4 Cara Setting Mixer Audio agar Suara Menjadi Jernih

Setting Mixer agar suara Jernih – Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah untuk mengatur mixer audio untuk vokal. Kita semua tahu bahwa vokal adalah komponen penting dalam suatu pementasan. Untuk alasan ini, setiap anggota staf harus memastikan bahwa vokal dapat di dengar dengan jelas dan jernih.

Namun, sayangnya, masih ada beberapa orang yang tidak tahu cara mengatur mixer audio untuk vokal. Akibatnya, tidak jarang vokal terdengar tidak halus atau tidak normal seperti biasanya. Untuk mengatasi hal ini, pertama-tama pastikan setting mixer audio sudah benar. Jika Anda belum tahu cara melakukannya, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara setting mixer audio agar suara jernih

Karena suara vokal yang tidak terdengar jelas dapat mengganggu pendengar, Anda harus tahu cara mengatur mixer audio untuk vokal, menurut behindthemixer.com. Tutorial lengkapnya dapat di temukan di sini.

1. Memposisikan Mixer pada Posisi Netral

Cara pertama untuk mengatur mixer audio untuk vokal adalah menempatkannya dalam kondisi netral. Ini berarti bahwa mixer tidak di atur di channel atau frekuensi apa pun. Ketika Anda mulai menggunakan mixer, Anda harus memperhatikan posisi netral ini. Saat motor atau mobil dipanaskan, kondisi netral di mixer audio terjadi. Dengan cara ini, fungsi mixer akan bekerja dengan sempurna saat di gunakan.

2. Mengatur Saluran Tidak Digunakan

Mengatur saluran yang tidak di gunakan adalah langkah selanjutnya. Anda dapat mengubahnya ke posisi diam atau mute, yang membantu menghindari vokal dari gangguan suara yang lain.

3. Mengontrol EQ vokal

Biasanya, Mixer Console memiliki Equalizer tiga band yang dapat di gunakan untuk mengatur channel tinggi, menengah, dan rendah untuk menyelaraskan warna suara. Dengan memposisikan Setting Equalizer default di tengah, Anda dapat mengatur kontrol tono. Memutar tombol ke kanan akan meningkatkan frekuensi; memutar tombol ke kiri akan menurunkan frekuensi.

4. Konfigurasi Tombol Aux

Untuk membuat mixer audio untuk vokal lebih jernih, letakkan beberapa tombol yang tidak di gunakan di posisi paling rendah. Ini akan menghindari bunyi vokal yang mengganggu pendengar ketika aux di gunakan. Perlu diingat bahwa ketika aux di atur ke posisi nol, itu adalah semua tombol yang tidak di gunakan, tetapi aux yang digunakan tetap di atur sesuai frekuensi yang di butuhkan. Akibatnya, dengan memposisikan semua aux di posisi nol, Anda tidak akan dapat melakukan setting mixer vokal.

Baca Juga :

***