Cara Mudah Berbelanja Di Alibaba Menggunakan Rupiah

Epic99.com – Cara berbelanja di Alibaba. Kecanggihan teknologi memberikan kemudahan bagi siapapun penggunanya. Bahkan hampir semua sektor saat ini sudah berjalan menggunakan teknologi. Salah satunya adalah platform belanja online yang memudahkan kamu dalam memenuhi kebutuhan sehari – hari tanpa harus repot keluar rumah.

Terutama di Indonesia sudah banyak marketplace ternama yang menyediakan semua hal yang kamu butuhkan mulai dari hal penting hingga hal yang tidak penting.

Berbicara mengenai marketplace, mungkin kamu tidak pernah mengalami masalah saat berbelanja di marketplace Indonesia. Lalu bagaimana jika kamu ingin berbelanja di marketplace ternama dunia seperti Alibaba?


Berikut ini beberapa penjelasan mengenai cara berbelanja di Alibaba untuk kammu ketahui.

Apa itu Alibaba ?

Untuk kamu yang belum tahu, Alibaba merupakan sebuah perusahaan e-commerce yang di dirikan pertama kali oleh Jack Ma bersama teman – temannya pada tahun 1999.

Sama seperti marketplace ternama di Indonesia, Alibaba melibatkan penggunanya dari berbagai kalangan mulai dari individu, pengecer, produsen, pedagang besar, usaha kecil menengah yang bergerak pada bisnis ekspor impor dan juga agen perdagangan.

cara berbelanja di alibaba

Hal itulah yang membuat Alibaba saat ini menjadi salah satu perusahaan e-commerce ternama di dunia. Bahkan jumlah pembeli di Alibaba hingga kini sudah menjangkau lebih dari 190 negar di dunia.

Oleh karenanya, di sana kamu tidak hanya bisa membeli barang untuk pemakaian pribadi melainkan juga untuk di jual kembali di Indonesia. Terlebih harga barang yang di jual di Alibaba jauh lebih murah di bandingkan dengan merketplace lokal.


Cara berbelanja di Alibaba

Jika kamu ingin berbelanja di Alibaba, tentunya ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Hal ini di karenakan pedagang di Alibaba biasanya berasal dari luar negeri sehingga mengharuskan kamu untuk mematuhi aturan bea cukai yang ditetapkan.

Baca Juga:  Tips Menonton Netflix Dan Disney+ HD Untuk DRM L3

Langkah – langkah berbelanja di Alibaba :

1. Buat akun

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum akhirnya berbelanja di Alibaba adalah dengan membuat akun terlebih dahulu. Cara membuat akun Alibaba juga sangat mudah seperti di bawah ini.

cara berbelanja di alibaba. Buat akun
  • Buka situs Alibaba.com
  • Kemudian klik pada menu Join Free yang ada di bagian atas pada halaman utama
  • Isilah data diri yang di perlukan dengan benar dan selengkap – lengkapnya.
  • Jika di rasa semua data telah terisi seluruhnya, kamu bisa klik tombol Agree & Register.
  • Selanjutnya masukkan kode verifikasi yang di minta dan klik Submit.
  • Akun Alibaba sudah siap untuk digunakan.

2. Pilih barang yang diinginkan

Selanjutnya sama seperti saat berbelanja online di marketplace lokal. Kamu bisa mencari barang yang di inginkan dengan mudah berdasarkan kategori ataupun melalui My Markets dan Search Box.

2. Pilih barang yang diinginkan

Kamu hanya perlu mengetikkan nama barang yang ingin di beli maka nantinya semua barang akan muncul pada halaman pencarian Alibaba.

Nantinya pada bagian produk akan berisi berbagai macam informasi produk dan juga seller. Oleh karenanya, pastikan kamu memilih seller yang memiliki status Trade Assurance maupun Verified Supplier.

3. Melakukan negosiasi dengan seller

Saat kamu sudah menentukan barang yang ingin kamu beli, langkah selanjutnya adalah dengan menghubungi supplier terlebih dahulu melalui fitur pesan yang tersedia pada kolom yang berada di bagian bawah produk.

3. Melakukan negosiasi dengan seller

Nantinya kamu bisa menanyakan apapun yang berhubungan dengan transaksi mulai dari harga bahkan hingga jasa pengiriman yang di gunakan.

Selain itu kamu juga akan bisa melakukan negosiasi perihal apapun yang di rasa tidak sesuai.

4. Tentukan jasa pengiriman barang

Selanjutnya apabila kamu sudah selesai melakukan negosiasi, langkah selanjutnya adalah dengan memilih pengiriman yang akan di gunakan. Biasanya Alibaba menggunakan jasa pengiriman Exspress Mail Service (EMS), DHL dan juga Fedex.

4. Tentukan jasa pengiriman barang

Di sarankan untuk kamu memilih jasa pengiriman DHL dan juga EMS. Hal ini di karenakan ekspedisi tersebut sudah masuk dan cukup populer di Indonesia.

Baca Juga:  Cara Mudah Setting Robots txt pada WordPress

5. Melakukan pembayaran

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah dengan melakukan pembayaran. Di Alibaba sendiri banyak metode pembayaran yang di sediakan. Kamu bisa menggunakan sesuai dengan keinginan.

cara berbelanja di alibaba Melakukan pembayaran

Namun jika kamu ingin membayarnya dengan mata uang rupiah, kamu bisa menggunakan Western Union yang bisa di lakukan dengan mudah menggunakan Indomaret, Alfarmart, Pos Indonesia, ataupun Pegadaian.


Hal yang harus diperhatikan sebelum berbelanja

Sebelum akhirnya kamu memutuskan untuk berbelanja menggunakan Alibaba, ada beberapa hal yang harus dipahami terlebih dahulu seperti dibawah ini :

  • Kamu bisa menggunakan beragam metode pembayaran yang tersedia mulai dari kartu kredit, transfer bank internasional, PayPal, bahkan hingga Western Union.
  • Kebanyakan penjual di Alibaba merupakan penjual besar yang berasal dari China. Oleh sebab itu biasanya mereka menjual barang dalam jumlah yang besar dan sangat jarang melayani pembeli satuan. Namun jika kamu ingin membeli barang dalam jumlah satuan, kamu bisa beralih ke anak perusahaan Alibaba yakni Aliexpress.
  • Alibaba tidak menyediakan order melalui website secara langsug. Oleh karenanya kamu harus menghubungi seller terlebih dahulu melalui fitur pesan yang di sediakan.

Itulah beberapa cara berbelanja barang di Alibaba menggunakan rupiah. Kamu bisa membeli barang dengan kuantitas yang besar untuk akhirnya dijual kembali di Indonesia.***