Mengenal Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi yang Populer

Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi – Bahasa pemrograman adalah komponen penting dari pengembangan perangkat lunak di era modern. Ada banyak sekali tingkatan bahasa pemrograman yang tersedia, mulai dari bahasa pemrograman tingkat rendah hingga bahasa pemrograman tingkat tinggi. Baca artikel berikut ini secara lengkap untuk mengetahui lebih jauh tentang level-level bahasa pemrograman ini!

Pengertian Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman di gunakan untuk menghasilkan atau mengkompilasi kode yang dapat di tafsirkan oleh komputer sebagai instruksi yang dapat di eksekusi. Hal ini setara dengan menciptakan bahasa pemrograman dalam bentuk yang dapat di pahami oleh komputer.

Fungsi Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman memiliki berbagai tujuan, tetapi salah satunya adalah pengaruhnya terhadap cara manusia dan komputer berinteraksi. Anda pasti sudah familiar dengan fungsi-fungsi bahasa pemrograman berikut ini!

1. Memperlancar Komunikasi Pengguna dan Komputer

Bahasa pemrograman memfasilitasi dan meningkatkan komunikasi komputer. Hal ini bertujuan agar komputer dapat menjalankan perintah yang di tulis pengguna dalam bahasa yang dapat di pahami orang.

2. Menghasilkan aplikasi yang rumit

Bahasa pemrograman memungkinkan kita membuat kode yang lebih canggih dan rumit, seperti aplikasi berbasis desktop, seluler, atau web. Bahasa pemrograman yang di gunakan untuk membuat aplikasi yang canggih biasanya mempunyai kemampuan yang lebih komprehensif dan mendalam di bandingkan dengan bahasa pemrograman yang di gunakan untuk membuat aplikasi dasar.

3. Tulis Kode yang Dapat Digunakan Kembali

Karena bahasa pemrograman memungkinkan pembuatan kode yang dapat di gunakan kembali, proses pengembangan perangkat lunak menjadi lebih efektif dan memakan waktu dan uang lebih sedikit. Di mungkinkan untuk menulis kode yang dapat di gunakan kembali menggunakan bahasa pemrograman yang mendukung pemrograman berorientasi objek (OOP). OOP adalah pendekatan pemrograman yang menawarkan atribut seperti pewarisan, polimorfisme, dan enkapsulasi yang membuat kode lebih mudah di gunakan kembali dan di pelihara.

4. Mempercepat Pengembangan Perangkat Lunak

Pengembangan perangkat lunak adalah tujuan bahasa pemrograman berikutnya. Bahasa pemrograman dapat mempercepat penulisan dan pengujian kode oleh pengembang, sehingga meningkatkan efektivitas proses pengembangan perangkat lunak.

5. Minta komputer melakukan berbagai tugas

Dengan memberikan instruksi yang dapat di pahami komputer, bahasa pemrograman memungkinkan komputer melakukan berbagai tugas. Anda dapat melakukan sejumlah tindakan menggunakan petunjuk ini. Contohnya termasuk pengambilan dan penyimpanan data, operasi logika dan komputasi, interaksi pengguna, komunikasi perangkat, dan banyak lagi. Oleh karena itu, bahasa pemrograman memungkinkan pemanfaatan komputer tanpa batas.

Tingkatan Bahasa Pemrograman

1. Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah

Programing language tingkat rendah adalah bahasa yang sangat mirip dengan bahasa mesin (kode mesin) atau bahasa assembly. Bahasa tingkat rendah meliputi bahasa assembly, C, dan C++. Bahasa ini lebih sering di gunakan untuk aplikasi sistem atau aplikasi yang menuntut performa tinggi dan cenderung menantang untuk dipahami manusia.

2. Pemrograman Tingkat Menengah

Pemrograman tingkat menengah menggabungkan ide-ide bahasa tingkat rendah dan tingkat tinggi. Bahasa tingkat menengah termasuk C#, Pascal, dan Java, sebagai contoh. Bahasa ini, yang lebih sering di gunakan untuk aplikasi komersial atau pengembangan perangkat lunak, lebih mudah di pahami orang.

3. Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi

Pemrograman tingkat tinggi adalah bahasa yang secara substansial berbeda dari bahasa mesin atau bahasa rakitan. Bahasa tingkat tinggi termasuk Python, Ruby, dan JavaScript, misalnya. Sebagian besar aplikasi online, aplikasi ponsel pintar, atau aplikasi ilmu data menggunakan bahasa ini karena sangat mudah di pahami manusia.

Baca Juga :

***