Cara Reset HP Jarak Jauh dengan Mudah

Cara Reset HP Jarak Jauh – HP android hadir dengan berbekal beragam fitur canggih di dalamnya. Tentunya dukungan fitur canggih ini guna untuk memudahkan pengguna dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Selain itu, HP android juga bisa menjadi sarana hiburan terbaik bagi pengguna. Baik menggunakannya untuk menonton film, memutar musik, bermain game atau aktivitas lainnya. Bahkan di HP android juga pengguna memungkinkan untuk menghasilkan uang yang banyak.

Namun, kerusakan atau kesalahan sering terjadi pada perangkat smartphone android tersebut. Masalah seperti ini dapat terjadi pada komponen hardware dan software HP, dan penyebabnya beragam. Sebagian besar masalah dengan komponen hardware tidak dapat di perbaiki lagi kecuali dengan menggantinya dengan komponen baru. Sebaliknya, masalah dengan bagian sistem atau software HP dapat di perbaiki dengan melakukan reset atau flashing.

Cara ini mungkin sangat efektif untuk mengatasi berbagai masalah error sistem android dalam hal mereset HP. Namun, karena hal ini akan menghapus semua data yang tersimpan di memori internal HP secara permanen, HP akan di kembalikan ke pengaturan awal pabrik, jadi Anda harus melakukan backup data terlebih dahulu. Jika Anda belum tahu, Anda dapat melakukan reset HP sendiri secara langsung atau dari jarak jauh. Jika tidak, berikut adalah cara yang mudah dan efektif untuk melakukan reset HP jarak jauh.

Cara Reset HP Jarak Jauh

Sebenarnya sangat mudah untuk melakukan reset factory pada HP android dari jarak jauh. Ini biasanya terjadi ketika HP android kehilangan, baik karena lupa menaruhnya atau karena di curi. Agar data di dalamnya tidak dapat di akses, reset HP adalah solusi terbaik.

Salah satu layanan gratis Google, Google Find My Device, atau Google Temukan Perangkat Saya, berfungsi untuk melacak keberadaan HP. Dengan cara ini, Anda dapat mengetahui lokasi HP bahkan ketika HP tidak terhubung ke internet. Dalam hal ini, Google Find My Device akan menampilkan lokasi terakhir ketika HP terhubung ke internet dan fitur GPSnya di aktifkan.

Jika HP saat ini online dan fitur GPS-nya aktif, Anda dapat melacak lokasi HP dengan lebih akurat dan real-time, dan Anda bahkan dapat dengan mudah melihat ketika HP bergerak atau berpindah lokasi.

Selain itu, layanan Google ini memiliki fitur tambahan yang sangat bermanfaat yang termasuk Hapus Perangkat, yang dapat mereset HP dari jarak jauh, menghapus data di dalamnya secara permanen. Sekarang Anda dapat menggunakan fitur ini untuk menghapus semua data dan pengaturan di HP android yang hilang. Untuk cara melakukannya secara mandiri, misalnya:

Step by Step

  • Pertama, buka browser di perangkat lain, seperti smartphone atau komputer.
  • Hal yang paling penting untuk di lakukan adalah mengakses halaman Gmail.com menggunakan akun Gmail yang sama yang di gunakan pada HP yang ingin di reset dari jarak jauh. Jika akunnya tidak sama, kita pasti tidak akan dapat terhubung ke HP yang ingin di reset dari jarak jauh.
  • Sekarang Anda dapat pergi ke halaman situs Google Find My Device melalui LINK INI setelah Anda masuk ke akun Gmail Anda.
  • Tunggu beberapa saat hingga layanan pelacakan selesai. Jika Anda menemukannya, peta peta akan di tampilkan di layar dan menunjukkan lokasi HP android Anda.
  • Di bagian kiri tampilan, informasi tentang perangkat HP android tersebut di tampilkan, termasuk tipe HP, status online, jenis operator, dan jumlah baterai yang masih ada.
  • Di sisi kiri layar, pilih fitur “Hapus Perangkat” untuk melakukan penghapusan data HP atau reset HP.
  • Untuk mengkonfirmasi penghapusan data HP, pilih “Hapus Perangkat”.
  • Menunggu prosesnya selesai.

Perlu di ingat bahwa melakukan metode ini akan menghapus semua data secara permanen. Anda tidak akan dapat menemukan atau mengembalikannya. Sangat penting untuk di ingat bahwa penghapusan data atau reset HP hanya akan dilakukan jika HP yang terhubung sedang dalam keadaan online. Jika HP tersebut masih dalam keadaan offline, proses reset akan dimulai ketika HP tersebut sudah online, dan Anda harus kembali ke akun Google yang sama untuk memulainya.

Baca Juga :

***