Epic99.com – Cara membuat domain di Blockchain. Dalam pengembangan web, tentunya selalu ada sistem baru yang kemungkinan menjadi bagian integral dari internet. Oleh karenanya banyak proyek nama domain terdesentralisasi yang muncul. Bahkan saat ini pengguna sudah bisa membeli nama domain di blockchain.

unstoppable domains

Domain blockchain sendiri dapat terintegrasi DApps dari berbagai rantai dan bisa menjadi lebih aman. Hanya saja hingga kini domain tersebut masih belum bisa di akses oleh banyak browser serta masih dalam tahap pengembangan.

Jika kamu ingin membuat domain blockchain, berikut ini beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan.


Domain Blockchain

Untuk bisa membuat domain blockchain, kamu bisa menggunakan Unstoppable Domain. Di mana unstoppable domain sendiri merupakan website untuk membuat nama domain namun tidak hanya sebagai url website melainkan juga bisa di gunakan sebagai dompet pembayaran.

Sehingga dalam hal ini domain blockchain memungkinkan kamu untuk bisa menerima cryptocurrency.


Cara membuat domain blockchain

Cara yang harus di lakukan untuk membuat domain block chain sendiri terbilang sangat mudah. Berikut ini beberapa langkahnya :

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan masuk ke situs resmi unstoppable domain.
  • Di sana nantinya kamu bisa membuat akun baru atau langsung masuk menggunakan email untuk memudahkan pengelolaan.
login
  • Jika sudah berhasil login, selanjutnya kamu bisa pilih Domain > Domain Search. Dengan begitu kamu bisa melanjutkan dengan membuat nama domain yang kamu inginkan.
search domain
  • Pada kolom pencarian kamu bisa memasukkan nama domain yang ingin kamu buat.
  • Di sana kamu bisa melihat berbagai ekstensi yang tersedia mulai dari .x, .coin, .nft, .dao, .wallet, dan masih banyak lagi yang lainnya.
  • Selain itu nantinya setiap domain memiliki harga yang berbeda – beda, sehingga kamu bisa memilih yang sesuai dengan budget yang kamu miliki.
  • Jika sekiranya sudah selesai memilih ekstensi nama domain yang sesuai keinginan, selanjutnya kamu bisa klik Add to Cart > Go to Cart untuk melanjutkan proses pembayaran.
  • Kemudian klik Checkout.
membuat domain di blockchain checkout
  • Nantinya akan ada berbagai metode pembayaran yang bisa kamu pilih.
  • Direkomendasikan untuk melakukan pembayaran menggunakan PayPal atau menggunakan kartu kredit yang sudah mendukung App Crypto.com.
  • Biasanya setelah klik Checkout, kamu hanya di berikan waktu 1 jam untuk melanjutkan pembayaran, sehingga jika dalam 1 jam kamu tidak menyelesaikan pembayaran, maka secara otomatis transaksi akan di batalkan.
  • Setelah menyelesaikan transaksi, nantinya kamu akan mendapatkan notifikasi bahwa pembayaran telah berhasil di lakukan.
  • Selanjutnya kamu bisa masuk ke Domain Saya untuk bisa mengelola nama domain yang sudah di buat sebelumnya.
Baca Juga:  Telkom Gandeng Binance Untuk Membangun Bursa Kripto Di Indonesia

Note :

Sebagai informasi biasanya biaya pada ETH akan lebih mahal sehingga kamu harus lebih berhati – hati untuk melakukan transfer koin yang tepat melalui jaringan yang tepat.

Selain itu kamu juga bisa membuat nama domain menggunakan jaringan Polygon di Unstoppable Domain. Kamu hanya perlu masuk di beranda dan klik Domains > My Domains > Free Mint.

Kemudian klik Lanjutan dan pilih Kirim Kode. Nantinya kamu akan menerima kode aktivasi melalui pesan yang bisa di sambungkkan ke dompet MetaMask. Selanjutnya klik Konfirmasi.


Kesimpulan

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat domain blockchain dengan mudah. Kamu bisa membeli domain yang sesuai dengan budget yang kamu miliki serta sesuai dengan kebutuhan.

Pastikan juga untuk mengikuti semua tahapannya dengan benar agar proses pembuatan domain blockchain bisa berjalan sesuai dengan keinginan.***