Advertisements
Rise of Kingdoms

memiliki persaingan yang ketat dan terhalang oleh peraturan yang ketat di pasar game seluler china, banyak perusahaan telah mengarahkan pandangan pada ekspansi global untuk melebarkan sayap dan tak hanya berpaku pada pasar domestik saja. Pertarungan untuk dominasi pasar luar negeri ini tentu tidaklah mudah. Namun, 3 mobile game terbaik china berikut ini berhasil menjadi begitu terkenal di luar negri.

1. Rise of Kingdoms

Rise of Kingdoms

SLG (Strategy games) selalu menjadi genre yang paling banyak china produksi [untuk pasar global. Game ini juga sangat populer di beberapa negara terutama Asia Timur.

Dikembangkan oleh Chengdu Legou dan diterbitkan oleh Lilith, tidak perlu ragu lagi bahwa Rise of Kingdoms (ROK) adalah produk paling populer di antara semua game seluler SLG buatan China.

ROK Lilith pernah menarik keuntungan hingga hampir $ 61 juta dari luar negeri, mengalahkan pesaingnya yakni Tencent’s PUBG Mobile sebagai game China paling banyak mendapatkan keuntungan di luar negeri.

Namun, kesuksesan ROK tidak sebesar pendapatan yang mereka hasilkannya, meskipun begitu ROK telah berinovasi pada seluruh genre SLG pada tingkat produk.

2. Mobile game terbaik: PUBG Mobile

pubg

Sebagai salah satu dari dua game Battle Royale paling populer di China, PUBG Mobile juga berhasil mendulang sukses secara global. Mengingat gameplay yang serupa, game ini cukup mengalami ancaman dari Call of Duty seluler, yang juga memiliki mode Battle Royale. Meskipun begitu, setelah sedikit tersaingi, mulainya musim permainan baru kembali mendorong PUBG Mobile ke puncak grafik game china di luar negeri.

Sebagian besar game china di luar negeri masih didominasi Battle Royales dan SLG dengan pasar luar negeri terbesar adalah Amerika Serikat dan Jepang. Namun, karena pasar untuk game Battle Royale semakin menjemukan, semakin sulit untuk membuat pemain meinikamti permainan dan merasa terkagum. Oleh karena itu, perkembangan dalam waktu dekat kemungkinan besar akan berfokus pada merek dan pemasaran.

3. AFK Arena

mobile game terbaik

Produk lain dari Lilith, AFK Arena berbeda dari ROK. Game yang satu ini hampir tidak pernah absen untuk masuk menjadi 10 besar game china dengan pendapatan yang fantastis di luar negri. Kesuksesannya bukan tanpa alasan, game ini memang seru untuk dimainkan.

AFK Arena bisa kita sebut sebagai versi 2.0 dari Allstar Heroes (former Soul Hunters). Game tersebut bukan hanya dikembangkan oleh produksi yang sama, tetapi gameplay-nya juga mewarisi banyak fitur Allstar Heroes. Jika kita bandingkan dengan pendahulunya, AFK Arena mungkin memiliki berbagai keunggulan termasuk soal kenyamanan dalam memainkan game tersebut. namun, hal ini tentu bisa berbeda pada masing-masing orang.

Sorotan terbesar AFK Arena adalah gaya visualnya, yang dapat terlihat sebagai lukisan kaca.

Sebenarnya ini adalah perpaduan dari banyak gaya seni yang berbeda termasuk lukisan dinding klasik Eropa dan lukisan kaca gereja. Tampilan yang sangat unik di antara permainan card/board games.

Gayanya ini cukup penggemar sambut dengan baik di pasar negara-negara Eropa dan Amerika. Terlebih lagi memang menarik banyak pemain bukan hanya menikmati permainan namun menghargai nilai estetika yang ada pada game ini. Tentu hal ini sangat menarik, apalagi mengingat bahwa gaya seperti ini cukup jarang ada pada game-game china.

Itulah 3 mobile game terbaik dari china yang populer di luar negeri, apakah kamu sudah memainkan ketiga game tersebut?

BACA JUGA: 4 Rekomendasi Game Bubble shooter terbaik

By Intan