books ngram viewer

Apa itu aplikasi Books Ngram Viewer? Mungkin banyak dari antara kamu yang nggak tahu dengan aplikasi yang satu ini. Aplikasi ini memang masih tergolong asing bagi pengguna aplikasi, apalagi buat yang jarang membaca buku. 

Menurut penjelasannya, aplikasi Ngram Viewer ini merupakan alat yang berfungsi untuk menganalisis teks atau konten secara statistik. Aplikasi ini pasti akan sangat bermanfaat buat kamu yang bekerja di bidang bahasa. 

Nggak heran kalau aplikasi ini terdengar cukup asing bagi orang awam. Apabila kamu membutuhkan bantuan untuk menganalisis teks, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Ngram. Caranya, ikuti saja tips pemakaiannya di bawah ini. 

Tips Menggunakan Books Ngram Viewer

tips menggunakan books ngram viewer

Aplikasi buatan Amerika ini memang berfokus untuk membantu para profesional yang berkecimpung dalam bidang bahasa. Ketika sedang melakukan sebuah penelitian, pasti membutuhkan analisis yang bisa menjelaskan topik penelitian secara statistik. 

Inilah gunanya aplikasi Ngram. Aplikasi ini akan membantu kamu dan para profesional lain untuk menganalisis teks dari sumbernya. Dalam hal ini, Ngram menggunakan sumber buku yang dipindai oleh Google lewat perpustakaan umum. 

situs ngram viewer
  • Pertama-tama, kamu harus memiliki aplikasi Ngram Viewer di perangkat yang kamu pakai. Jika belum punya, unduh dan instal aplikasinya terlebih dahulu.  
  • Kemudian, buka aplikasinya melalui perangkatmu. 
  • Lakukan penelusuran dengan menggunakan kata-kata yang padat dan tepat. Perhatikan pula huruf besar kecilnya saat kamu melakukan penelusuran di Web Google. 
  • Selanjutnya, ketiklah frasa apapun yang mau kamu cari dana analisis. Supaya pencariannya lebih gampang, pastikan untuk memisahkan setiap frasanya memakai tanda koma. 
  • Bubuhkan pula tanggal perilisan buku yang kamu maksud. Biasanya, tahun rilis buku berkisar antara tahun 1800-an sampai tahun 2000-an. 
  • Untuk memilih buku yang penulisannya dalam bahasa asing, kamu bisa menggunakan korpus. Misalnya saja buku berbahasa Inggris yang rilis tahun 2008. 
  • Perataan teks pada buku juga harus kamu atur dan sesuaikan dengan grafik di bagian akhir. Akan tetapi, perataan teks ini sifatnya opsional. Kamu boleh melakukannya atau nggak melakukannya. 
  • Terakhir, klik tombol “Cari banyak buku” di aplikasi Books Ngram Viewer. 
Baca Juga:  5 IDE Terbaik Untuk Bahasa Pemrograman PHP : Pemula Harus Tahu !

Cara Mudah Kunci Aplikasi di Android untuk Menjaga Data Rahasia

Fitur Pencarian Lanjutan yang Tersedia di Ngram

sumber buku

Ketika kamu menggunakan aplikasi Books Ngram Viewer, hasil analisis yang akan kamu peroleh biasanya dalam bentuk grafik. Grafik ini akan merepresentasikan penggunaan frasa yang ada dalam buku-buku yang kamu cari. 

Kalau kamu memasukkan lebih dari satu frasa ke dalam pencarian, maka hasilnya juga akan berbeda. Kamu bisa melihat perbedaannya melalui garis-garis berwarna seperti yang ada di aplikasi Google Trends. 

Selain itu, Ngram juga menyediakan fitur semacam daftar perintah. Fitur ini jelas bakal memudahkan kamu untuk membuat dokumentasi lanjutan dari situs web aslinya. Dengan menggunakan fitur ini, proses pencarian buku akan menjadi jauh lebih cepat. 

Bukan cuma itu saja, Ngram juga bisa memunculkan frekuensi relatif dari dari frasa yang kamu cari. Hasil pencarian kamu nantinya akan muncul dalam bentuk grafik seperti biasanya. Untuk melihat hasil data lebih detail, kamu tinggal arahkan saja kursor ke garis grafik. 

Nah, kamu juga bisa melakukan pencarian lebih lanjut melalui spesifikasi frasa yang kamu cari. Misalnya saja, kata sifat, keterangan tempat, keterangan waktu, kata ganti, adposition, konjungsi, angka, dan partikel. 

Semua spesifikasi frasa tersebut bisa kamu pakai sesuai dengan kebutuhanmu. Supaya gampang, carilah sumber buku dari spesifikasi frasanya, misalnya saja dari kata depannya.  

Buka Ngram Viewer