Cara dan Syarat Membuat BPJS Kesehatan Gratis di Puskesmas

Cara membuat BPJS Kesehatan Gratis di Puskesmas – Sekarang, mendapatkan layanan BPJS Kesehatan menjadi lebih mudah bagi masyarakat. Ini terutama berlaku untuk pendaftaran, di mana calon peserta tidak perlu repot-repot mengunjungi kantor BPJS Kesehatan. Sangat penting untuk memiliki BPJS Kesehatan karena memberikan perlindungan medis untuk berbagai penyakit. Namun, jangan lupa untuk terus membayar iuran bulanan.

Membuat BPJS secara gratis dapat di lakukan di beberapa tempat, salah satunya adalah Puskesmas. Cara membuat BPJS gratis di Puskesmas juga mudah. BPJS menjadi hal yang harus di miliki karena dapat mengurangi biaya perawatan.

Syarat membuat BPJS di Puskesmas

Sebelum Anda tahu cara membuat BPJS gratis di puskesmas, pastikan pasien BPJS memenuhi persyaratan. Berikut adalah syaratnya:

  1. Kartu Keluarga
  2. Kartu Tanda Penduduk
  3. NPWP (Optional)
  4. Nomor Handphone
  5. Buku Rekening
  6. Pas Photo ukuran 3×4
  7. Alamat Email

Cara membuat BPJS gratis di Puskesmas

Untuk mendapatkan kartu BPJS gratis di Puskesmas, Anda hanya perlu menyerahkan semua dokumen yang di perlukan kepada petugas Puskesmas, yang akan memprosesnya oleh BPJS kesehatan setempat. Pasien hanya perlu menunggu sampai proses pembuatan BPJS selesai dan mereka dapat mulai menggunakannya.

Cara membuat BPJS secara Online

Pasien juga dapat membuat kartu BPJS secara online menggunakan HP atau laptop melalui mobile JKN, selain membuatnya gratis di Puskesmas. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Download aplikasi JKN Mobile

Siapkan dokumen yang di perlukan, seperti KK, KTP, NPWP (jika ada), nomor HP atau email, dan rekening bank.

  • Buka aplikasi layanan kesehatan mobile JKN di perangkat pasien.
  • Selanjutnya, klik Daftar atau Pendaftaran Peserta Baru dan klik Setuju.
  • Berikutnya, masukkan NIK dan kode Captcha Anda.
  • Setelah itu, pilih pusat layanan kesehatan terdekat dan isi semua data diri dengan lengkap sesuai instruksi.
  • Kemudian tambahkan nomor HP dan alamat email pasien.
  • Terakhir, pilih opsi “Simpan”.
  • Kode verifikasi yang di kirim melalui email akan di gunakan pada aplikasi mobile JKN jika sudah.
  • Dalam waktu 14 hingga 30 hari setelah pendaftaran, calon pasien akan menerima nomor virtual account yang akan di gunakan untuk pembayaran pertama.

Manfaat BPJS Kesehatan

1. Menanggung Berbagai Jenis Penyakit

Cakupan penyakit yang di tanggung BPJS Kesehatan adalah salah satu daya tarik utama program jaminan kesehatan nasional ini. Manfaat ini memungkinkan BPJS Kesehatan untuk menanggung sebagian biaya pengobatan untuk berbagai penyakit, baik ringan maupun berat. Bahkan, BPJS memberikan perawatan yang biasanya tidak di cover oleh asuransi lain, seperti kemoterapi untuk kanker, cuci darah untuk penyakit ginjal, konsultasi gangguan jiwa, dan pengobatan untuk penyakit hormonal atau bawaan dari lahir.

2. Jaminan Seumur Hidup

BPJS Kesehatan menawarkan banyak keuntungan. Keuntungan BPJS Kesehatan berlaku seumur hidup setelah Anda mendaftar satu kali. Ini juga berlaku untuk setiap anggota keluarga. Hanya perlu melunasi pembayaran bulanan tepat waktu untuk mendapatkankannya. Oleh karena itu, biaya perawatan Anda di klinik atau rumah sakit akan lebih murah.

3. Premi yang Murah

Manfaat BPJS Kesehatan juga patut dipertimbangkan karena harga preminya yang murah, terutama dengan mempertimbangkan layanan yang diberikannya. Contohnya, kelas 1 BPJS Kesehatan memiliki premi bulanan terendah sebesar Rp35 ribu, sedangkan kelas tertinggi membayar Rp150 ribu. Selain itu, orang yang menerima bantuan iuran pemerintah sama sekali tidak perlu membayar apa pun untuk BPJS.

Baca Juga :

***