Trik Mudah Bikin dan Upload Video di Youtube Shorts

upload video Youtube Shorts

Pertanyaan seperti “Bagaimana cara upload video Youtube Shorts yang mudah?” mungkin sudah sering kamu dengar. Kamu pun bingung untuk menjawabnya karena tidak pernah menggunakan fiturnya. Lantas, apa yang mesti kamu lakukan?

Bikin video pendek saat ini memang sedang menjadi tren. Tak mau kalah dari platform pesaingnya, Youtube pun meluncurkan sebuah fitur baru untuk mengikuti tren tersebut. Fitur barunya adalah Youtube Shorts

Cara Bikin Video Pendek di Youtube Shorts

Cara upload video Youtube Shorts

Nah, di fitur terbarunya ini, Youtube menawarkan kepada para penggunanya untuk bisa membuat video berdurasi pendek. Durasi videonya berkisar antara 15 detik sampai 60 detik. Kamu pun bisa membuat video pendek ini melalui potongan video yang kamu ambil di video Youtube. 

  • Unduh dulu aplikasi Youtube dan instal di android atau perangkat lainnya. 
  • Setelah itu, update Youtube ke versi terbaru. 
  • Buka aplikasi Youtube dan dan lakukan login menggunakan akun pribadi yang sudah terdaftar. 
  • Di halaman utamanya, akan muncul berbagai macam fitur baru. Salah satunya adalah fitur Shorts. 
  • Maka dari itu, klik tombol Create dengan simbol (+) yang ada di lingkaran bagian bawah. 
  • Klik lagi tombol Create a Short (Beta). 
  • Secara otomatis kamu akan langsung diarahkan ke halaman pembuatan video Shorts. 
  • Kalau sudah, aturlah durasi video yang mau kamu buat. Kamu bisa memilih untuk membuat video berdurasi 15 detik atau 60 detik. 
  • Atur pula kecepatan video dengan mengklik menu Speed. 
  • Kalau mau menghitung mundur durasi video, gunakan saja fitur Timer. 
  • Lalu kalau mau memilih pengaturan kamera depan atau belakang, pencet tombol Flip. 
  • Apabila seluruh pengaturan tersebut sudah diatur, maka lanjutkan dengan memencet tombol Record. Tombol ini memiliki simbol lingkaran merah dan berada di bagian tengah dan bawah. 
  • Rekamlah video dan untuk menghentikan pengambilan gambarnya kamu tinggal memencet tombol Stop. Tombol ini memiliki simbol kotak merah. 
  • Jika pengambilan video selesai kamu buat, maka lanjutkan dengan mengatur serta menambahkan efek lain. Mulai dari efek musik, filter, teks, atau mengatur timeline video. 
  • Untuk menyelesaikan video, tekan tombol Next. 
  • Kemudian, kamu akan diarahkan ke halaman menu Add Details. Di menu inilah kamu bisa memberikan judul video, visibilitas video untuk publik atau pribadi, dan jenis penonton. 
  • Setelah itu, tekan tombol Upload di bagian kanan atas untuk upload video Youtube Shorts. Tunggu beberapa menit hingga video Shorts berhasil terunggah. 
Baca Juga:  Rekomendasi Emulator PlayStation2 Terbaik Untuk Android

Fitur-fitur Menarik untuk Upload Video di Youtube Shorts

Fitur menarik di Shorts

Meskipun fitur Shorts yang ada di Youtube baru saja rilis beberapa tahun belakangan, namun jumlah peminatnya sudah cukup tinggi. Selain karena konsep video pendek yang sedang tren, fitur-fitur yang ada di Shorts juga menarik. 

Karena alasan itulah, Youtube Shorts mampu bersaing dengan platform sejenis dalam membuat konten video pendek. Beberapa fitur Shorts yang menarik untuk kamu ketahui ada di bawah ini: 

1. Filter 

Saat membuat video Shorts, kamu bisa memanfaatkan filter untuk mempercantik tampilan video yang kamu ambil. Penggunaan filter juga bisa mengubah suasana atau nuansa yang ada di Shorts. 

3 Cara Mudah Download Musik Langsung dari Youtube

2. Timeline

Pembuatan video Shorts banyak terbantu dengan adanya fitur timeline. Fitur ini akan memudahkan kamu untuk mengatur titik awal dan titik akhir video Shorts berakhir. Selain itu, kamu juga bisa mengontrol teks muncul melalui fitur ini. 

3. Background Musik

Salah satu hal yang menarik dari Shorts adalah kamu bisa menambahkan background musik ke dalam video yang kamu bikin. Mulai dari lagu-lagu lawas sampai yang terbaru bisa kamu gunakan sebagai latar belakang musik di video Shorts kamu. 

4. Teks

Sebelum upload video Youtube Shorts, sebaiknya kamu tambahkan teks agar videonya lebih menarik. Nah, Shorts telah memfasilitasi kamu dengan adanya fitur teks. Jadi, kapanpun kamu mau menyisipkan teks, kamu bisa mengaktifkan fiturnya. 

Baca Juga :

Baca Juga:  Penyebab dan Cara Mengatasi Sinyal Wifi yang Lemah

***