maksimal. Oleh karena itu penting untuk kamu bisa mempelajari bahasa pemrograman secara lebih spesifik.

Ada banyak sekali bahasa pemrograman yang bisa kamu pelajari dan kuasai untuk bisa mengembangkan web. Salah satunya adalah PHP di mana kamu akan bisa membuat halaman web lebih dinamis.

Jika kamu masih terbilang pemula, pada artikel kali ini akan di berikan beberapa penjelasan mengenai apa itu PHP dan mempelajarinya secara dasar. Karena kemudahan penerapannya, mungkin kamu hanya akan membutuhkan waktu 10 menit untuk memahami logika PHP ini. Berikut ulasannya !


Apa itu PHP ?

Merupakan singkatan dari Hypertext Preprocessor. PHP hadir pertama kali pada tahun 1994 di mana awalnya berada pada server dan menyatu dengn HTML. Hanya saja, fungsi PHP sendiri terbilang lebih spesifik yakni memungkinkan kamu untuk membuat website yang dinamis.

belajar php dasar

Selain itu bahasa pemrograman yang satu ini selalu di lakukan update hingga hadir dalam versi yang berbeda-beda. Bahkan PHP juga memberikan dukungan terhadap beragam framework mulai dari Codeigniter, Laravel, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jika ingin bisa lebih mudah menguasai PHP, pastikan kamu juga sudah mengerti HTML. Hal ini di karenakan biasanya PHP akan di sisipkan di coding HTML.


Fakta mengenai PHP

Bahasa pemrograman PHP secara umum selalu berjalan beriringan dengan HTML. Hal ini juga termasuk saat pengguna mengakses sebuah website maka server akan memproses perintah PHP dan mengirimkannya dalam bentuk HTML. Oleh karena itu kamu tentu akan melihat tampilan website yang dinamis.

Baca Juga:  Cara Cepat Membuat Github Pages untuk Pemula, Hanya 5 Menit !

Ada beberapa fakta mengenai bahasa pemrograman PHP yang wajib kamu ketahui sebelum mempelajari lebih dalam mengenai bahasa pemrograman yang satu ini. Berikut beberapa di antaranya :

  • PHP memungkinkan kamu untuk membuat aplikasi berbasis web dalam bentuk apapun.
  • Bahasa pemrograman yang satu ini bisa di gunakan sebagai modul pada web server Apache dan binary yang berjalan pada CGI.
  • Memiliki beberapa kemampuan yakni melakukan pengiriman HTTP Header, mengakses Cookied, mengatur Authentication, dan bahkan melakukan redirect user.

Menjalankan PHP menggunakan XAMPP

Apakah sebelumnya kamu pernah mendengar istilah XAMPP? Di mana XAMPP sendiri terdiri dari beberapa cross platform mulai dari Apache, MySQL, dan juga MariaDB untuk menjalankan databasenya.

belajar php dasar

Sehingga dengan adanya XAMPP kamu sudah tidak perlu membeli hosting terlebih dahulu saat ingin melakukan pengetesan. Kamu bisa mendownload XAMPP dengan mudah dan gratis langsung pada situs resminya atau melalui link di bawah ini.

Download XAMPP


Tipe data PHP dan cara penulisannya

Secara umum dan dasar, ada beberapa tipe data dalam bahasa pemrograman PHP. Berikut beberapa uraiannya yang sering di gunakan untuk di pelajari :

belajar php dasar
  • Integer, berupa angka bilangan bulat dan bisa bernilai positif maupun negatif.
  • Float, memiliki nimai desimal di akhir angka dan memungkinkan penggunaan angka dengan simbol titik (.)
  • String, merupakan tipe data yang berisi teks maupun karakter.

Jika sudah mengetahui apa saja tipe data PHP secara lengkap, selanjutnya penting untuk kamu mengetahui aturan penulisan pada pemrograman PHP. File PHP harus di akhiri dengan ekstensi .php. Selain itu kamu juga bisa menggunakan Open Tag.


Operator dan struktur PHP

Dalam bahasa pemrograman PHP, operator merupakan simbol yang biasanya di gunakan untuk memanipulasi data. Beberapa operator PHP yang sering di gunakan adalah :

  • Aritmatika, Increment, Decrement, String, Logika, Ternary, Perbandingan, Bitwise.
Baca Juga:  Kumpulan Perintah Dasar dalam Docker beserta Fungsinya

Berbeda dengan operator PHP, struktur PHP snediri merupakan variabel yang tidak di definisikan. Selain itu ada tipe data yang terbilang primitif dan biasa di gunakan oleh web developer yakni :

  • Boolean, Integer, Float, String, Array, Object, NULL, Resource.

Kemudian juga ada konstanta yang merupakan variabel konstan sehingga nilainya akan bersifat tetap. Selain itu masih ada beberapa struktur PHP lainnya yang secara umum digunakan untuk fitur website itu sendiri.


Itulah penjelasan mengenai belajar PHP dasar untuk pemula. Sebagai bahasa pemrograman, PHP merupakan salah satu yang paling mudah untuk dikuasai.

Baca Juga :

***