Cara Membuat Kesimpulan Makalah Secara Manual dan Otomatis

Epic99.com – Cara Membuat Kesimpulan Makalah. Pernahkah kamu mendapatkan tugas untuk membuat makalah di sekolah atau di kampus? Biasanya pada bagian makalah terdapat Kesimpulan yang menjelaskan secara singkat inti dan hasil dari makalah yang sudah di buat.

Dalam proses membuat makalah, kamu bisa membuat kesimpulan dengan mudah bahkan secara otomatis dan online.

Nah untuk kamu yang masih bingung bagaimana caranya, pada artikel kali ini akan di berikan penjelasan mengenai cara membuat kesimpulan secara otomatis.

Metode penulisan Kesimpulan

Kesimpulan biasanya berisikan 1 hingga 2 paragraf yang menjelaskan tentang inti dari penelitian yang di buat. Selain itu dalam penulisannya, terdapat beberapa metode yang bisa kamu gunakan. Hanya saja metode penulisan Kesimpulan tidak berlaku jika kamu membuatnya secara otomatis.

Meskipun bisa di lakukan secara otomatis, namun pastikan juga kamu mengetahui metode penulisan Kesimpulan secara manual. Berikut beberapa di antaranya :

  • Metode Generalisasi
    Merupakan metode yang cukup populer dan banyak di gunakan. Metode Generalisasi biasanya di mulai dari pembahasan mengenai masalah dalam karya tulis yang di buat. Selanjutnya dibahas mengenai fokus pemecahan masalah tersebut.
  • Metode Analogi
    Biasanya dalam metode ini menggunakan pandangan atau pokok gagasan dengan penyampaian yang simple. Selain itu Metode Analogi lebih sering di gunakan dalam penelitian non ilmiah.
  • Metode Korelasi
    Merupakan metode yang terfokus pada hubungan sebab akibat dalam penelitian yang di buat. Biasanya Metode Korelasi berfokus pada tujuannya yakni memperjelas gagasan yang ingin di sampaikan.

Cara membuat Kesimpulan Makalah secara manual

Setelah mengetahui apa saja metode penulisan kesimpulan karya tulis secara manual, ada baiknya untuk kamu juga mengetahui bagaimana membuatnya. Berikut ini beberapa point yang harus di perhatikan dalam proses pembuatan kesimpulan secara manual :

  • Pastikan untuk membaca kembali makalah yang sudah di buat mulai dari pendahuluan hingga penyelesaian masalah.
  • Tentukan apa saja yang menjadi kalimat utama dalam gagasan yang di buat. Pastikan untuk menggunakan kata-kata yang efektif.
  • Gunakan ide pokok dan informasi yang penting untuk di sampaikan.
  • Pastikan kesimpulan yang di buat sudah memenuhi seluruh gagasan pokok untuk mencakup seluruh makalah.

Cara membuat Kesimpulan Makalah secara otomatis

Sebenarnya bisa di katakan membuat kesimpulan dalam makalah itu lebih mudah jika di bandingkan membuat isi makalahnya. Namun kebanyakan penulis merasa malas dan ingin hasil yang instan. Oleh karena itu memilih membuat kesimpulan otomatis menjadi jalan terbaik.

Terlebih lagi ada banyak tools di internet yang bisa kamu temukan untuk membuat kesimpulan otomatis. Pada pembahasan kali ini, kita akan memanfaatkan tools Summary Generator. Selain kemudahannya dalam membuat kesimpulan, kamu bisa menggunakan Summary Generator secara gratis.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa di praktekkan untuk membuat kesimpulan karya tulis secara otomatis :

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuka makalah yang ingin di buatkan kesimpulan.
  • Selanjutnya blok semua isi teks mulai dari pendahuluan hingga penutup. (Tidak termasuk cover, daftar isi, daftar pustaka).
  • Kemudian masuk pada situs Summary Generator.
  • Tempelkan teks yang sudah di copy sebelumnya pada kolom yang tersedia.
  • Setelah semua teks sudah ditempelkan, klik Summarize.
  • Tunggu beberapa saat hingga hasil kesimpulan didapatkan.
  • Terakhir klik Copy untuk bisa menyalin hasil kesimpulan ke makalah yang sudah dibuat.

Demikian beberapa penjelasan mengenai cara membuat kesimpulan makalah secara online. Tools Summary Generator memungkinkan kamu membuat kesimpulan tanpa harus membaca ulang isi dari makalah tersebut. Selain itu hasil yang di dapatkan hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.

Baca Juga :

***