Epic99.com – Definisi dan cara menambang Bitcoin. Bitcoin saat ini menjadi salah satu alternatif terbaik untuk melakukan investasi. Bahkan bitcoin juga sudah menjadi salah satu yang paling populer lho.

Tentunya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan bitcoin. Bisa dengan membeli koinnya atau dengan melakukan penambangan.

Nah kali ini Epic99 akan membahas tentang penambangan bitcoin yang tentunya bisa kamu lakukan meskipun masih pemula.

Sebenarnya penambangan bitcoin bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, namun kamu akan bisa melakukannya jika memahami aturan main dalam penambangan bitcoin ini.

cryptocurrency

Apa itu Bitcoin ?

Bitcoin masuk dalam kategori cryptocurrency yang tidak lain adalah mata uang digital. Sebagai mata uang, tentunya bitcoin dapat di manfaatkan untuk sebagai alat pembayaran apapun.

Maskipun bitcoin sendiri tidak di kontrol langsung oleh bank manapun, namun kamu gak perlu khawatir karena bitcoin di topang oleh teknologi peer-to-peer yang terdesentralisasi.

Bitcoin di temukan pertama kali oleh Satoshi Nakamoto dan di luncurkan ke dunia internet pada tahun 2009.

Selain itu cara kerja mata uang digital yang satu ini terbilang cukup menarik. Sebenarnya setiap keping bitcoin tidak lain adalah file komputer yang di simpan dalam aplikasi dompet digital di perangkat komputer maupun ponsel.

Nantinya pemilik bitcoin bisa melakukan transaksi apapun hanya dengan mengirimkan mata uang tersebut menggunakan dompet digital yang terdaftar.


Apa Itu menambang Bitcoin?

Penambangan bitcoin sebenarnya tidak leh berbeda dengan melakukan penambangan emas dalam dunia nyata. Hanya saja kamu melakukan penambangan mata uang digital menggunakan perangkat dan harus terhubung dengan jaringan internet.

Umumnya penambangan mata uang digital di lakukan dengan menggunakan komputer serta software yang terhubung pada server mining bitcoin itu sendiri.

cara menambang bitcoin

Untuk bisa melakukan penambangan mata uang digital ini tentunya di butuhkan alat yang terbilang tidak main – main. Pastikan kamu memiliki perangkat komputer dengan spesifikasi yang kuat, arus listrik yang besar dan juga kecepatan internet yang mumpuni.

Baca Juga:  Buat Paspor Online dengan 3 Cara Mudah 

Hal tersebut bertujuan agar mining yang kamu lakukan bisa berjalan dengan lancar. Karena pada dasarnya aktifitas mining memang membutuhkan daya komputasi yang besar dan kuat.


Cara menambang Bitcoin

Untuk pengetahuan kamu, ada 4 cara yang bisa kamu praktekkan dalam melakukan aktifitas mining bitcoin yaitu :

1. Melakukan penambangan di Pool Mining

Kamu bisa melakukan penambangan mata uang digital dengan menambang di pool mining. Selain itu, cara ini juga terbilang sangat sederhana dan paling banyak di lakukan oleh penambang lainnya.

Sesuai namanya, pool mining juga di ibaratkan sebagai kolam. Di mana dalam kolam tersebut kamu bisa bergabung kekuatan dengan penambang lainnya untuk melakukan mining bitcoin.

Karena ini sifatnya bekerja sama, tentu hasilnya juga akan di bagi dengan para penambang lainnya.

Jika kamu tertarik untuk melakukan mining dengan cara ini, kamu bisa mendafta terlebih dahulu dalam sebuah pool atau kolam.

Nantinya kamu akan bergabung dengan penambang lain apabila mereka setuju dengan pembagian hasil yang di sepakati.

2. Cloud Mining

Sebenarnya teknik mining dengan cara ini terbilang sangat beresiko untuk dilakukan. Hanya saja melakukan penambangan dengan cara cloud mining tidak membutuhkan alat komputasi dengan spesifikasi tinggi.

Kamu bisa melakukannya hanya dengan memanfaatkan layanan penyedia cloud mining seperti genesis mining, hashflare, hashing24, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain itu kamu juga tidak perlu memiliki pengetahuan mendalam mengenai hardware mining dan tidak perlu membeli peralatan mahal lainnya.

cara menambang bitcoin

3. Solo Mining

Cara lainnya yang bisa kamu praktekkan untuk melakukan aktivitas penambangan mata uang digital adalah dengan Solo Mining.

Karena sifatnya yang solo, tentu saja kamu tidak perlu berbagi penghasilan dengan penambang lainnya. Hanya saja kamu membutuhkan peralatan yang terbilang super canggih dengan spesifikasi perangkat yang tinggi.

Baca Juga:  Cara Download Video di Pinterest dengan Mudah Tanpa Aplikasi

Pastikan PC, MotherBoard, SSD, HDD, RAM, dan lainnya dalam perangkat kamu mumpuni untuk bisa melakukan solo mining.

Selain itu, kamu juga harus menyediakan daya listrik yang besar serta kecepatan internet yang cukup.

Biasanya solo mining di lakukan oleh penambang profesional dan terbilang sulit untuk di lakukan oleh pemula. Untuk melakukan solo mining, nantinya kamu akan membutuhkan hardware ASIC (Application Specific Circuit Ships) untuk melakukan aktifitas penambangan.

Tidak hanya hardware, kamu juga akan membutuhkan software mining seperti Bitcoin Miner, BTC Miner, Easry Miner, dan lain sebagainya.

4. Platform Trading Bitcoin

Cara terakhir yang bisa kamu praktekkan untuk melakukan penambangan bitcoin adalah menggunakan platform trading bitcoin.

Dengan menggunakan cara ini kamu hanya perlu mendownload aplikasinya menggunakan ponsel seperti MinerGate, Eobot, Crypto Miner, Cryptotab, dan masih banya lainnya yang bisa kamu gunakan.


Apakah Bitcoin legal ?

Kamu gak perlu khawatir mengenai aturan cryptocurrency di Indonesia. Hal ini di karenakan pemerintah Indonesia secara resmi telah menizinkan perdagangan mata uang digital cryptocurrency.

Dan tentunya juga sudah di atur dalam Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Nomor 7 tentang Penetapan Daftar Aset Kripto yang dapat di perdagangkan di pasar fisik aset kripto.***