facebook business manager

Berbisnis kini menjadi semakin mudah setelah menggunakan fitur-fitur dari Facebook Business Manager. Sebagai salah satu aplikasi media sosial dengan jumlah pengguna yang besar, Facebook memiliki potensi pasar yang menggiurkan. 

Oleh sebab itu, kamu yang sedang merintis bisnis kecil-kecilan wajib memanfaatkan fitur bisnis terbaru dari Facebook. Namun, bagaimana cara menggunakan aplikasi ini untuk bisnis? Kalau kamu nggak tahu caranya, simak ulasan tipsnya berikut ini: 

Buat dan Daftar Akun Facebook Business Manager

business manager

Untuk bisa memanfaatkan seluruh fitur dan fasilitas yang ada dalam aplikasi Facebook Manager, kamu perlu membuat akun baru. Daftarkan diri kamu melalui situs resminya atau bisa juga melalui link ini. 

Setelah itu, bukalah menu ‘Business Settings’ yang ada pada aplikasi Facebook Manager. Kemudian, perhatikan pula wizard penyiapan standar yang muncul saat kamu membuat aset dalam Business Manager. 

Untuk mendaftarkan akun baru Facebook Manager, klik saja menu ‘Pages’ yang ada di navigasi sebelah kiri. Lalu, klik menu ‘Add’ yang ada di sebelah kanan navigasi. Pilihlah tombol ‘Create a New Page’ yang ada di menu Drop Down. 

Lakukan Klaim Aset

Ketika mau melakukan klaim aset di Facebook Business Manager, kamu perlu memilih tab mana saja yang relevan. Beberapa opsi tab yang bisa kamu pilih antara lain adalah akun adds, aplikasi, dan halaman utama. 

Untuk memasukkan tab-tab tersebut, kamu bisa menambahkan tombol aset apa saja yang mau kamu pilih. Setelah itu, kamu bisa mengelola aset secara penuh karena kendali atas aset-asetmu sudah sepenuhnya menjadi hak milikmu. 

Aset yang kamu tambahkan ke akun Business Manager hanya bisa diklaim menjadi satu aset. Aset yang boleh kamu akses pun cuma boleh dari akun Business Manager pribadimu sendiri. Jika kamu ingin mengakses aset milik orang lain, setidaknya kamu harus memiliki izin. 

Baca Juga:  Penyebab dan Cara Mengatasi Blue Screen pada PC maupun Laptop

Cara Mudah Download Video FB Lite Tanpa Aplikasi Tambahan

Ijin Akses ke Aset Pengguna Lain 

cara akses facebook business

Bagaimana jika kamu ingin mengakses aset milik akun orang lain? Cara satu-satunya untuk mendapatkan akses ke aset orang lain adalah dengan meminta izin dari akun yang bersangkutan. 

Mintalah pemilik aset yang kamu incar untuk menambahkan aset tersebut ke akun Business Manager pribadimu. Persetujuan dari pemilik aset wajib kamu kantongi jika mau menambahkan aset milik orang ke akun kamu. 

Sayangnya, permintaan izin ini jumlahnya terbatas untuk setiap akun Business Manager. Sebab, pihak Facebook membatasi jumlah permintaan aset dari orang lain dalam jumlah tertentu saja. Jika jumlahnya sudah melebihi standar, maka Facebook secara otomatis akan menolak permintaan kamu. 

Kelola Aset Bisnis Pribadi Facebook Business Manager

Kamu bisa mengelola semua aset bisnis kamu menggunakan aplikasi bisnis dari facebook. Mulai dari membuat, meminta, hingga mengklaim aset bisnis bisa kamu lakukan melalui aplikasi bisnis buatan Facebook ini. 

Melalui aplikasi ini, kamu juga bisa menambahkan mitra kerja untuk mengakses aset bisnis kamu. Artinya, kamu akan menugaskan orang tersebut untuk mengakses aset-asetmu, bukan mengelolanya. 

Ketika kamu bekerjasama dengan sebuah agensi, kamu bisa memberikan izin pada agensi tersebut untuk mengakses halaman atau akun iklan kamu. Untuk memperlancar pekerjaanmu, tambahkan saja akun agensi tersebut sebagai rekan mitra di akun kamu. 

Jika mitra yang kamu ajak kerjasama cukup banyak, kamu bisa menyederhanakannya menjadi bentuk-bentuk grup. Dengan membuat grup di akun Facebook Business Manager pribadimu, kamu bisa membuat grup-grup kecil berdasarkan kebutuhanmu. 

Baca Juga:  Cara Mendapatkan Kode Promo Game PES Mobile Gratis