Cara mensinkronisasi gmail

Adakah cara mensinkronisasi Gmail yang lebih mudah untuk dilakukan? Secara umum, ada dua cara yang bisa kamu pakai untuk mensinkronisasi akun Gmail ke aplikasi-aplikasi yang terpasang di perangkat kamu. 

Dua cara tersebut adalah cara sinkronisasi otomatis dan cara sinkronisasi manual. Kedua cara tersebut sama-sama mudah untuk kamu lakukan. Maka dari itu, coba ikuti trik berikut ini jika kamu mau mensinkronisasi Gmail. 

Cara Mensinkronisasi Gmail Otomatis

Cara mensinkronisasi gmail secara otomatis

Ingin mengakses banyak aplikasi dengan satu akun? Cobalah untuk mengaktifkan opsi sinkronisasi yang ada pada akun Gmail kamu. Dengan mendaftarkan diri melalui satu akun Google, maka kamu bisa menikmati akses bebas ke seluruh aplikasi. 

Syaratnya, kamu tetap harus mensinkronkan akun Gmail yang sudah terdaftar dengan beberapa aplikasi. Cara mensinkronisasi Gmail ini bisa kamu lakukan secara otomatis kok. Makanya, lakukan langkah-langkah berikut ini untuk menyinkronkan Gmail secara auto. 

  • Bukalah menu setelah yang terdapat di perangkat HP kamu. 
  • Setelah itu, klik sub menu Pengguna dan Akun. 
  • Setelah halaman baru muncul, lanjutkan dengan memilih akun Google yang mau kamu sinkronkan dengan aplikasi tertentu. 
  • Lalu, klik titik dua di bagian pojok kanan atas dan klik opsi Sinkronisasikan Sekarang. 
  • Untuk menyinkronkan Gmail secara otomatis, geser tombol Otomatis Sinkronkan Data Aplikasi hingga warnanya berubah hijau. 
  • Dengan begitu, seluruh aplikasi yang sering kamu pakai bisa tersinkron dengan Gmail secara otomatis. 

Tips Sinkronisasi Google Mail Manual

Mensinkronisasi gmail secara manual

Sinkronisasi akun Gmail tidak hanya bisa kamu lakukan secara otomatis, tapi juga bisa kamu lakukan secara manual. Cara mensinkronisasi Gmail secara manual ini merupakan cara alternatif apabila fitur auto Gmail tidak bisa. 

Makanya, untuk melakukan pengaturan sinkronisasi Gmail secara manual, kamu perlu melakukan beberapa langkah. Berikut ini adalah tahapan cara sinkronisasi Google Mail yang bisa kamu lakukan dengan mudah: 

  • Pertama-tama, bukalah menu pengaturan yang ada di perangkat HP kamu. 
  • Cari sub menu Pengguna dan Akun. 
  • Lalu, pilih akun Gmail di halaman yang muncul. 
  • Klik opsi Sinkronisasi, dan centang biru aplikasi yang mau kamu sinkronkan dengan akun Gmail. 
Baca Juga:  Tutorial Desain Simpel Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Pemula

Tips Mengatasi Masalah Mensinkronisasi GMail

Mengatasi masalah sinkronisasi google mail

1. Pastikan Jaringan Internet Lancar

Jaringan internet yang tidak lancar akan membuat sinkronisasi akun Gmail kamu menjadi terhambat. Mulai dari kiriman email, menerima email, bahkan membuka email pun akan terganggu akibat koneksi internet yang labil. 

Oleh sebab itu, jika kamu ingin mengatur sinkronisasi aplikasi pada Gmail, pastikan bahwa jaringan internet yang kamu pakai lancar. Untuk menunjang koneksi internet, kamu bisa membeli kuota internet dari provider seluler dengan sinyal kuat. 

2. Periksa Pengaturan Sinkronisasi Gmail

Sebelum kamu mensinkronisasi alamat Gmail pada aplikasi, coba periksa dulu menu pengaturannya. Apakah setelah sinkronisasinya sudah aktif atau belum? Kalau belum, kamu bisa segera mengaktifkannya dengan mengikuti cara pengaturan seperti di atas. 

Tapi, jika pengaturan sinkronisasi tetap tidak berhasil, kamu bisa mensinkronisasinya dengan akun Gmail yang baru. Maka dari itu, persiapkan alamat email yang lain sebagai antisipasi untuk mengganti akun Gmail yang lama. 

Cara Menghapus Akun Gmail Secara Permanen dengan Mudah dan Aman

3. Periksa Ulang Setelan Sinkronisasi Akun Perangkat

Sama pentingnya seperti pengaturan setelan akun Gmail, setelan sinkronisasi akun perangkat juga perlu kamu atur ulang. Aktifkan sinkronisasi otomatis dengan membuka menu pengaturan sistem. 

Jika pengaturan gagal, lakukan refresh selama berulang-ulang sampai  akin perangkat tersinkronisasi dengan akun Gmail. Kamu juga bisa menempuh cara pengaturan manual bila pengaturan sinkronisasi akun perangkat gagal.  

Baca Juga :

***

Baca Juga:  Cara Daftar NPWP Online Orang Pribadi