Penyebab dan Cara Mengatasi Server Down dengan Cepat

Cara Mengatasi Server Down – Pemilik bisnis tidak boleh mengabaikan masalah server down. Ini terutama berlaku untuk perusahaan yang memiliki website. Namun, kadang-kadang Anda menghadapi situasi server down, yang menyebabkan Anda tidak dapat mengakses situs web untuk waktu yang lama. Jangan khawatir; Epic99 akan membagikan cara terbaik untuk mengatasi down server dalam artikel ini. Baca sampai selesai!

Baca Juga : Pengertian dan Cara Menggunakan Google Collab

Penyebab Umum Server Down

Sangat penting untuk memahami dasar penyebab server down sebelum mengetahui cara menanganinya. Ini karena langkah-langkah yang di ambil untuk menangani masalah server down di tentukan oleh penyebabnya. Apa saja yang dapat menyebabkan server web down? Lihat daftar di bawah ini!

1. Banyak Kunjungan Web dalam Satu Waktu

Jumlah pengunjung website yang meningkat secara mendadak sering menyebabkan downtime server. Jika server tidak dapat menangani jumlah trafik yang begitu besar, itu bisa menjadi masalah besar. Jika ini terjadi, pelanggan tidak akan dapat mengakses situs web dan perusahaan dapat mengalami kerugian besar.

2. Problem dengan DNS

DNS, atau Domain Name System, bertanggung jawab untuk mengarahkan pengunjung ke server yang benar. Jika ada masalah dengan konfigurasi DNS, pengunjung mungkin tidak dapat mengakses website Anda. Masalah DNS dapat menyebabkan pengguna frustrasi dan mengurangi keterjangkauan website.

3. Akses IP yang diblokir

Sebagian besar pengguna tidak dapat mengakses website ketika firewall atau perangkat keamanan memblokir alamat IP server Anda. Penyebab ini dapat menjadi masalah serius yang dapat menghambat operasi Anda dan menurunkan keterjangkauan situs web Anda.

4. Kesalahan Kode

Kesalahan coding dapat menyebabkan server down. Selain itu kesalahan coding juga dapat menyebabkan overload server atau crash aplikasi. Jika terjadi, pengunjung website Anda mengalami gangguan saat mengaksesnya.

5. Perawatan Server

Walaupun perawatan server adalah tindakan yang di perlukan untuk menjaga kinerja server agar tetap optimal, jika tidak direncanakan dengan baik, hal ini juga dapat menyebabkan server down. Pengguna yang tidak tahu tentang perawatan yang di jadwalkan akan terganggu dengan ketidaktersediaan website Anda.

6. Serangan virus atau hacker terjadi

Serangan virus atau hacker dapat merusak atau bahkan mengambil alih server Anda. Ini bisa sangat berbahaya, terutama jika terlibat data sensitif atau data pelanggan. Dalam pengelolaan server, keamanan sistem adalah hal yang paling penting untuk diperhatikan.

Cara Mengatasi Server Down

Anda dapat berkonsentrasi pada penyelesaian kasus server down setelah Anda mengetahui masalahnya. Bagaimana prosesnya? Sesuai dengan penyebab masalah, Anda dapat menggunakan delapan langkah berikut!

1. Perhatikan Jaringan Internet Anda

Langkah pertama yang harus Anda lakukan, apa pun penyebab server down, adalah memeriksa koneksi jaringan Anda. Pastikan koneksi server ke internet berjalan lancar dan periksa jika ada masalah fisik seperti kabel yang rusak atau gangguan infrastruktur jaringan. Teliti juga struktur jaringan. Verifikasi ketersediaan sumber daya jaringan dan pastikan tidak ada gangguan yang menghambat aliran data. Cari tahu jika ada komponen yang mengalami gangguan, seperti router yang perlu dikonfigurasi ulang. Langkah ini sangat penting karena masalah jaringan dapat secara signifikan memengaruhi ketersediaan website.

2. Lihat Host Server

Saat terjadi server down, pemeriksaan host server diperlukan. Kesalahan pada hardware fisik server dapat menjadi penyebab utama kegagalan server. Pastikan semua komponen server, termasuk CPU, RAM, dan penyimpanan fisik, dalam kondisi baik. Untuk memastikan bahwa tidak ada komponen yang perlu di perbaiki atau diganti segera, lakukan pemeriksaan menyeluruh.

3. Hapus Penghapusan Cache Browser

Jika server down hanya terjadi pada beberapa pengguna, kemungkinan ada masalah dengan cache browser mereka, yang dapat menyebabkan kesalahan saat mencoba mengakses website. Pengguna di sarankan untuk menghapus cache browser mereka secara manual, atau secara otomatis melalui konfigurasi server mereka, jika memungkinkan.

4. Memelihara Perangkat

Untuk mencegah server down, lakukan pemeliharaan rutin, termasuk pembaruan perangkat lunak, pembersihan fisik perangkat keras, dan pemeriksaan keamanan. Periksa apakah ada pembaruan yang harus diinstal dan pastikan bahwa server Anda dalam kondisi terbaik untuk menjalankan aplikasi dan situs web Anda.

5. Periksa Status Situs Web

Sangat penting untuk memeriksa status website Anda secara menyeluruh untuk mengetahui penyebab utama server down. Untuk melakukan ini, Anda dapat menggunakan alat pemantauan kesehatan website yang andal dan menganalisis log server untuk melihat tindakan terakhir yang menyebabkan server down. Alat pemantauan juga berguna untuk memeriksa kesehatan website secara keseluruhan; ini mencakup waktu respons, beban server, dan gangguan dalam aplikasi atau website yang menyebabkan downtime server.

6. Kontak Layanan Hosting Anda.

Terakhir, langkah penting dalam pemulihan situs web Anda secepat mungkin adalah segera menghubungi penyedia hosting Anda. Mereka memiliki pengalaman dalam menangani masalah server dan dapat membantu Anda mengidentifikasi sumbernya.