Cara Mudah Track IMEI di Google Maps untuk Pemula

Track IMEI di Google Maps – Di dunia digital saat ini, memantau orang-orang yang kita cintai dan memastikan keselamatan mereka adalah hal yang sangat penting. Meskipun benar bahwa Google Maps tidak secara langsung membantu Anda melacak ponsel anak Anda, ada metode dan alat alternatif yang dapat membantu Anda. Artikel ini akan memandu Anda dan menunjukkan cara melacak ponsel anak Anda tanpa nomor IMEI dan berbagai aplikasi. Mari kita mulai.

Apa Itu Nomor IMEI ?

Identitas Peralatan Seluler Internasional (IMEI) adalah kode unik 15 digit yang di tetapkan untuk setiap ponsel, yang berfungsi sebagai pengidentifikasi perangkat keras. Produsen, operator, dan penyedia jaringan menggunakan nomor IMEI untuk mengidentifikasi dan memblokir ponsel yang hilang atau di curi.

Untuk menemukan nomor IMEI ponsel Android Anda, tekan *#06# atau navigasikan ke aplikasi Setelan ponsel, pilih “Tentang Ponsel”, dan pilih “Status” atau “Identitas Ponsel” jika itu Android.

Di iPhone, temukan nomor IMEI di aplikasi Pengaturan di bawah “Umum” dan kemudian “Tentang”. Simpan nomor IMEI Anda dengan aman, karena dapat membantu memulihkan ponsel Anda jika hilang atau di curi dan memverifikasi status garansi ponsel Anda.

Apa Itu Google Maps ?

Google Maps adalah alat gratis dan dapat di akses yang memungkinkan pengguna berkeliling dunia secara virtual dan menjelajahi bumi tanpa perlu keluar rumah. Yang Anda perlukan untuk mengakses Google Maps hanyalah komputer atau perangkat seluler!

Google Maps memiliki Versi berbeda: Google Maps Pro, Earth Engine, dan Enterprise. Ada banyak hal menarik berbeda yang dapat Anda lakukan saat menjelajahi Google Maps. Anda dapat memperbesar atau memperkecil lokasi atau negara pilihan Anda, mencari alamat atau landmark tertentu, dan bahkan melakukan tur virtual ke situs terkenal atau seluruh kota!

Jadi, bagaimana sebenarnya cara kerja Google Maps dalam memberikan data yang akurat kepada kita? Ya, ia mengumpulkan informasi dari satelit dan pesawat yang mengambil berbagai foto permukaan bumi berkualitas tinggi. Selain itu pengguna dapat menjelajahi dunia maya ini dengan melakukan navigasi cukup dengan mengakses website atau mendownload aplikasi gratis.

Bisakah Track IMEI di Google Maps?

Google Maps tidak dapat melacak lokasi ponsel menggunakan nomor IMEI-nya. Nomor IMEI adalah pengidentifikasi unik untuk perangkat keras ponsel dan tidak memberikan informasi apa pun tentang lokasinya. Google Maps tidak memiliki data lokasi waktu nyata dari perangkat seluler, dan tidak menawarkan alat apa pun sehingga tidak ada pelacakan nomor IMEI gratis melalui Google Maps.

Namun, Google Maps dapat digunakan untuk melacak lokasi ponsel jika Anda memiliki akses ke koordinat GPS-nya atau jika Anda mengetahui lokasi menara seluler yang terhubung dengannya. Banyak ponsel cerdas modern memiliki penerima GPS internal yang memungkinkan mereka menentukan lokasi secara akurat. Jika Anda mengetahui koordinat GPS ponsel, Anda dapat memasukkannya ke Google Maps untuk melihat lokasi ponsel di peta.

Meskipun Google Maps tidak dapat melacak ponsel menggunakan nomor IMEI, alat dan layanan alternatif dapat membantu tugas ini dan membantu melacak nomor IMEI melalui Google Maps.

Cara Cek Lokasi Ponsel Melalui Google Maps

1. Aktifkan Layanan Lokasi

Aktifkan layanan lokasi di ponsel yang ingin Anda lacak. Di Android, navigasikan ke Pengaturan > Lokasi, dan di iOS, buka Pengaturan > Privasi > Layanan Lokasi.

2. Instal Google Maps

Unduh dan pasang Google Maps di komputer atau perangkat seluler Anda. Ini kompatibel dengan Windows, macOS, Android, dan iOS. Unduh dari situs web Google Maps atau toko aplikasi perangkat Anda.

3. Masuk dengan Akun Google Anda

Masuk ke Google Maps menggunakan Akun Google yang terkait dengan ponsel yang ingin Anda lacak. Langkah ini diperlukan untuk mengakses data lokasi dan melacak nomor IMEI melalui Google Maps.

4. Buka Garis Waktu Google Maps

Luncurkan Google Maps di komputer atau perangkat seluler Anda dan klik opsi “Garis Waktu Google Maps” di menu. Tindakan ini akan mengarahkan Anda ke situs web Timeline Google Maps.

5. Pilih Tanggal dan Perangkat

Pilih tanggal di mana Anda ingin melihat riwayat lokasi ponsel. Jika beberapa perangkat terhubung ke Akun Google yang sama, pilih perangkat yang ingin Anda lacak dari menu tarik-turun.

6. Periksa Data Lokasi

Timeline Google Maps menampilkan riwayat lokasi perangkat yang dipilih untuk tanggal yang ditentukan. Anda juga bisa meninjau tempat-tempat yang dikunjungi, rute yang diambil, dan waktu yang dihabiskan di setiap lokasi. Klik pada lokasi atau waktu tertentu untuk lebih jelasnya.

7. Pelacakan Lokasi Waktu Nyata

Untuk pelacakan lokasi waktu nyata, gunakan fitur Temukan Perangkat Saya di Android atau Cari Milik Saya di iOS, karena Google Maps tidak menawarkan pelacakan waktu nyata secara default.

Baca Juga :

***