Penyebab dan Cara Mengatasi Hardisk yang Tidak Terbaca PC

Hardisk tidak terbaca di PC – Apakah Anda pernah menghadapi masalah dengan hardisk eksternal yang tidak dapat di baca? Banyak orang mengalami masalah ini. Hardisk eksternal bukan perangkat bawaan laptop atau komputer, tetapi merupakan media penyimpanan untuk file dan data. Komputer, laptop, dan ponsel pintar biasanya memiliki media penyimpanan internal, tetapi kadang-kadang kapasitasnya tidak mencukupi untuk menampung semua data yang meningkat setiap hari. Karena itu, sekarang ada hardisk eksternal.

Ada sejumlah besar hardisk eksternal yang tidak dapat di baca karena berbagai masalah. Beberapa masalah dapat terjadi pada hardisk eksternal, seperti masalah fisik atau program. Berikut adalah beberapa alasan mengapa hardisk eksternal tidak dapat di baca: kesalahan sistem file, driver yang kedaluwarsa dan perlu di update, partisi yang hilang, atau port USB yang rusak. Cara mengatasi masalah ini akan di bahas di bawah ini.

Baca Juga : Cara Mudah Reset Mikrotik RouterBoard untuk Pemula

Cara mengatasi Hardisk tidak terbaca di PC

1. Ganti Kabel USB

Ketika hardisk tidak dapat di baca, banyak orang mungkin panik. Padahal itu mungkin hanya kabel USB yang rusak. Coba ganti kabel USB sebelumnya. Kabel USB yang rusak dapat mengganggu transfer data, fungsi, dan daya listrik hardisk, menyebabkan hardisk tidak dapat di baca. Pastikan untuk memeriksa hal-hal kecil ini terlebih dahulu.

2. Instal ulang Driver

Melakukan reinstalling Driver adalah metode kedua yang dapat di gunakan untuk mengatasi hardisk eksternal yang tidak dapat di baca. Prosedur ini cukup sederhana:

  • Di desktop, tekan tombol Windows dan cari pengendali perangkat.
  • Lihat tanda seru kuning yang mengatakan “USB Attached SCSI UAS Mass storage device.” Kemudian klik Update Driver Software dan cari “My Computer For Driver Software” dan izinkan saya memilih dari daftar driver perangkat lunak yang ada di komputer saya.
  • Saat hardware Shaw yang sesuai sudah tercentang, tekan tombol berikutnya untuk mengikuti instruksi.
  • Setelah proses instalasi selesai, reboot komputer atau lapotop. Hardisk telah dibaca ketika dihidupkan kembali.

3. Management Ulang

Jika hardisk eksternal tidak dapat dibaca, Anda dapat melakukan manajemen ulang. Menekan tombol Windows dan R untuk membuka jendela Rum. Cari “diskmgmt.msc” di jendela Computer Management. Selanjutnya, format ulang Drive. Ini biasanya akan membuat hardisk yang tidak terdeteksi muncul kembali dan dapat digunakan seperti biasa.

4. Gunakan Write Zero

Salah satu metode yang paling ekstrim untuk melakukannya akhirnya menjadi metode ini. Seperti namanya, Write zero akan menghapus atau memformat file sampai kosong. Jika Anda memiliki lebih banyak data yang disimpan, proses write Zero mungkin lebih lama.

5. Pergantian Letter Hardisk

Cara lainnya adalah melakukan pergantian letter hardisk. Ini biasanya di gunakan jika hardisk eksternal sudah terhubung tetapi tidak muncul di tampilan komputer. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Untuk membuka Manajemen Disk, caranya sama dengan yang pertama.
  • Setelah itu, klik kanan pada disk yang ingin di ubah menjadi huruf.
  • Kemudian, pada jendela tersebut, pilih menu perubahan huruf drive dan plath.
  • Klik Tambahkan atau perubahan untuk mengubah Drive menjadi huruf.
  • Ikuti instruksi yang tersedia.
  • Setelah itu, hardisk akan di baca kembali dan muncul.