Cara Menghapus Penilaian Buruk di Shopee

Cara menghapus penilaian Shopee – Sebagai seorang penjual Shopee, Anda pasti ingin tahu apakah ada cara untuk menghapus penilaian di Shopee karena terkadang ada pembeli yang memberikan rating yang sangat rendah. Namun, rating pembeli adalah syarat untuk menjadi star seller. Jika ada banyak ulasan buruk, toko akan sulit berkembang.

Apakah mungkin untuk menghapus ulasan buruk dan komentar pembeli? Untuk mengetahui lebih lanjut, lihat penjelasan lengkap berikut.

Bisakah menghapus penilaian di Shopee?

Jawabannya adalah tidak, Shopee secara resmi tidak memberikan fitur penghapusan penilaian kepada penggunanya. Shopee menyarankan untuk menghubungi pusat penjual. Mungkin untuk menghapus penilaian buruk jika memang tidak benar. Namun, untuk melakukannya, pembeli hanya dapat menghapus dan memperbaiki penilaian. Selain itu, perubahan tersebut hanya dapat di lakukan sekali dalam 30 hari setelah pesanan sampai.

Bagaimana jika seseorang secara sengaja memberikan penilaian yang buruk? Bagaimana jika pendapat pembeli berbeda dengan kenyataan di lapangan? Sebenarnya, baik pembeli maupun customer service masih dapat mempertimbangkan masalah seperti itu. Pada akhirnya, jika penilaian tersebut tidak adil, customer service dapat menghapusnya.

Alasan utama Shopee untuk tidak memberikan fitur hapus penilaian pembeli adalah agar rating yang di berikan menjadi lebih adil dan dapat di gunakan sebagai pertimbangan calon pembeli di toko.

Selain itu, ada kemungkinan bahwa penjual palsu akan menggunakan fitur hapus nilai untuk mengabaikan kualitas produk, membuat pembeli tidak mengetahui transaksi pembelian sebelumnya.

Cara menghapus penilaian Shopee

Seperti yang di sebutkan sebelumnya, Shopee tidak menyediakan fitur tambahan untuk menghapus rating. Namun, sebagai penjual, Anda masih dapat mencoba menghapus rating dengan menggunakan metode berikut:

1. Melalui Pembeli

Cara pertama untuk menghapus penilaian buruk dari toko Anda adalah dengan meminta bantuan pembeli. Ini adalah satu-satunya cara yang paling efektif untuk menghapus penilaian di Shopee. Anda dapat mencoba untuk meyakinkan pembeli untuk mempertimbangkan kembali apa yang mereka katakan tentang toko Anda saat memberikan ulasan mereka.

Apabila Anda sudah mendapatkan informasi, Anda dapat mencoba menyelesaikan keluhan pembeli. Jika pembeli pada akhirnya setuju untuk mengubah nilai, penilaian sebelumnya dapat di ubah.

2. Melalui Customer Service

Anda dapat meminta CS untuk membantu jika Anda sudah meminta baik-baik kepada pembeli untuk menghapus rating tetapi mereka tidak mau. Ini dapat di gunakan jika komentar tersebut tidak sesuai dengan kenyataan. Untuk memulai pengajuan ke pihak CS, Anda harus menyediakan berbagai bukti. Pastikan bukti tersebut lengkap dan dapat menunjukkan bahwa pembeli adalah sumber kesalahan.

Anda dapat memasukkan screenshot dari pelanggan lain yang puas dengan barang yang mereka beli di toko sebagai bahan pertimbangan tambahan. Jika semua bukti sudah siap, Anda dapat menggunakan metode berikut untuk menghapus penilaian di Shopee.

  • Pertama, buka aplikasi Shopee dan pilih menu “Saya”.
  • Kemudian, scroll ke bawah dan pilih menu “Pusat Bantuan”.
  • Di menu bantuan, Anda dapat menghubungi CS dengan tiga cara: telepon, chat, dan email. Dalam hal ini, Anda hanya perlu memilih “Email” dan Shopee akan mengirimkan form komplain melalui email.
  • Selesaikan formulir ini dengan menyertakan berbagai bukti, serta lampiran penilaian pembeli yang ingin Anda hapus.
  • Jangan lupa untuk memberikan screenshot isi percakapan yang menunjukkan bahwa pembeli tidak mau mengganti rating yang telah di berikan.
  • Untuk mengetahui produk mana yang mendapat ulasan buruk dari pembeli, tambahkan nomor pesanan.
  • Jika semua di lampirkan, langsung kirim email tersebut.
  • Tunggu beberapa saat untuk balasan.

Jika permintaan Anda ternyata disetujui setelah proses verifikasi, Shopee akan mengirimkan email balas kepada Anda. Email ini akan menginformasikan bahwa penilaian yang Anda ajukan telah disetujui dan akan dihapus.

Baca Juga :

***