Rekomendasi Aplikasi Database Gratis Versi Android

aplikasi database android – Aplikasi database Android sangatlah bermanfaat. Keberadaan aplikasi ini memungkinkan pengguna Android untuk mengelola database lebih efektif. Aplikasi Android yang satu ini memudahkan Anda untuk mengelola berbagai jenis project Anda.

Sekarang ini, Anda bisa mendapatkan berbagai aplikasi database yang tersedia dalam layanan toko aplikasi. Meski memiliki tampilan dan fitur yang berbeda, tetapi kegunaannya tetap sama.

Aplikasi Database Android Terbaik dengan Berbagai Fitur Canggih

Sekarang ini hampir setiap orang menggunakan perangkat elektronik, seperti handphone, laptop dan lain sebagainya. Mereka akan menggunakan perangkat ini untuk mengakses berbagai jenis aplikasi hingga melakukan aktivitas digital lainnya.

Dalam hal ini, terdapat sebuah sistem yang berguna untuk menyimpan data atau sering di sebut dengan database. Database merupakan kumpulan data yang terorganisir dan tersimpan secara elektronik. Hal ini menjadi alasan pentingnya aplikasi database untuk para pengguna Android. Melalui aplikasi ini kita dapat melakukan pengelolaan data digital dengan lebih efektif dan efisien.

Seputar Aplikasi Database

Basis data atau database merupakan kumpulan dari berbagai jenis data yang tersusun dalam sistem komputer. Melalui basis data ini pengguna dapat melakukan pengolahan data dengan program komputer untuk mendapatkan informasi data itu sendiri. Perangkat yang di gunakan dalam pengelolaan database ini adalah management system.

Singkatnya, istilah database mengacu pada suatu kumpulan data yang saling berkaitan satu sama lain. Tujuan utamanya adalah untuk memudahkan pengguna untuk mengelola dan mengolah data. Melalui langkah pendataan tersebut, pengguna akan lebih mudah mengakses data kapan saja sesuai dengan keperluan. Adanya aplikasi basis data ini membantu kita untuk membuat database dengan mudah.

Berikut beberapa aplikasi Database gratis versi android

– MySQL

MySQL merupakan aplikasi database Android terpopuler ketimbang aplikasi database lainnya. Aplikasi ini di kembangkan oleh Oracle Corporation dan bersifat open source. Sehingga memungkinkan pengguna untuk mengunduhnya secara gratis. Salah satu keunggulan MySQL terletak pada ukuran aplikasi yang ringan. Anda bahkan dapat mengakses aplikasi MySQL pada sistem operasi Windows, Linux dan Mac OS X.

– Oracle Database

Aplikasi Oracle adalah software ciptaan Oracle Corporation yang menawarkan berbagai fitur canggih. Biasanya, software ini di gunakan oleh perusahaan berskala sangat besar, sehingga layanannya berbayar. Meski begitu, Oracle menawarkan kemampuan yang terjamin dan sangat handal. Salah satu kelebihannya adalah mampu melindungi data dari berbagai kerusakan atau sejenisnya. Oracle bahkan mampu menjaga kecepatan pemrosesan data meski adanya peningkatan workload.

– SQLite Database

SQLite merupakan aplikasi database Android besutan D.Richard Hipp yang biasanya di gunakan oleh programmer. Aplikasi ini sangat sesuai bagi Anda yang memerlukan aplikasi database berukuran kecil dan gratis. Keunggulan utama SQLite adalah memiliki pengoperasian yang mudah karena termasuk file tunggal. Bahkan aplikasi ini menyediakan API untuk kebutuhan modul Python Apsq dan Python Pysqlite. Hal menarik lain dari SQLite adalah memiliki fitur JSON dan jarang terjadi bug.

– Team Desk Database

Aplikasi TeamDesk memudahkan pengguna dalam pembangunan atau pembuatan database. Salah satu kelebihan TeamDesk adalah mampu berjalan dalam cloud server yang aman milik pribadi. Menariknya lagi, aplikasi ini juga menjadi andalan pengolahan data beberapa tahun terakhir. Hal ini karena TeamDesk bukan hanya dapat Anda jalankan melalui Android saja, tetapi pada perangkat iPhone, Windows dan Mac.

– FireBird Database

Aplikasi database Android yang berikutnya adalah Firebird. Firebird merupakan sistem manajemen database relasional yang menggunakan prinsip kerja dengan standar ANSI SQL-99 dan SQL-2003. Secara umum, aplikasi yang bersifat open source ini dapat di gunakan di berbagai sistem aplikasi. Mulai dari Windows, Linux dan lain sebagainya.

– Microsoft SQL Server Database

Jika Anda memerlukan software database berperforma stabil, Microsoft SQL Server merupakan pilihan yang tepat. Salah satu fitur unggulannya adalah memory optimized tempDB metadata. Fitur ini memungkinkan proses pengolahan data Anda berjalan dengan kecepatan stabil. Anda tidak perlu khawatir lagi akan pengelolaan database yang berkurang karena worload tinggi.

– PostgreSQL Database

PostgreSQL merupakan salah satu software database non relasional dengan reputasi tinggi. Selain karena sifatnya yang open source, PostgreSQL juga menawarkan berbagai fitur unggulan. Salah fitur unggulannya adalah Table Partitioning. Dimana fitur ini mampu memecah tabel data berukuran besar menjadi beberapa baris lebih kecil.

Aplikasi database Android tersebut dapat menjadi pilihan terbaik untuk pengelolaan dan pengolahan data digital Anda. Aplikasi-aplikasi di atas menawarkan kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Sehingga, Anda dapat menyesuaikan penggunaan aplikasi dengan kebutuhan dan preferensi.

Baca juga Cara Reset HP Jarak Jauh dengan Mudah