Cara Mudah Meningkatkan Kecepatan Google Chrome

Epic99.com – Meningkatkan kecepatan Google Chrome. Melakukan sebuah pekerjaan kantor saat ini sangat mudah di lakukan. Hal tersebut di karenakan kecanggihan teknologi yang memudahkan penggunanya dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Selain itu dukungan terhadap jaringan internet yang semakin memudahkan siapapun dalam menggali informasi yang ingin di ketahui. Sehingga kamu akan bisa mencari informasi apapun hanya bermodalkan perangkat teknologi yang memiliki jaringan internet aktif di dalamnya.

meningkatkan kecepatan google chrome

Biasanya untuk mencari sebuah informasi yang tersebar di internet, di butuhkan peramban web seperti yang populer yakni Google Chrome. Lalu bagaimana jika kamu memiliki masalah dengan performa Google Chrome yang lambat? Berikut ulasannya !


Apa itu Google Chrome ?

Google Chrome merupakan peramban web yang di kembangkan oleh perusahaan teknologi raksasa Google. Di rilis pertama kali pada tahun 2008 khusus untuk Windows, Google Chrome hingga kini bisa di gunakan di berbagai sistem operasi mulai dari Android, iOS, Linux, hingga MacOS.

Selain itu, peramban web yang satu ini juga sudah di jadikan sebagai peramban bawaan oleh sistem operasi.

apa itu google chrome

Namun seiring berjalannya waktu penggunaan Google Chrome, mungkin kamu merasa performanya semakin menurun alias lambat. Bahkan tidak jarang juga Google Chrome mengalami hang ataupun crash saat sedang di jalankan.

Hal tersebut tentunya sangat mengganggu terutama saat kamu ingin melakukan sebuah pekerjaan. Selain itu sebenarnya performa kinerja Google Chrome yang menurun di perangkat yang kamu gunakan biasanya di sebabkan oleh berbagai faktor.

Salah satu yang paling sering menjadi penyebabnya adalah plugin aktif yang sebenarnya tidak di butuhkan, melakukan banyak installasi terhadap banyak ekstensi, hingga data browsing yang besar.


Menonaktifkan ekstensi yang tidak dibutuhkan untuk meningkatkan kecepatan Google Chrome

Untuk kamu yang belum tahu, ekstensi merupakan sebuah pprogram kecil yang biasanya di install dari Chrome Store. Selain itu penggunaan ekstensi memungkinkan kamu untuk bisa menambahkkan beberapa fitur dan fungsi lain dari browser.

Baca Juga:  Cara Bermain Game Dinosaurus di Google Chrome (Online dan Offline)

Hanya saja jika kamu terlalu banyak dalam menggunakan ekstensi tentunya akan membuat kecepatan Google Chrome menjadi menurun terutama saat di gunakan untuk browsing.

menonaktifkan ekstensi google chrome

Oleh karenanya penting untuk kamu mengurangi ekstensi yang terinstall pada Google Chrome terutama saat sedang tidak di butuhkan. Berikut ini beberapa cara uninstall ekstensi yang tidak di butuhkan di Google Chrome :

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuka peramban web Google Chrome baik di perangkat PC maupun mobile.
  • Selanjutnya klik pada ikon titik tiga yang berada di pojok kanan atas.
  • Pilih Settings kemudian pilih Tools > Ekstensi.
  • Di sana nantinya kamu akan melihat ekstensi apa saja yang sudah terinstall pada browser Google Chrome yang kamu gunakan.
menonaktifkan ekstensi google chrome
  • Kamu bisa melakukan 2 hal untuk menonaktifkan ekstensi yang terinstall yakni dengan disable ataupun dengan menghapusnya.
  • Jika kamu tidak hanya ingin menonaktifkan ekstensi yang tidak di gunakan, maka kamu hanya perlu menghilangkan tanda ceklis pada enabled yang ada di ekstensi tersebut.
  • Namun jika kamu ingin menghapusnya, maka kamu bisa klik simbol Tong Sampah.

Membersihkan data Browsing untuk meningkatkan kecepatan Google Chrome

Selain dengan menonaktifkan ekstensi yang tidak di gunakan pada peramban web Google Chrome. Kamu bisa melakukan cara lainnya untuk meningkatkan kinerja Google Chrome menjadi lebih cepat yakni dengan membersihkan data browsing.

Biasanya data browsing pada perangkat Chrome meliputi download, cache, cookies, hingga beberapa data website.

hapus data browsing

Selain itu cara untuk membersihkan data browsing juga sangatlah mudah, kamu hanya perlu masuk ke Google Chrome. Kemudian kamu bisa klik ikon titik tiga yang berada di pojok kanan atas > History. Selanjutnya klik Clear all browsing data.

Baca Juga:  Cara Meningkatkan Performa Windows 11

Maka nantinya akan muncul kotak kecil di mana kamu bisa memilih dat apa saja yang akan di hapus. Dengan begitu data browsing akan di bersihkan sesuai dengan yang sudah di pilih.


Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kecepatan Google Chrome. Dengan melakukan beberapa cara di atas, tentunya performa yang akan kamu rasakan saat menggunakan peramban web tersebut menjadi lebih cepat.***