Macam-Macam Jaringan Komputer Beserta Fungsinya !

Macam-Macam Jaringan Komputer – Jaringan Komputer merupakan dua atau lebih perangkat komputer yang terhubung atau terhubung antara satu sama lain untuk menangani berbagai jenis data. Alamat kontrol akses media atau alamat IP adalah istilah yang di gunakan untuk menggambarkan setiap titik akhir jaringan. Perangkat keras (hardware) jaringan seperti server, komputer, telepon, dan lainnya dapat termasuk di titik akhir. Ada kemungkinan untuk menggabungkan teknologi kabel dan nirkabel untuk membuat jaringan komputer (jarkom).

Jaringan biasanya dapat bersifat publik maupun privat. Untuk jaringan private, biasanya memerlukan akses user untuk memasukkan kredensial berupa kata sandi yang di buat secara manual oleh administrator atau di peroleh langsung oleh pengguna. Namun, untuk jaringan publik seperti internet, akses tidak di batasi.

Macam-Macam Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer yang di hubungkan secara elektronik untuk berkomunikasi satu sama lain, bertukar data, dan berbagi sumber daya. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar setiap komputer dalam jaringan dapat meminta dan menyediakan layanan.

1. PAN (Personal Area Network)

Jenis jaringan ini mencakup area yang lebih kecil, seperti kantor dan rumah. Biasanya, mereka hanya menggunakan internet dan printer, dan jaringan PAN tidak membutuhkan banyak sumber daya.

2. LAN (Local Area Network)

Jaringan LAN menghubungkan perangkat jaringan dalam jangkauan yang relatif kecil. Salah satu jenis jaringan komputer yang umum adalah LAN. Contoh sistem jaringan LAN adalah sistem jaringan di sekolah, kantor, dan rumah. Banyak orang biasanya menggunakan konektivitas tertentu, terutama ethernet dan token ring. LAN juga menyediakan teknologi jaringan nirkabel, juga di kenal sebagai WLAN (Wireless Local Area Network).

3. MAN (Metropolitan Area Network)

Metropolitan Area Network (MAN) adalah jaringan komputer yang menggunakan teknologi yang lebih canggih daripada LAN dan dapat mencakup area hingga 10 hingga 50 km.

Biasanya, jaringan MAN di gunakan untuk menghubungkan beberapa lokasi seperti perkantoran, kampus, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan ini cocok untuk membangun jaringan antar perkantoran atau instansi di dalam satu kota.

Operator telekomunikasi, yang berfungsi sebagai penghubung antar jaringan komputer, di perlukan untuk MAN karena di nilai memiliki kecepatan transfer data yang tinggi dan proses instalasi yang mudah.

4. WAN (Wide Area Network)

Wide Area Network (WAN) adalah jaringan komputer yang terdiri dari gabungan LAN dan MAN yang wilayahnya terpisah secara geografis dan memiliki cakupan yang luas yang dapat mencakup satu negara bahkan benua.

Karena jangkauannya yang luas, jaringan WAN sangat mahal dan membutuhkan kabel serat optik (fiber optic), kabel telepon, atau satelit. Kecepatan transmisi WAN mencapai 2 Mbps, 34 Mbps, 45 Mbps, 155 Mbps, dan 625 Mbps.

5. Internet

Internet, jaringan komputer terbesar yang pernah di buat manusia, mencakup hampir seluruh dunia. Berbagai perangkat komputer, seperti PC, laptop, tablet, smartphone, dan TV, memungkinkan seseorang untuk mengakses berbagai jenis data.

Nah itulah beberapa ulasan seputar macam-macam Jaringan Komputer yang penting untuk diketahui. Semoga informasi ini bisa membantu kamu yang mungkin ingin mendapatkan informasi seputar internet.

Baca Juga :

***