black dessert mobile

Black Desert Mobile (BDM) mendapat banyak tanggapan yang beragam dari para penikmat game MMORPG. Banyak yang membahas mengenai kelebihan dan kekurangan game ini dari berbagai aspek. Mulai dari gameplay, grafik, hingga fiturnya pun menjadi hal yang paling banyak menjadi incaran pemain BDM.

Selain itu, game ini juga tidak bisa lepas dari bayang-bayang versi game originalnya, Black Desert Online. Tersedia di dua platform berbeda yakni PC dan Android, membuat keduanya selalu menjadi perbandingan. Untuk BDM memang masih belum sesempurna versi originalnya.

Namun meski begitu, game RPG ini tetap memiliki penggemar dan terunduh hingga 1 juta kali. Lalu faktor apa saja yang membuat game Black Desert Mobile langsung booming dan memuncaki game gratis populer di Play Store? Berikut ini adalah review seputar kelebihan dan kekurangan game Black Desert Mobile (BDM).

Kelebihan Black Dessert Mobile

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa game ini banyak mendulang penggemar dan memiliki sederet kelebihan. Adapun beberapa kelebihannya adalah:

Grafis Yang Memukau

Untuk sekelas game mobile, grafis BDM ini terbilang cukup cemerlang dan memanjakan mata. Pergerakan karakter animasinya pun terasa sangat halus. Meski begitu, Black Desert Mobile (BDM) bukanlah satu-satunya game MMORPG yang memiliki grafis bagus. Bahkan beberapa game seperti Lineage 2 Revolution dan Talion memiliki grafis sedikit di atas BDM. Tentunya bukan tidak mungkin dengan sistem update ke depannya, kualitas grafis BDM akan lebih meningkat.

Fitur Yang Beragam

gameplay

Fitur yang dimiliki oleh Black Desert Mobile ini cukup beragam. Kamu bisa grinding untuk meningkatkan level dan mendapatkan uang, jika kamu bosan dengan grinding, kamu bisa PVP dengan pemain lainnya di Arena. Jika kamu sedang bosan dalam melakukan keduanya, kamu juga bisa melakukan life skill seperti menebang pohon, menambang batu, mencari dedaunan, dan memancing. Yang membuat Black Desert Mobile semakin asyik adalah kamu bisa menunggangi kuda, dan menjinakkan kuda liar untuk kamu miliki.

Baca Juga:  6 Rekomendasi Game Escape Room Terbaik Android

Gameplay yang Seru

Gameplay BDM tidak begitu jauh dengan versi aslinya di PC. Jadi mungkin buat kamu yang sudah terbiasa bermain Black Desert Online, tidak akan beradaptasi terlalu lama saat memainkan yang versi mobilenya. Namun, buat kamu yang belum pernah main game MMORPG, game ini juga menyediakan tutorial yang bisa memudahkan para pemain baru. Selain itu, kamu juga bisa mengatur beragam kombinasi skill yang bisa dipilih sesuka hati.

Kekurangan Black Dessert Mobile

Beberapa kekurangan ada di game ini adalah:

Tidak Cocok Untuk Memori HP Yang Kecil

Jangan mendownload game ini, jika smartphone yang kamu gunakan memiliki spesifikasi yang pas-pasan. Pasalnya, game BDM akan memakan ruang penyimpanan yang cukup besar. Size aplikasinya memang tidaklah besar, yakni tidak lebih dari 100MB.

Namun setelah masuk, kamu harus mendownload patch tambahan sebesar 3 GB. Artinya, kamu harus mengosongkan memori HP kurang lebih sebanyak 4 GB agar proses download dan instal bisa berjalan lancar. Animasi serta grafiknya baru akan terasa maksimal jika kamu menggunakan smartphone dengan spesifikasi mumpuni.

Kurangnya Skill Kombo

kombo black dessert mobile

Di versi aslinya, pemain bisa menggunakan skill combo unik dengan sekali serangan, sayangnya kelebihan ini tidak diterapkan pada versi Black Desert Mobile. Sehingga BDM terasa seperti game MOBA pada umumnya yang hanya menggunakan tombol tertentu. Andai saja skill combo yang ada di PC diterapkan ke dalam versi mobile, maka teknik serangan pun akan terasa jauh lebih enak.

Kualitas Cut-Scene Yang Kurang Baik

Black Desert Mobile memasukkan beberapa potongan cuplikan cerita yang mengadopsi dari versi PC. Sayangnya, kualitas cut-scene versi mobile justru terlihat kurang bagus dan terkesan memaksa, yang pada akhirnya menjadi hal yang tidak terlalu menonjol.

By Mita