Cara Menghitung Rumus Peringkat atau Rangking di Excel

Epic99.com – Rumus Peringkat di Excel. Menjadi salah satu aplikasi yang banyak di gunakan untuk menyelesaikan pekerjaan, Microsoft Excel memungkinkan penggunaan rumus yang sesuai pada fungsinya. Hanya saja tidak semua pengguna Excel mengetahui secara rinci apa saja rumus yang bisa di gunakan.

Nah pada artikel kali ini kita akan membahas salah satu rumus Excel yang sudah tidak asing lagi yakni cara menghitung peringkat atau rangking. Simak penjelasan berikut ini !

rumus peringkat di excel

Rumus Peringkat di Excel

Rumus peringkat biasa di sebut juga dengan fungsi rank. Berfungsi untuk mengurutkan suatu data numerik yang nantinya akan di bandingkan dengan data numerik lainnya. Selain itu rank juga bisa memberi peringkat dari nilai terbesar maupun terkecil dan begitu juga sebaliknya.

Fungsi rank sendiri memiliki sintaks sebagai berikut :

  • Angka : formula yang peringkatnya ingin di temukan
  • Ref : sebuah array dari atau referensi ke daftar angka. Namun nilai non numerik pada ref akan di abaikan
  • Order : angka yang menentukan cara menetapkan peringkat

Sehingga jika data adalah 0 atau jika data di hilangkan, maka Excel akan menetapkan peringkat angka seolah-olah ref adalah daftar yang di urutkan turun. Namun apabila urutan bukan 0 nol, maka Excel menetapkan peringkat seolah-olah ref adalah daftar yang di urutkan naik.

Sebagai informasi tambahan, mencari rangking di Excel terbagi menjadi 3 yakni Rank, Rank.AVG, dan Rank.EQ. Di mana setiap penggunaan rumusnya memiliki perbedaan berdasarkan ukuran data yang di inginkan.

rumus peringkat di excel

Jenis rumus Rank

1. Fungsi Rank

Merupakan rumus yang di gunakan untuk menetukan peringkat sebuah nilai pada sekelompok daftar tertentu. Dengan kata lain, fungsi Rank sendiri berfungsi untuk mengurutkan sebuah nilai, baik dari urutan terkecil ke terbesar atau bisa juga sebaliknya.

Baca Juga:  5 Cara Promosi di Instagram Agar Jualan Laris

Penulisan rumus fungsi Rank bisa dituliskan sebagai berikut :
=RANK(Angka;Referensi;[order])

2. Fungsi Rank.EQ

Di gunakan untuk pemeringkatan nilai yang sama atau sejenis. Di mana pada metode ini juga di gunakan sebagai alternatif rumus mencari rangking di Excel dengan menggunakan fungsi rank sebelumnya.

Penulisan rumus fungsi Rank.EQ dituliskan sebagai berikut :
=RANK.EQ(Number;Referensi;[order])

3. Fungsi Rank.AVG

Terbilang cukup populer bahkan sejak tahun 2010, rumus Fungsi Rank.AVG di gunakan untuk membuat peringkat nilai pada sekelompok daftar dengan menambahkan rata-rata jumlah. Sehingga jika ada nilai yang sama, maka Excel akan menghasilkan rata-rata peringkat di kelompok tersebut.

Rumus Rank.AVG dituliskan sebagai berikut :
=RANK.AVG(C2;$C$2:$C$11;0)

rumus peringkat di excel

Cara menggunakan rumus rank agar tidak menghasilkan data ganda

Fungsi Rank dan Rank.EQ adalah untuk menghasilkan peringkat yang sama dengan nilai duplikat. Dimana jumlah duplikat pada fungsi Rannk dan Rank.EQ akan mempengaruhi peringkat selanjutnya.

Berbeda dengan Rank.AVG dimana jika terdapat angka yang duplikat maka Excel secara otomatis akan mengambil nilai rata-rata pada peringkat tersebut.

Namun untuk menghitung rumus agar tidak menghasilkan data ganda, maka penulisannya sebagai berikut :

= RANK (angka_yang_diranking , cell_range_angka , [ urutan ] ) + COUNTIF (cell_range_angka_yang_paralel_dengan_angka_yang_dirangking , angka_yang_dirangking ) – 1

Nah itulah penjelasan mengenai bagaimana cara menghitung rumus peringkat atau rangking pada Excel. Memungkinkan kamu untuk menentukan peringkat angka mulai dari yang terbesar hingga terkecil atau bisa juga sebaliknya. Selaman mencoba !

Baca Juga :

***

Baca Juga:  Cara Mengunci Rumus Excel (Proteksi) agar Tidak Berubah