Cara Mudah Melakukan Scan Barcode BPOM Tanpa Aplikasi

Scan Barcode Tanpa Aplikasi – Barcode merupakan salah satu kode unik yang sengaja di ciptakan dengan berbagaii fungsi di dalamnya. Di mana dengan barcode, kamu bisa mengunjungi tautan tertentu, membuka maps, sebagai undangan, bahkan hingga BPOM. Tahukah kamu, saat ini mengecek BPOM bisa di lakukan dengan mudah hanya dengan scan barcode. Menariknya lagi kamu tidak perlu mendownload aplikasi terlebih dahulu untuk melakukan scan barcode.

Nah langsung saja masuk pada pembahasan utama, berikut adalah cara mudah scan barcode tanpa aplikasi. Simak ulasan di bawah ini hingga akhir !

Apa itu BPOM?

Sebenarnya jika membahas tentang BPOM hampir semua orang sudah mengetahuinya. BPOM sendiri merupakan singkatan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan. Di mana ini adalah instansi khusus yang memberikan izin dari sebuah produk makanan dan obat apakah layak edar atau tidak dari bahan yang di gunakan.

Biasanya produk yang aman akan mendapatkan izin edar dari BPOM dengan memberikan kode yang bisa di cek di website resmi BPOM. Seiring berjalannya waktu, kode tersebut bisa di cek dengan mudah yakni berupa barcode.

Cara scan barcode tanpa aplikasi

Melakukan scan barcode tanpa aplikasi bisa di lakukan dengan berbagai cara. Dengan begitu kamu bebas menggunakan cara mana saja sesuai keinginan. Adapun beberapa cara di antaranya adalah :

1. Scan menggunakan website

Scan barcode bisa di lakukan menggunakan website penyedia scan. Di mana kamu tidak perlu mendownload aplikasi khusus untuk yang menguras penyimpanan. Namun pastikan terlebih dahulu kamu memiliki koneksi internet yang stabil. Selain itu saat ini sudah banyak situs penyedia scan, berikut adalah beberapa langkahnya :

  • Langkah pertama masuk pada Web QR atau situs lainnya yang di inginkan.
  • Kemudian arahkan kamera perangkat yang di gunakan ke barcode yang ingin di scan.
  • Nantinya setelah mengarahkan kamera pada barcode, maka secara otomatis Web QR akan melakukan scaning dan membuka tautan yang di hasilkan.

2. Menggunakan Google Assistant

Cara lainnya yang bisa di lakukan untuk scan barcode tanpa aplikasi adalah menggunakan Google Assistant. Simak beberapa langkah di bawah ini :

  • Buka Google Assistant pada perangkat dengan cara menahan tombol Home.
  • Kemudian setelah popup Google Assistant muncul, klik bagian Google Lens.
  • Klik Allow jika di minta persetujuan.
  • Lakukan scanning pada barcode yang ingin di scan.
  • Tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai dan tautan dari barcode muncul.

3. Fitur bawaan perangkat

Cara ini bisa di lakukan oleh perangkat yang memang memiliki fitur khusus. Untuk melakukan scan barcode tanpa aplikasi, berikut adalah beberapa langkah yang bisa di lakukan :

  • Bukalah perangkat yang kamu gunakan.
  • Kemudian tarik kebagian bawah untuk memunculkan beberapa popup yang berisi shortcut.
  • Cari fitur Pindai Kode QR.
  • Klik fitur tersebut dan arahkan kamera ke barcode yang ingin di scan.
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul tautan.

Sebagai informasi tambahan, cara ini hanya dikhususkan bagi perangkat yang memiliki fitur khusus. Oleh karena itu tidak semua perangkat bisa menggunakan cara ini.

Demikianlah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk scan barcode BPOM tanpa aplikasi. Dengan begitu kamu bisa mengetahui informasi mengenai sebuah produk lebih mudah dan cepat. Selamat mencoba !

Baca Juga :

***