Contoh Makalah yang Baik dan Benar sekaligus Cara Membuatnya

Epic99.com – Contoh makalah yang baik dan benar. Makalah merupakan salah satu contoh karya tulis yang sering di gunakan dalam ruang lingkup pendidikan baik sekolah maupun perguruan tinggi. Meskipun cukup banyak di gunakan, namun tidak sedikit yang masih bingung bagaimana cara membuatnya.

Ada beberapa struktur dalam pembuatan makalah yang harus di perhatikan. Pada artikel kali ini akan di perhatikan mengenai makalah, struktur, beserta contohnya.

Apa itu Makalah ?

Membuat makalah bisa di bilang susah-susah gampang. Hal ini di karenakan terdapat aturan tertentu yang harus di penuhi dan di jadikan landasan dalam membuat makalah. Makalah sendiri merupakan tulisan resmi mengenai suatu pokok yang biasanya akan di bacakan di hadapan umum atau persidangan.

Selain itu makalah juga sering di gunakan sebagai laporan dari hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi.

contoh makalah yang baik dan benar

Ciri-ciri Makalah

Ada beberapa ciri-ciri dari makalah yang mudah di kenal. Berikut adalah ciri-cirinya :

  • Menggunakan bahasa formal dan sesuai dengan Ejaan yang Disempurnakan.
  • Bberisikan tentang penjabaran dari suatu permasalahan.
  • Terdiri dari beberapa referensi atau sumber yang sesuai dengan topik pembahasan.

Makalah juga di bedakan berdasarkan jenisnya. Adapun jenis dari Makalah yang harus di ketahui adalah :

  1. Makalah Dedukatif yakni berisikan mengenai pembahasan berdasarkan data primer seperti hasil rapat, survei, atau data lapangan.
  2. Makalah Indukatif berisikan laporan berdasarkan data sekunder seperti buku, tesis, atau yang lainnya.
  3. Makalah Campuran, berisikan tentang informasi berdasarkan datau gabungan antara primer dan sekunder.
contoh makalah yang baik dan benar

Struktur Makalah

Seperti pada pembahasan sebelumnya, pembuatan makalah harus berdasarkan dengan struktur. Adapu struktur dalam pembuatan makalah di antaranya adalah :

1. Cover

Merupakan sampul makalah yang berisikan judul, logo, identitas penulis, tempat, dan tahun terbbit. Untuk bagian cover sendiri di sarankan untuk menggunakan aturan rata tengah atau center agar terlihat lebih rapi.

Baca Juga:  Cara Mudah Nonton Bareng di Telegram

2. Kata pengantar

Berisikan rangkuman isi dari keselluruhan esensi makalah. Selain itu kata pengantar juga bisa di artikan sebagai halaman yang membahas tentang isi makalah secara umum.

3. Daftar Isi

Merupakan halaman yang berisikan informasi mengenai halaman konten. Tujuannya untuk memudahkan pembaca saat ingin mencari halaman yang di inginkan.

4. Pendahuluan

Pendahuluan sendiri berisikan awalan dari topik penelitian atau observasi yang ada dalam makalah dan di buat dengan sudut pandang penulis. Selain itu pendahuluan sendiri tidak di tulis secara luas melainkan hanya cakupan secara garis besarnya saja.

5. Latar Belakang

Berisikan mengenai jawaban dari pertanyaan yang arahnya menuju pembahasan makalah itu sendiri.

6. Rumusan Makalah

Rumusan makalah berisikan tentang pertanyaan yang nantinya akan di jawab dan di jelaskan pada bagian pembahasan.

7. Tujuan

Sesuai dengan namanya, tujuan berisikan tentang alasan mengapa kamu membuat makalah tersebut.

8. Isi

Merupakan hal terpenting yang ada dalam pembuatan makalah. Di mana berisikan mengenai uraian pokok permasalahan yang sedang di bahas.

9. Penutup

Berisikan 3 bagian dalam penutup yakni Kesimpulan, Saran, dan Daftar Pustaka.

contoh makalah yang baik dan benar

Contoh makalah yang baik dan benar

Bagaimana contoh makalah yang baik dann benar. Makalah yang baik dan benar terbilang cukup sederhana untuk dibuat. Hanya saja ada beberapa hal yang penting untuk diterapkan seperti menentukan tema dan judul, kemudian mengumpulkan bahan referensi dan membaca referensi dengan tema yang sejenis.

Selanjutnya kamu bisa memulai untuk menulis makalah secara sistematis dan terstruktur. Terakhir jangan lupa untuk menambahkan kutipan dan melakukan revisi jika perlu.

Nah itulah penjelasan mengenai contoh makalah yang baik dan benar untuk bisa dijadikan acuan dalam pembuatan makalah. Berdasarkan fungsi mengenai pentingnya makalah, tentu kamu harus membuatnya sesuai dengan struktur yang sudah ada.

Baca Juga:  Tutorial Capcut : Cara Membuat Video Viral TikTok Untuk Pemula

Baca Juga :

***