Cara Daftar Facebook Creator untuk Hasilkan Cuan

cara daftar facebook creator – Saat ini, menurut laman Influencer Marketing Hub Werner Geyser, Facebook memiliki pengguna aktif bulanan sebanyak lebih dari 2 miliar pengguna, di mana dalam setiap harinya, ada 1,37 miliar pengguna aktif media sosial tersebut. Meskipun dianggap kuno, popularitas Facebook justru seakan tidak kunjung padam.

Dengan Facebook, pengguna dapat melakukan berbagai aktivitas, mulai dari bertukar pesan, berbagi informasi tentang diri sendiri, mengunggah foto, teks, serta video, melakukan live streaming, dan berbagai hal lainnya. Platform media sosial milik Meta tersebut juga dapat digunakan untuk menghasilkan uang, salah satunya dengan memonetisasi video yang diunggah ke Facebook.

Metode untuk Mencari Uang dari Facebook

Dilansir dari laman Meta for Creators, ada beberapa cara lainnya untuk menghasilkan uang melalui Facebook, yaitu :

1. Mengaktifkan fitur Langganan

Cara daftar facebook creator yaitu dengan mengaktifkan fitur berlangganan, kreator dapat membuat konten premium menjadi lebih ekslusif, sehingga membuat audiens harus membayar biaya langganan bulanan untuk menikmati konten tersebut, serta mendapatkan item lainnya. Cara tersebut dilakukan untuk mendukung kreator agar dapat membuat berbagai macam konten lainnya dengan kualitas premium.

Selain itu, sebagai ucapan terima kasih, kreator juga dapat memberikan keuntungan tambahan dengan menawarkan diskon khusus untuk merchandise, siaran langsung khusus bagi audiens yang sudah berlangganan, dan penawaran tambahan lainnya.

2. Facebook Stars

Apakah Anda pernah tahu skema “sawer” di live streaming? Fitur Stars dari Facebook ini, sistemnya kurang lebih sama. Hanya saja audiens harus membeli paket Stars/Bintang lebih dulu. Setelah itu, audiens baru bisa memberi saweran pada streamer dengan Bintang tersebut

Anda akan mendapatkan komisi 1 sen untuk setiap Bintang yang Anda terima ketika live stream. Sayangnya fitur ini menggunakan sistem undangan. Jadi tergantung pihak Facebook akan memberikan undangan pada Anda atau tidak.

Di sisi lain, Facebook juga memiliki program Level Up. Mengikuti program itu merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari Facebook Gaming. Pasalnya setelah Anda lolos program Level Up, fitur Stars bisa Anda aktifkan.

Jadi, Fitur Stars di Facebook merupakan fitur yang memungkinkan audiens memberikan “bintang” sebagai cara untuk memberikan apresiasi kepada kreator yang melakukan siaran langsung, membuat konten on-demand, foto, atau teks. Setiap satu “bintang” yang diterima kreator, Meta akan membayar sebesar USD $0,01 atau sekitar Rp 155. Untuk memunculkan fitur “bintang”, kreator harus mendaftar terlebih dahulu serta mematuhi beberapa persyaratan tertentu.

3. Fitur Monetisasi Konten di Facebook

Cara daftar facebook creator Meta menawarkan fitur monetisasi yang dapat menghasilkan uang bagi kreator melalui postingan, video, dan Halaman mereka di Facebook. Ada tiga nilai utama yang ditawarkan oleh fitur monetisasi di Meta bagi kreator, yaitu pengajuan dan onboarding yang mudah, kelayakan yang bisa dipahami, serta analitik platform tunggal. Untuk mendaftar fitur monetisasi, kreator harus memenuhi syarat dan melewati beberapa proses pengajuan.

4. Kolaborasi dengan Merek

Fitur Pengelola Kolaborasi Merek di Facebook merupakan fitur yang mempermudah suatu merek untuk menemukan dan menjangkau para kreator untuk menjalin kemitraan konten bermerek. Untuk menjalin kerja sama dengan suatu merek, kreator konten dapat membuat semacam portofolio berisi video unggulan dan beberapa hal seperti minat, postingan favorit, serta lokasi. Kreator konten yang telah memenuhi syarat bisa mendaftar ke laman berikut ini.

5. Iklan In-Stream untuk daftar facebook creator

Anda tentu sudah familiar dengan konsep monetisasi iklan di Youtube.  Sederhananya, Anda bisa memasukan iklan dari Google Ads ke dalam video. Setelah itu, Anda bisa mendapatkan komisi berdasarkan jumlah penayangan iklan dan klik iklan. Nah, Facebook juga mengadopsi konsep tersebut.

Anda bisa mengunggah konten video di Facebook dan menempatkan iklan di dalamnya. 

Menariknya, iklan In-Stream ini tidak hanya bisa diaplikasikan pada video on-demand yang Anda upload, tapi juga di live streaming. 

Ini merupakan cara mendapatkan uang dari Facebook fanpage. Maka dari itu, Anda wajib memiliki Halaman terlebih dahulu.

Namun, untuk bisa mengaplikasikan iklan In-Stream, Anda harus memenuhi kelayakan dari Facebook, misalnya:

  • Anda harus memiliki “Halaman”, minimal 10 ribu pengikut. Video yang bisa Anda monetisasi, harus Anda upload di Halaman, bukan Profil.
  • Di halaman Anda terdapat setidaknya 5 video yang aktif. Video tersebut harus original dan autentik.
  • Video milik Anda harus menghasilkan 600 ribu menit penayangan dalam 60 hari terakhir.
  • Video live streaming berhasil ditonton setidaknya 60 ribu menit, dari 600 ribu total menit ditonton. Syarat ini untuk Anda yang ingin memasang iklan In-Stream di live streaming.
  • Berusia minimal 18 tahun dan tinggal di negara yang memenuhi syarat. Untunglah, Indonesia sudah memenuhi syarat.
  • Sebagai creator Anda wajib memenuhi dan terus mematuhi Kebijakan Monetisasi Partner.

Untuk mengetahui status kelayakan Anda, cek di halaman Facebook for Creator. Jangan lupa untuk login dulu pada saat membukanya.

6. Instant Article/Artikel Instan

Instant Article merupakan fitur dari Facebook untuk membuka artikel secara instan (4,9x lebih cepat). Ketika Anda mengklik suatu postingan artikel, artikel itu akan langsung terbuka tanpa melalui browser.

Banyak media-media besar yang mengoptimalkan fitur ini untuk menggaet pembaca dari Facebook. Selain itu, pengelola media juga bisa memonetisasi konten yang mereka terbitkan sebagai Instant Article. Nah, bukan hanya media besar yang bisa menggunakan fitur ini. Anda pun bisa. Dengan catatan, Anda memiliki blog yang terkonsep dan profesional (sudah self hosting & menggunakan top level domain). 

Jika belum memilikinya, Anda bisa membuatnya dulu. Gunakan Jogjahost untuk menghosting blog Anda dan mendaftarkan domain. 

Untuk memonetisasinya, Anda nanti bisa menampilkan iklan dari Audience Network

Untuk bisa menerapkan fitur ini, ada beberapa konfigurasi yang harus Anda lakukan. Anda bisa melihat panduannya di sini.

7. Fan Subscription untuk daftar facebook creator

Dengan fitur Fan Subscription, Anda bisa mendapatkan uang dari biaya langganan audiens setia Anda. 

Sebagai gantinya, Anda harus memberikan konten khusus atau keistimewaan lain pada audiens yang sudah rela berlangganan. 

Pihak Facebook juga memfasilitasi fitur private group untuk member berlangganan.

Harga dan keuntungan bagi member berlangganan bisa Anda atur dan sesuaikan sendiri. 

Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda masih harus memenuhi syarat kelayakannya, misal:

  • Memiliki 10 ribu pengikut di Halaman. Selain itu, setidaknya ada 250 pengikut yang aktif kembali ke halaman Anda secara mingguan.
  • Seluruh postingan di Halaman Anda setidaknya bisa menuai 50 ribu interaksi dalam 60 hari terakhir.
  • Khusus untuk konten video, setidaknya bisa mendapatkan watch time 180 ribu menit dalam 60 hari terakhir.
  • dll.

 8. Branded Content untuk daftar facebook creator

Sederhananya, Branded Content ini merupakan skema endorsement.

Jadi Anda bekerja sama dengan sebuah brand yang ingin mempromosikan produk atau layanannya. Kemudian, Anda membuat konten yang membantu brand tersebut untuk melakukan promosi.

Bagaimana untuk terhubung dengan brand? Nah, Facebook memfasilitasinya dengan fitur Brand Collaboration Manager.

Syarat yang harus Anda penuhi untuk bisa menjalankan metode monetisasi branded content, yaitu:

  • Halaman yang Anda kelola sudah memiliki minimal 1.000 pengikut.
  • Setidaknya ada 15 ribu interaksi dari seluruh postingan di Halaman Anda.
  • Semua video di halaman Anda paling tidak mencapai 180 menit penayangan dalam 60 hari terakhir.
  • Selama 60 hari terakhir, bisa mencapai 30 ribu tayangan 1 menit, pada video dengan durasi minimal 3 menit.
  • dll.

Jenis konten yang nantinya Anda buat, bisa menggunakan semua jenis postingan Facebook, misalnya: video, tulisan, foto, stories, carousel, dll.

Sebenarnya Anda bisa saja menerbitkan branded content menggunakan postingan organik. Namun, untuk meningkatkan jangkauannya, Anda juga bisa menerbitkannya sebagai iklan. 

Di setiap branded content yang Anda buat, Anda harus menandai brand yang jadi mitra.

9. Affiliate Marketing untuk daftar facebook creator

Daftar list di atas merupakan sistem monetisasi resmi dari Facebook. Tapi sebagai content creator, masih ada beberapa celah yang bisa Anda manfaatkan untuk meraup lebih banyak uang.

Jika syarat kelayakan dari 5 hal di atas sudah berhasil Anda penuhi, bisa dipastikan Anda sudah memiliki basis massa. Nah, basis massa tersebut bisa Anda jadikan target affiliate marketing atau program afiliasi. Tapi perhatikan dengan seksama syarat program afiliasi yang Anda ikuti. Pasalnya, beberapa program afiliasi tidak mengizinkan promosi di iklan Facebook. Jika batasannya hanya seperti itu, Anda masih bisa menyebarkan kode referral menggunakan postingan organik. Tapi bagaimana jika ada program afiliasi yang juga tidak mengizinkan promosi di postingan organik Facebook? 

Jika kondisinya seperti itu, Anda harus membuat posting blog lebih dulu. Setelah itu, daftar facebook creator manfaatkan Facebook Anda untuk menyebarkan postingan blog tersebut. Anda juga bisa memanfaatkan iklan Facebook untuk meningkatkan jangkauan.

Penutup

Meski Facebook terkesan ketinggalan zaman, nyatanya di Indonesia penggunanya masih sekitar 171,8 juta (per Januari 2021). Penggunanya pun cukup aktif.

Sebelumnya, wahana bagi content creator mencari pendapatan ada di Youtube dan Instagram. Sekarang, Facebook bisa jadi alternatif tambahan.

Setelah membaca artikel tentang cara mendapatkan uang dari Facebook, apakah Anda tertarik mencobanya?. Jangan lupa baca juga Rekomendasi Aplikasi Green Screen Terbaik Android