Cara Mudah Mengatur Ukuran Margin di Google Docs

Epic99.com – Cara mengatur ukuran margin di Google Docs. Aplikasi pengolah kata tidak hanya Microsoft Word saja, Google Docs merupakan salah satu aplikasi pengolah kata yang di kembangkan oleh Google. Di mana secara tidak langsung, Google Docs sendiri adalah pesaing dari Microsoft Word. Layanan yang di berikan secara gratis, Google Docs memiliki beragam fitur menarik yang memungkinkan pengguna untuk membuat beragam dokumen penting.

Namun berbeda dengan Micorosoft Word, Google Docs sendiri bisa di jalankan secara online. Selain itu penggunaannya juga cukup mudah dan tersedia fitur sharing agar bisa di edit oleh beberapa pengguna sekaligus.

Bagi beberapa pengguna terutama pada pemula, mengatur margin di Google Docs sangat membingungkan. Nah pada artikel kali ini akan di berikan beberapa tutorialnya dengan mudah untuk bisa di praktekkan.

Keunggulan Google Docs

Sebelum kita membahas bagaimana mengatur margin pada Google Docs, ada baiknya untuk kamu mengetahui lebih dahulu apa saja keunggulan dari layanan populer satu ini. Berikut adalah beberapa keunggulan dari penggunaan Google Docs :

1. Bisa di gunakan untuk mengedit dokumen secara bersamaan

Merupakan fitur yang cukup populer di mana kamu bisa mengerjakan sebuah proyek bersama teman. Serupa dengan Google Drive, kamu perlu memberikan akses pada pengguna lain melalui email atau melalui link.

2. Berdiskusi secara langsung

Keunggulan lainnya yang ada pada Google Docs adalah fitur chat yang tersedia. Sehingga jika kamu mengakses Google Docs di waktu yang bersamaan dengan taman, maka kamu bisa klik pada ikon yang berada di kanan atas untuk berbincang secara langsung.

3. Mengirim dokumen secara langsung

Sebagai informasi tambahan, Google Docs sendiri sebenarnya sudah terhubung di akun Gmail. Di mana kamu bisa mengirimkan email ke alamat yang di inginkan. Selain itu cara yang harus di lakukan juga cukup mudah yakni hanya dengan klik File dan pilih Email as Attachment.

Cara mengatur margin di Google Docs

Untuk mengatur margin pada Google Docs, kamu bisa menggunakan beberapa cara seperti di antaranya adalah :

1. Secara manual

  • Langkah pertama yang harus di lakukan adalah dengan pilih File pada bagian menu sebelah kiri.
  • Selanjutnya akan ada beberapa opsi yang bisa di pilih. Klik Page Setup atau pengaturan halaman pada bagian paling bawah.
  • Untuk pengaturan margin yang lebih detail, kamu bisa mengaturnya dari segala sisi sesuai dengan kebutuhan.
  • Terakhir klik OK.

2. Menggunakan Ruler

Tidak hanya pada Microsoft Word saja, Google Docs menyediakan fitur Ruler yang memudahkan pengguna untuk bisa mengatur margin halaman. Berikut beberapa langkah yang bisa di praktekkan :

  • Pada file dokumen Google Docs, pilih bagian ruler yang berada di atas dokumen.
  • Untuk mengatur margin sebelah kiri, kamu bisa mencari bilah persegi panjang dan segitiga yang menghadap ke bawah.
  • Selanjutnya klik pada area abu-abu sebelah kiri segitiga yang menghadap kebawah. Nantinya kursor akan berubah menjadi panah.
  • Seret pada area margin abu-abu untuk mengatur dan menyesuaikan ukuran margin berdasarkan kebutuhan.
  • Kemudian jika ingin mengatur margin sebelah kiri, maka kamu harus menemukan segitiga yang menghadap ke bawah pada ujung kanan penggaris.
  • Terakhir seret area margin abu-abu untuk menyesuaikan ukuran margin.

Demikian beberapa cara mudah yang bisa di praktekkan untuk mengatur ukuran margin pada Google Docs. Cara di atas terbilang cukup mudah untuk di lakukan dan kamu bebas menggunakan cara mana saja sesuai dengan keinginan.

Baca Juga :

***