Cara Membuat Flowchart Online, Tanpa Aplikasi Tambahan !

Epic99.com – Cara membuat flowchart online. Penggunaan flowchart saat ini semakin sering di butuhkan dalam dunia pekerjaan. Bahkan lebih dari itu, sektor pendidikan juga sering menggunakan flowchart sebagai media belajar. Kamu bisa menemukan flowchart di berbagai media mulai dari koran, majalah, karya tulis, presentasi, sosial media, bahkan hingga tugas sekolah.

Selain itu untuk membuat flowchart bisa di lakukan di berbagai program atau aplikasi. Terlebih lagi cara penggunaannya juga cukup mudah.

Pada artikel kali ini akan di berikan penjelasan mengenai cara membuat flowchart secara online. Sehingga nantinya kamu tidak membutuhkan aplikasi yang harus di instal terlebih dahulu.

Apa itu Flowchart ?

Sebelum masuk pada pembahasan inti mengenai cara membuat flowchart secara online, sebaiknya untuk kamu mengetahui apa sebenarnya flowchart. Flowchart sendiri tidak lain adalah diagram yang menggunakan simbol, garis, panah, dan elemen grafis lainnya untuk menjelaskan suatu proses kerja secara lebih terstruktur.

cara membuat flowchart online

Selain itu flowchart juga seringkali di sebut sebagai diagram alir yang di gunakan untuk menerangkan alur, proses, dan langkah-langkah dalam tampilan grafis.

Penggunaan flowchart berguna untuk menjelaskan tentang proses dalam sebuah bagan agar lebih menarik dan mudah untuk dipahami.

Fungsi lainnya dari pembuatan Flowchart adalah memungkinkan pengguna untuk bisa mendokumentasikan proses menjadi lebih efektif. Sehingga kamu tidak perlu menjabarkan secara panjang dan lebar serta mengaitkan prosesnya satu persatu.

Cara membuat Flowchart secara online

Membuat flowchart secara online terbilang cukup praktis. Hal ini di karenakan kamu tidak membutuhkan aplikasi tambahan untuk di instal di perangkat. Saat ini sudah banyak situs yang memungkinkan kamu membuat flowchart secara online.

cara membuat flowchart online

Pada tutorial kali ini akan di jelaskan menggunakan situs app.diagram.net. Simak beberapa langkah berikut :

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan masuk ke situs https://app.diagrams.net/.
  • Setelah masuk pada halaman aplikasi, nantinya kamu akan di minta untuk memilih lokasi penyimpanan file. Pilihlah sesuai dengan keinginan mulai dari Google Drive, Dropbox, atau langsung pada device komputer.
  • Selanjutnya pilih opsi Create New Diagram untuk membuat flowchart baru.
  • Kemudian pilih opsi Flowchart, isi nama file, dan klik Create.
  • Kamu akan masuk pada bagian editor. Untuk membuat flowchart yang sesuai kebutuhan, maka kamu bisa menggunakan berbagai elemen grafis yang di perlukan pada tab sebelah kiri.
  • Lalu untuk memilih berbagai gaya warna sesuai selera, maka kamu bisa menggunakan tab pada bagian sebelah kanan.
  • Setelah selesai membuat desain flowchart, klik menu File > Save As.
  • Kamu bisa menyimpan flowchart dalam dalam berbagai format seperti html, bitmap, atau svg.
  • Terakhir klik tombol Download.
Baca Juga:  Gampangnya, 6 Cara Mengirim IG Efek ke Teman

Rekomendasi situs pembuat Flowchart lainnya

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, kamu bisa membuat flowchart dengan mudah secara online. Selain menggunakan app.diagram.net, kamu bisa menggunakan situs lainnya seperti :

cara membuat flowchart online
  1. Lucidchart
  2. Draw.io
  3. Cacop
  4. Gliffy
  5. Wireflow
  6. Textographo

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat flowchart secara online. Dengan situs pembuat flowchart online, kamu sudah tidak perlu menginstal aplikasi terlebih dahulu. Selain itu situs app diagram bisa di gunakan secara gratis dengan cara yang cukup mudah.

Note : Di sarankan untuk menggunakan browser Chrome atau Safari untuk meminimalisir situs berjalan lambat.

Baca Juga :

***