24 Istilah Dalam Cryptocurrency Untuk Pemula

Epic99.com – Istilah dalam Cryptocurrency. Investasi menggunakan kripto saat ini sudah semakin di kenal. Bahkan kripto sendiri sudah menjadi primadona di awal tahun 2022 ini. Oleh karenanya semakin banyak orang yang tertarik untuk mulai berinvestasi melalui kripto.

Namun jika kamu masih terbilang pemula dan baru mengenal kripto, tentunya kamu tidak bisa asal dalam melakukan investasi. Karena jika salah – salah maka akan sangat jauh untuk kamu memiliki penghasilan yang menjanjikan.

istilah dalam cryptocurrency

Mengenal istilah yang sering di gunakan dalam investasi kripto tentunya menjadi hal yang penting untuk di pahami bagi siapapun yang masih pemula dalam bidang ini.

Karena dalam kripto sendiri ada banyak sekali istilah yang harus di pelajari sebelum akhirnya kamu memberanikan diri untuk melakukan trading.


Apa itu Cryptocurrency ?

Crypocurrency merupakan mata uang digital terdesentralisasi yang di kembangkan menggunakan teknologi blockchain. Selain itu biasanya cryptocurrency di gunakan untuk melakukan transaksi virtual dalam jaringan internet.

Seiring berjalannya waktu, perkembangan kripto semakin banyak di gunakan. Bahkan Bank Indonesia sendiri kabarnya sedang merumuskan pembuatan CBDC alias Central Bank Digital Currency yang bertujuan untuk membendung banyaknya penggunaan mata uang kripto.


Istilah dalam Cryptocurrency yang Wajib Diketahui

Jika kamu masih pemula, berikut ini beberapa istilah yang wajib di ketahui untuk kamu yang masih pemula :

istilah dalam cryptocurrency

1. Bagholder

Istilah yang biasa di gunakan oleh trader yang gagal keluar saat terjadi pump and dump atau mengalami kerugian karena memegang saham yang buruk.

2. Bearish dan Bullish

Bearish memiliki arti harga stagnan dan mengalami penurunan, sedangan Bullish memiliki arti harga sedang mengalami kenaikan.

3. Blockchain

Merupakan teknologi yang berfungsi sebagai penyimpanan data digital yang aman dan terbuka. Dengan kata lain Blockchain merupakan database yang berisi data transaksi yang bisa di lihat oleh siapapun.

Baca Juga:  Mengenal Game NFT Dragonland : Cara Mudah Mendapatkan Uang !

4. Cryptosis

Merupakan investor yang selalu menggali informasi mengenai kripto karena antusiasnya yang tinggi terhadap aset.

5. DApps

Singkatan dari Desentralized Application yang berbasis sistem komputer terdistribusi pada jaringan blockchain.

6. DeFi

Desentralized Finance yang merupakan sistem keuangan yang di jalankan di atas blockchain Ethereum dan memberikan layanan yang terbuka dan transparan.

bitcoin

7. DEX

Singkatan dari Decentralized Exchange yang memungkinkan para investor bisa membeli kripto secara peer to peer dengan investor lainnya tanpa menggunakan platform pertukaran.

8. FOMO

Merupakan singkatan dari Fear of Missing Out yang biasanya di tujukan untuk para investor pemula yang ingin mengikuti saran pasar dari para profesional.

9. FUD

Fear, Uncertainty, and Doubt yang merupakan strategi dari para investor untuk menurunkan harga koin agar bisa membelinya dengan harga yang lebih murah.

10. HODL

Singkatan dari Hold On for Dear Life yang di gunakan sebagai strategi untuk menyimpan dan mempertahankan aset.

11. Liquid

Menjadi istilah dari kemampuan koin untuk bisa di konversi menjadi mata uang ataupun koin lainnya dengan mudah dan tanpa mengganggu harga.

12. Mining

Merupakan aktifitas menambang yang biasa di lakukan oleh miner dengan menggunakan perangkat yang canggih dan terhubung ke internet yang cepat.

NFT

13. Mint

Merupakan istilah dari Minting NFT yang berarti proses dalam mengubah file digital menjadi aset digital yang bisa di simpan pada blockchain.

14. Moon

Istilah untuk aset kripto yang sedang mahal atau naik harga bahkan hingga mencapai puncaknya mulai dari segi nilai hingga ke volume penjualan.

15. NFT

Singkatan dari Non Fungible Token yang merupakan aset digital namun tidak bisa di pertukarkan dan hanya bisa di perjual belikan.

Baca Juga:  Telkom Gandeng Binance Untuk Membangun Bursa Kripto Di Indonesia

16. No Coiner

Merupakan sebutan untuk trader yang tidak memiliki koin atau sudah menjual semua koin yang di miliki.

17. Pump and Dump

Merupakan sebuah strategi yang biasa di lakukan oleh para investor dalam melakukan trading kripto. Pump sendiri memiliki arti Naik, sedangkan Dump memiliki arti Turun.

18. Private Key

Umumnya di gunakan untuk bisa mengakses dompet digital yang menyimpan aset kripto dan hanya pemiliknya yang memiliki akses untuk bisa mengaksesnya.

Ethereum

19. Public Key

Kunci umum yang bisa di bagikan kepada orang lain agar kamu bisa menerima koin kripto.

20. Rekt

Istilah untuk pemain kripto yang membuat keputusan salah dengan melakukan transaksi di waktu yang tidak tepat.

21. Scalping

Menjadi strategi yang biasanya di jalankan untuk mencapai keuntungan dalam waktu yang singkat.

22. Software Wallet

Dompet digital yang memungkinkan investor dalam menyimpan mata uang kripto.

23. Staking

Merupakan aktifitas yang biasanya di lakukan oleh para investor untuk bisa mendapatkan pemasukan pasif dengan melakukan validasi transaksi.

24. Whale

Merupakan sebutan untuk para trader yang memiliki aset kripto dalam jumlah yang terbilang besar atau sekitar 5% dari keseluruhan aset yang tersimpan.

Itulah beberapa istilah dalam cryptocurrency yang wajib di ketahui untuk kamu yang terbilang masih pemula dalam melakukan investasi menggunakan mata uang kripto***