Cara Meminjam Buku di Aplikasi iPusnas

Cara Meminjam Buku di Aplikasi iPusnas – iPusnas adalah platform media sosial yang memungkinkan akses ke toko buku e-buku dan e-buku. Selain itu, aplikasi ini bermanfaat untuk membangun jaringan atau komunitas pembaca. iPusnas tersedia di berbagai medium perangkat, termasuk berbasis web (aplikasi desktop dan PC), berbasis smartphone (aplikasi berbasis smartphone), netbook, dan hybrid berbasis tab. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia bertanggung jawab atas pembuatan aplikasi ini. Beberapa fitur aplikasi iPusnas membuat membaca secara digital lebih nyaman.

Fitur Aplikasi iPusnas

1. Karakteristik koleksi buku

Ini adalah fitur yang dapat membawa pembaca ke ribuan buku e-book yang tersedia di iPusnas.

2. Karakteristik ePustaka

Ini adalah salah satu fitur unggulan iPusnas. Fitur ePustaka memungkinkan pembaca untuk memenuhi keinginan mereka untuk bergabung menjadi anggota dari berbagai perpustakaan digital dengan beragam koleksi bukunya masing-masing. Fitur ini juga memungkinkan pembaca menjadikan perpustakaan serasa hanya dalam genggaman mereka.

3. Karakteristik Rak Buku

Ini adalah rak buku virtual untuk pembaca yang menyimpan semua riwayat peminjaman buku. Dengan fitur ini, pembaca dapat membaca buku yang telah di pinjam dengan mudah.

4. Spesifikasi eReader

Dengan fitur ini, gawai pembaca dapat membaca ebook dengan mudah dan nyaman di aplikasi iPusnas.

Cara Meminjam Buku di Aplikasi iPusnas

Cara berikut untuk meminjam buku di iPusnas:

  • Aplikasi iPusnas dapat di unduh di App Store atau Playstore.
  • Selanjutnya untuk mendaftar ke aplikasi iPusnas, pilih fitur terhubung ke Facebook dan email.
  • Daftarkan diri Anda.
  • Jangan lupa password.
  • Kemudian Dalam fitur forgot password, ubah kata kunci yang salah.
  • Pilih fitur buku. Library adalah katalog buku dan toko dalam iPusnas dengan fitur seperti kategori, buku penelusuran, dan buku rekomendasi.
  • Pilih buku apa yang ingin Anda pinjam.
  • Selanjutnya, pilih opsi “pinjam” untuk meminjam buku. Jika buku dipinjam oleh pembaca lain, keterangan “antrean” akan ditampilkan di aplikasi iPerpusnas.
  • Untuk mengembalikan buku, pergi ke fitur rak buku. Pilih buku yang dipinjam dengan tanda titik tiga, lalu pilih “kembalikan”.

Selain iPusnas, yang di kembangkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, pemerintah juga memiliki aplikasi perpustakaan digital yang di sebut EPerpusdikbud. EPerpusdikbud adalah aplikasi perpustakaan digital milik Kemendikbud RI yang dapat di akses secara gratis oleh pengguna melalui gawai mereka kapan pun dan di mana pun.

EPerpusdikbud menyediakan lebih dari 200 ribu buku dalam berbagai kategori, termasuk buku materi pelajaran, novel, koran, majalah, dan jurnal. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan EReader, yang membuat membaca ebook lebih mudah.

Baca Juga :

***