Advertisements
kartu pokemon

Pokemon merupakan game yang rilis di Jepang sekitar tahun 1990-an dan menuai kesuksesan yang sangat tinggi. Permainan kartu pokemon telah berubah menjadi salah satu game kartu paling populer sepanjang masa. Karena popularitas game pokemon yang melejit, beberapa kartu Pokemon paling mahal dapat terjual ke kisaran enam digit di pasaran.

Mungkin fenomena ini cukup mengejutkan pada awalnya. Akan tetapi pokemon merupakan suatu gebrakan dan fenomena unik di dalam dunia permainan. Game ini memiliki basis penggemar dan ada basis kolektor yang fanatik di seluruh dunia yang hanya menunggu untuk mendapatkan kartu berharga ini.

Ada beberapa kartu yang menarik dari kartu trofi, hingga kartu Pokemon Edisi Pertama, hingga kartu langka yang kurang terkenal juga menjadi incaran para kolektor. maka dari itu ayo kita simak kartu pokemon termahal yang pernah ada sepanjang sejarah.

1. Pokemon Illustrator Card

kartu pokemon ilustrator

Kartu ini terjual pada bulan Oktober 2019 dengan harga $224,250 atau sekitar Rp. 3,2 Milliar. Selama akhir tahun 1990-an, CoroCoro Comic, sebuah majalah manga Jepang mengadakan serangkaian kontes ilustrasi. Di mana peserta mengirimkan desain dan serangan Pokemon unik mereka sendiri. Kontes ini akan memunculkan kartu Pokemon yang paling langka dan paling berharga di dunia yaitu Pikachu Illustrator.

Hanya ada 39 kartu lembar yang terbagi kepada para pemenang kontes, meskipun saat ini mungkin kartu ini telah berpindah tangan, hilang atau rusak. Kartu ini hampir setara dan sama berharganya dengan T206 Honus Wagner bagi kartu bisbol. Pada bulan Oktober 2019 Weiss Auctions menjual salinan persis kartu ini, bertingkat PSA 9 Mint dengan harga Rp. 3,2 juta-an termasuk premi.

2. 1997 Trophy Pikachu Trainer Card

kartu pokemon trainer

Kartu ini memiliki harga $75,000 – $100,000 atau sekitar Rp. 1 Milliar-Rp. 1,4 Milliar per lembarnya. Kartu pelatih ini di berikan kepada juara pertama, kedua, dan ketiga di divisi masing-masing pada turnamen resmi Pokemon pertama di Jepang pada tahun 1997. Maka dari itu kartu pelatih ini sangatlah langka.

Dokumentasi dari turnamen pertama menyatakan bahwa hanya empat salinan dari masing-masing yang di berikan kepada kontestan teratas. Meskipun ada banyak kartu trofi dengan desain dan prestise berbeda selama bertahun-tahun, kartu trofiPikachu asli ini adalah yang paling menjadi incaran.

Bagian depan kartu menampilkan Pikachu yang menggemaskan yang mengangkat piala emas, perak, atau perunggu. Maka dari itulah harga kartu ini di banderol sangat mahal.

3. 1999 Edisi Pertama Holographic Charizard Card BGS 10

charizard

Contoh Asli BGS 10 terjual pada bulan Agustus 2017 seharga $55,650 atau Rp. 800 juta-an. Muncul di sampul video game Pokemon Red yang rilis untuk Nintendo Game Boy dan Game Boy Color selama pertengahan 90-an, Charizard telah lama menjadi yang kartu incaran dari semua kartu Pokemon edisi pertama.

Yang membuat contoh khusus ini sangat berharga adalah kelangkaannya di kelas BGS 10 “Pristine”. Sampai tulisan ini di buat, hanya ada dua spesimen kartu ini yang telah mendapatkan label BGS 10 dari 305 dan telah di serahkan kepada Beckett. Sebagai perbandingan, dari 2.434 kereta edisi pertama yang dikirimkan ke PSA, 120 telah mencapai kelas PSA 10, atau sekitar 5%nya. Kartu edisi pertama mudah di bedakan dengan cap edisi pertama di kiri bawah Charizard.

4. 2010 Japan World Championship Master Key Trophy Card

PSA master key

Kartu ini terjual di bulan November 2019 dengan harga sekitar $21,201 Rp. 300 juta-an. Kejuaraan dunia Pokemon adalah tempat pertemuan terbaik dari yang terbaik setiap tahun untuk memperebutkan uang, hadiah, dan gelar juara dunia Pokemon.

Pemain yang mendapatkan poin yang cukup di babak kualifikasi dan turnamen yang lebih kecil akan menerima undangan khusus untuk berkompetisi dalam acara tiga hari di lokasi bergilir. Turnamen pertama pada tahun 2004 di Orlando, Florida, tetapi pada tahun 2010 kompetisi tersebut berlanjut ke Hilton di Waikoloa Village, Hawaii.

Hanya tiga puluh enam kontestan yang berpartisipasi dalam acara 2010 dan masing-masing menerima salinan kartu foil cantik ini dalam wadah khusus. Dengan begitu produksi kartu ini sangat sedikit dan merupakan salah satu kartu Pokemon paling langka. Dan kartu ini mendapat harga tinggi jika dan ketika mereka muncul untuk dijual atau dilelang.

By Mita