3 Cara Mudah Mengecilkan Ukuran Video Online Tanpa Aplikasi

Epic99.com – Cara mengecilkan ukuran video online. Melakukan kompres pada video bertujuan untuk mengurangi ukuran. Namun seringkali melakukan kompres video juga ikut mengurangi kualitasnya. Sehingga memberikan hasil video yang buram dan tidak jelas.

Ada 3 faktor utama kenapa ukuran video itu berbeda-beda ada yang besar dan ada yang kecil. 3 faktor tersebut adalah Resolusi, Bitrate, dan Encoding.

Jika resolusi biasa di kenal dengan jumlah piksel, sedangkan bitrate akan mengacu pada jumlah bit yang di proses per unit waktu. Sehingga semakin tinggi bitrate maka akan semakin banyak informasi yang di bawa.

Berbeda dengan resolusi dan bitrate, encoding merupakan proses mengompresi file sehingga di simpan sebagai video fluid. Selain itu bitrate menggunakan 2 bagian yang berbeda yakni codec dan container.

Oleh karena itu, apabila ketiganya berbeda maka hasil kuallitas video juga akan berbeda-beda. Nah jika kamu memiliki video dengan ukuran yang besar, kali ini akan di berikan penjelasan mengenai cara melakukan kompres secara online. Bahkan kamu juga tidak membutuhkan aplikasi tambahan. Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut !


Cara mengecilkan ukuran video

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecilkan ukuran video secara online baik secara online maupun offline. Namun akan lebih menyenangkan jika kamu tidak perlu mendownload atau menginstal aplikasi baru terlebih dahulu untuk mengecilkan ukuran video.

Untuk mengecilkan ukuran video tanpa aplikasi, kamu bisa memanfaatkan situs yang tersedia. Tentu syaratnya adalah di lakukan secara online. Sehingga kamu membutuhkan jaringan internet untuk menjalankannya.

1. Onlineconverter

Merupakan salah satu situs kompres video online terbaik yang bisa kamu gunakan. Terlebih lagi Onlineconverter memberikan dukungan terhadap banyak format video mulai dari mp4, AVI, FLV, MOV, dan masih banyak yang lainnya. Untuk kapasitas video maksimumnya 200 MB, memunginkan kamu untuk mengupload video dari penyimpanan komputer atau melalui link URL.

cara mengecilkan ukuran video online
  • Masuklah pada situs Onlineconverter.
  • Selanjutnya klik Choose File untuk upload video yang ingin dikompres.
  • Kemudian klik Compress untuk memulainya.
  • Terakhir klik Download Now untuk file yang berhasil terkompress.
Baca Juga:  Tips Belanja Online Dari Luar Negeri : Jaminan Aman Dan Terpercaya !

Kunjungi Onlineconverter

2. Videosmaller

Situs lainnya yang bisa kamu gunakan untuk mengurangi ukuran video tanpa aplikasi tambahan adalah Videosmaller.com. Menariknya lagi, proses kompres hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.

cara mengecilkan ukuran video online
  • Kunjungi situs Videosmaller.
  • Selanjutnya klik Browse dan cari video yang ingin dikompres.
  • Kemudian klik Upload Video.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses kompres selesai dilakukan.
  • Terakhir klik Download file.

Kunjungi Videosmaller

3. Compressify

Merupakan salah satu situs yang banyak di gunakan. Compressify.com memungkinkan kamu untuk mengecilkan ukuran video tanpa harus mengurangi kualitasnya. Selain bisa di gunakan secara gratis, Compressify.com menyediakan ruang untuk upload video hingga 8 MB.

cara mengecilkan ukuran video online

Nantinya setelah di lakukan kompres, maka video yang dihasilkan akan berkurang menjadi 40% saja dari ukuran sebenarnya.

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuka situs Compressify.com melalui browser.
  • Selanjutnya klik Choose File.
  • Masukkan video yang ingin di kompres dengan ukuran maksimal 8MB.
  • Tunggu beberapa menit hingga sistem melakukan proses.
  • Jika file sudah berhasil terkompres, kamu bisa langsung mendownload hasil video tersebut.

Kunjungi Compressify

Demikian beberapa cara yang bisa di lakukan untuk mengecilkan ukuran video secara online tanpa membutuhkan aplikasi tambahan. Jika kamu melakukannya melalui situs, pastikan kamu memiliki koneksi jaringan yang lebih stabil.

Selain itu dari 3 situs yang ada, tentu cara yang bisa dilakukan tidak jauh berbeda. Oleh karenanya kamu bisa memilih untuk menggunakan cara mana saja sesuai dengan keinginan.

Baca Juga :

Baca Juga:  Cara Download Buku di Google Play Books

***