Cara Mudah Cek Keberangkatan Haji Kemenag secara Online

Epic99.com – Cek keberangkatan haji kemenag online. Seperti yang banyak di ketahui, untuk mendaftar haji maka kamu membutuhkan waktu puluhan tahun untuk akhirnya bisa berangkat. Oleh karenanya tidak heran jika saat ini sudah banyak anak muda dengan usia kisaran 20 tahun yang mendaftar haji. Selain itu untuk mengetahui kapan perkiraan berangkat haji, jamaah bisa melakukan pemantauan antrian secara online.

Kementerian Agama Republik Indonesia sendiri memberikan fasilitas berupa situs yang memungkinkan jemaah untuk mengetahui kapan perkiraan mereka berangkat haji.

Tanpa harus keluar rumah, semua bisa di ketahui secara online. Berikut ini beberapa cara yang bisa di praktekkan !

Cara cek keberangkatan haji Kemenag

Sebenarnya sangat mudah untuk mengecek perkiraan keberangkatan haji secara online melalui situs Kemenag. Hanya saja tidak sedikit jemaah yang kebingungan mengenai langkah-langkahnya. Berikut adalah langkah mengecek perkiraan berangkat Haji :

  • Langkah pertama yang harus di lakukan adalah dengan masuk pada situs Haji Kemenag.
  • Selanjutnya scroll pada bagian bawah hingga menemukan kolom perkiraan berangkat.
  • Masukkan nomor porsi pada kolom yang tersedia.
  • Terakhir klik Cari.
  • Tunggulah beberapa saat hingga sistem menunjukkan hasilnya.

Kunjungi situs Haji Kemenag

Sebagai informasi tambahan, seperti pada penjelasan sebelumnya bahwa untuk mengecek perkiraan keberangkatan maka kamu membutuhkan nomor porsi. Untuk nomor porsinya sendiri biasanya tertera dalam bukit setoran awal yang di dapatkan saat pertama kali mendaftar haji.

Di mana saat mendaftar sebagai peserta calon haji, maka jemaah harus melakukan setoran awal haji sebesar Rp 25 juta ke BPS. Kemudian nantinya jemaah akan mendapatkan bukti setoran BPIH atau Biaya Penyelenggara Ibadah Haji sekaligus nomor porsi yang berisikan 10 digit.

Sehingga saat jemaah sudah mendapatkan nomor porsi itu artinya adalah jemaah haji kuota Depag Resmi.

Situs Resmi Haji Kementerian Agama

Ada beberapa catatan yang harus di perhatikan oleh calon jemaah haji. Di mana ketentuan yang tertera harus di penuhi seutuhnya. Seiring berjalannya waktu pendaftar haji di Indonesia selalu mengalami kenaikan, sedangkan untuk porsi keberangkatannya sendiri tentu di batasi. Hal ini di karenakan keberangkatan haji tidak terjadi setiap waktu melainkan hanya 1 tahun sekali.

Adapun beberapa catatan dari situs resmi Haji Kementerian Agama di antaranya adalah :

  1. Perkiraan keberangkatan haji bisa saja berubah sesuai dengan perubahan kuota provinsi, kabupaten, kota, haji khusus, atau perubahan pada regulasi.
  2. Perkiraan keberangkatan haji hanya di hitung untuk jemaah yang belum batal atau belum berangkat.
  3. Selama masa operasional haji, di lakukan perubahan pada tahun awal menjadi tahun berikutnya untuk antisipasi jemaah yang akan berangkat.
  4. Selama masa operasional, perkiraan berangkat semua jemaah dalam status poin 2 di mulai pada musim haji selanjutnya.
  5. Jika nomor porsi jemaah mundur pada masa operasional haji, maka jemaah bisa memeriksanya kembali setelah operasional haji.

Nah itulah beberapa tahapan yang bisa di praktekkan untuk mengecek perkiraan keberangkatan haji. Terbilang cukup mudah untuk dipraktekkan, kamu akan mengetahui kapan kamu akan berangkat menjalani ibadah haji. Selain itu tentu saja haji akan berbeda dengan umroh yang selalu mendapatkan kuota dan bisa pergi kapan saja.

Baca Juga :

***