Cara Membatalkan Pesanan di TiktokShop yang Sudah Dibayar

Epic99.com – Membatalkan pesanan di TiktokShop. Siapa yang tidak mengenal Tiktok? Merupakan media sosial yang cukup populer dan memiliki cukup banyak pengguna. Menariknya lagi, Tiktok di lengkapi dengan fitur shop sehingga memungkinkan pengguna untuk membuka toko dan berbelanja di dalamnya.

Serupa dengan marketplace pada umumnnya, TiktokShop di lengkapi banyak kemudahan untuk kamu bisa berbelanja secara online. Bahkan kamu bisa menemukan barang apapun yang ingin di beli di sana.

membatalkan pesanan di tiktokshop

Lalu bagaimana jika ingin membatalkan pesanan? Terlebih jika pesanan tersebut sudah terlanjur di bayar. Nah agar uang yang sudah di bayarkan bisa kembali, simak beberapa tutorial di bawah ini untuk membatalkan pesanan di TiktokShop.

Cara membatalkan pesanan di TiktokShop

Sebenarnya mudah saja untuk kamu membatalkan pesanan di TiktokShop. Untuk penjelasan yang lebih lengkap, berikut adalah beberapa cara membatalkan pesanan di TiktokShop yang bisa kamu praktekkan !

1. Membatalkan pesanan yang belum dibayar

Jika pesanan yang ingin di batalkan belum terbayar, atau jika kamu menggunakan metode COD, berikut beberapa langkahnya yang bisa kamu lakukan :

membatalkan pesanan di tiktokshop
  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuka aplikasi Tiktok.
  • Selanjutnya masuk pada halaman Profil.
  • Klik ikon garis tiga yang ada di bagian kanan.
  • Kemudian klik Orders pada menu Settings and Privacy.
  • Selanjutnya pilih produk yang ingin dibatalkan.
  • Klik Cancel pada menu Awaiting Payment.
  • Jika sudah, maka kamu bisa memberikan alasan mengapa pesanan ingin dibatalkan.
  • Terakhir klik Submit dan tunggu beberapa saat.
  • Jika proses pembatalan disetujui, maka kamu akan mendapatkan notifikasi secara otomatis.

2. Membatalkan pesanan yang sudah dibayar

Permasalahannya akan berbeda jika kamu melakukan pembatalan produk yang sudah di bayar. Biasanya hal ini terjadi karena kesalahan pengguna dalam membaca deskripsi produk sehingga tidak sesuai dengan keinginan.

membatalkan pesanan di tiktokshop

Nah untuk membatalkannya, maka kamu bisa langsung menghubungi pihak penjual dan menyampaikan keinginanmu bahwa ingin membatalkan pesanan. Terlebih lagi Tiktok sendiri memang tidak menyediakan fitur yang memungkinkan penjual untuk melakukan konfirmasi atas pesanan customer yang di batalkan. Dengan begitu kamu harus melakukannya secara manual melalui fitur chat.

Baca Juga:  Cara Instalasi Nox Player di Windows

Nantinya jika pihak penjual sudah menyetujui pembatalan pesanan, selanjutnya kamu harus menghubungi pihak customer service. Di sana kamu bisa mengirimkan permintaan pembatalan sekaligus memberikan alasannya.

Tunggu beberapa saat hingga pihak TiktokShop melakukan proses dan menyetujui pembatalan yang kamu ajukan.


Tips agar tidak salah belanja

Setelah mengetahui bagaimana cara membatalkan pesanan di TiktokShop, selanjutnya kamu harus mengetahui tips apa saja yang harus di lakukan agar tidak terjadi kesalahan saat belanja secara online. Dengan memperhatikan tips ini, kamu tentu akan meminimalisir cancel belanjaan setelah melakukan pembayaran. Adapun beberapa tips yang harus di perhatikan yakni :

  • Bacalah deskripsi produk secara lebih detail untuk meminimalisir barang tidak sesuai dengan keinginan.
  • Kamu bisa melihat kualitas produk dari ulasan pelanggan yang sudah beli sebelumnya.
  • Setujui kebijakan pengiriman.
  • Tanyakan pada penjual jika mengalami rasa ragu.

Demikian beberapa langkah yang bisa kamu praktekkan untuk membatalkan pesanan di TiktokShop. Cara di atas cenderung mudah untuk di lakukan dan bisa di praktekkan oleh semua pengguna. Selamat Mencoba !

Baca Juga :

***