Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Laptop dengan Mudah

Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Laptop – Salah satu jenis malware yang paling umum membuat dokumen palsu pada perangkat komputer dan flashdisk adalah virus shortcut. Salah satu tanda-tanda laptop terkena virus shortcut adalah munculnya file palsu database.mdb, yang dapat membahayakan perangkat Anda apabila dibuka.

Bagaimana cara menghapus virus shortcut dari laptop, komputer, dan flashdisk? Baca artikel berikut untuk menemukan jawabannya!

Baca Juga : Cara Mematikan Antivirus Windows 11 dengan Mudah

Ciri-Ciri Laptop terkena Virus Shortcut

Salah satu jenis malware adalah virus shortcut, yang dapat menyerang komputer, laptop, atau flashdisk. Virus shortcut dapat membuat dokumen penting tidak dapat dibuka, meskipun tidak cukup berbahaya. Untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik, perhatikan beberapa fitur perangkat yang terkena virus shortcut berikut ini.

Komputer Anda memiliki file shortcut palsu: file induk database.mdb di bagian MyDocuments; file autorun.inf di setiap folder, drive, dan flashdisk; file thumb.db dan dokumen.lnk di dalam drive; dan file proses wscript.exe di sistem operasi laptop atau komputer.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Laptop

Setelah Anda memahami beberapa karakteristik perangkat yang terkena virus shortcut, Anda juga perlu tahu cara menghilangkan virus tersebut. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menghapus virus shortcut Windows dan jenis lainnya.

1. Melalui Folder %temp%

Salah satu metode untuk menghilangkan virus shortcut pada laptop dan komputer adalah dengan menggunakan folder sementara atau %temp% untuk menyimpan dokumen tertentu.

Ini adalah cara menghapus virus shortcut menggunakan %temp%.

  • Untuk membuka jendela Run, tekan kombinasi Windows dan R pada keyboard.
  • Setelah itu, ketikkan “%temp%” di bagian Open dan tekan Enter.
  • Apabila folder temporary sudah terbuka, cari dokumen bernama nkvasyoxww.vbs.
  • Klik kanan folder dan tekan Delete. Setelah itu, virus shortcut perangkat Anda akan dihilangkan.

2. Melalui System Configuration

Salah satu cara untuk menghilangkan virus shortcut di Windows 8 dan sistem operasi lainnya adalah dengan menggunakan Konfigurasi Sistem. Salah satu alat sistem operasi Windows yang tersedia untuk mendeteksi masalah komputer, seperti mendeteksi virus, adalah Konfigurasi Sistem. Sebagai contoh, cara menghapus virus shortcut menggunakan Konfigurasi Sistem adalah sebagai berikut.

  • Untuk membuka jendela Run, tekan kombinasi Windows dan R pada keyboard.
  • Saat terbuka, Anda dapat mengetikkan “msconfig” di bagian Buka. Ini akan membuka halaman Konfigurasi Sistem. Anda dapat menghapus virus shortcut dari menu Startup.
  • Setelah itu, pilih menu Open Task Manager. Cari file bernama nkvasyoxww.vbs. Klik kanan file, lalu klik Disable.
  • Virus shortcut di komputer atau laptop biasanya akan hilang setelah melakukan prosedur ini.

3. Registry

Cara berikutnya untuk menghilangkan virus shortcut di komputer dan laptop adalah dengan menggunakan Registry. Cara menggunakan Registry adalah sebagai berikut.

  • Untuk masuk ke menu Registry, tekan Windows dan R di keyboard untuk membuka jendela Run. Setelah itu terbuka, ketik regedit di bagian Open dan klik OK.
  • Kemudian jendela Editor Registry akan terbuka. Anda juga dapat mengaksesnya melalui menu HKEY_CURRENT_USER/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Run.
  • Kemudian, cari kunci registri cbxghsrjgbdds dan odwcamszas. Jika Anda menemukannya, klik kanan dan tekan Delete. Jika Anda tidak menemukannya, cari kunci registri dengan nama yang mirip dan aneh, lalu lakukan hal yang sama untuk menghapusnya.