Cara Mudah Render Sketchup untuk Pemula

Cara render SketchupKami membutuhkan pengetahuan tentang cara membuat sketchup yang mudah dan cepat saat membuat desain bangunan atau arsitektur. Apa alasannya? Sebab rendering dapat membuat hasil yang terlihat nyata dan proporsional. Jika Anda tidak memiliki pemahaman dasar ini, hasil desain yang di buat akan terlihat tidak jelas, aneh, dan kurang proporsional. Dengan pengajar profesional dan akademis profesional yang mendukung, Anda akan di jamin mendapatkan pemahaman penuh dengan materi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Membuat Desain di Sketchup

Anda dapat menggunakan Sketchup untuk membuat banyak desain selain desain bangunan. Berikut adalah beberapa di antaranya :

  • membuat desain produk, seperti membuat kipas angin, kursi, meja, pintu, jendela, dan lainnya dalam bentuk 3D
  • Anda dapat membuat desain mesin dengan gambar model yang lebih baik dengan menggunakan fitur canggih Sketchup selain Autocad.
  • Masyarakat juga membutuhkan desain model 3D untuk membuat model pesawat komersial.
  • Anda dapat membuat model pesawat tempur, kapal perang, dan lainnya selain pesawat komersial.

Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan software Sketchup untuk membuat berbagai macam karya desain yang tidak hanya terfokus pada arsitektur, tetapi juga dapat dengan mudah membuat desain 3D. Anda harus tahu bahwa Anda harus memasukkan konsep desain baru ke dalam lembar kerja untuk membuat gambar yang bagus dan menarik. Hal ini bisa menjadi acuan untuk menghasilkan karya desain nyata.

Cara Render Sketchup yang benar

Setiap desainer memiliki gaya dan selera unik dalam membuat berbagai macam karya desain, sehingga proses desain juga berbeda-beda berdasarkan karakter masing-masing desainer. Namun, mereka memiliki tujuan yang sama: mencapai hasil terbaik.

Anda dapat menggunakan software Sketchup, yang biasa di gunakan desainer, untuk melakukan rendering dari hasil desain yang telah Anda buat. Beberapa prosedur yang perlu Anda ketahui termasuk:

  • Untuk memastikan hasil gambar yang sempurna, lakukan model sedetail mungkin.
  • Sebelum membuat model gambar, pastikan kapasitas laptop atau komputer yang akan di gunakan untuk mendesain sesuai. Jika kapasitasnya tidak sesuai, proses mendesain Anda akan terganggu dan tidak akan berjalan dengan baik. Baik itu lemot atau panas laptop.
  • Untuk menghasilkan gambar yang terlihat lebih real, atur setting render option. Anda juga dapat mengatur cahaya, intensitas, warna, dan kelembutan cahaya. Namun, pastikan setting yang Anda buat sesuai dengan batas wajar.
  • Mengatur nilai bump material model sesuai dengan kebutuhan, seperti saat menyediakan karpet, bantal, lantai, dll.
  • Selain itu, perhatikan nilai pemantulan cahaya atau pemantulan cahaya pada objek. Ini dapat dilakukan dengan mengklik icon material di Vray, membuat lapisan, dan memilih pemantulan.

Banyak program desain interior, seperti Autocad dan 3Ds Max, tersedia untuk dipelajari selain SketchUp.

Baca Juga :

***