Cara Menghilangkan Noise pada Audio dengan AI

Cara Menghilangkan Noise pada Audio – Anda pasti pernah mendengar istilah “penghapusan suara” pada headset, headphone, TWS, dan microphone yang di jual. Suara yang tidak di inginkan atau gangguan dalam sinyal audio di kenal sebagai gangguan audio. Suara ini dapat berasal dari berbagai sumber dan dapat mengganggu rekaman atau reproduksi audio. Bagaimana cara mengurangi suara?

Produser atau editor suara menggunakan berbagai metode pengolahan suara untuk mengurangi suara bising, seperti menggunakan pintu bising, menggunakan algoritma untuk menghilangkan bising, atau bahkan merekam ulang jika mungkin. Namun, ada banyak aplikasi yang dapat mengurangi suara saat ini. Selengkapnya, lihat di bawah ini!

Cara menghilangkan Noise Audio menggunakan AI

1. Lexis Audio Editor

Aplikasi penghilang suara terbaik yang dapat di gunakan secara gratis untuk smartphone Android adalah Lexis Audio Editor. Aplikasi ini memiliki fitur editor pengurangan suara otomatis dan memungkinkan pengeditan file audio dengan berbagai fitur unggulan, termasuk pengeditan audio terperinci, tempo, kecepatan, kompresor, dan penyesuaian nada.

Selain itu, dengan fitur Pengurangan Suara, aplikasi ini dapat menghilangkan suara bising dari video. Pengguna dapat melakukan penyesuaian dan pengujian sebelum menyimpan hasil akhir.

Download Lexis Audio Editor

2. Reduce Noise in Audio

Aplikasi Reduce Noise in Audio adalah alat praktis untuk mengurangi suara pada file audio atau video. Meskipun di rancang khusus untuk file audio, aplikasi ini juga dapat di gunakan untuk video, dengan fitur pemangkasan dan konverter audio, serta kemampuan untuk melakukan perekaman suara langsung. Aplikasi ini juga mendukung berbagai format file. Sangat menarik bahwa semua fitur tersebut tersedia secara gratis.

Download Reduce Noise in Audio

3. AI Adobe Enhance Podcast

Dengan menghilangkan bising dan mempertajam ucapan kata artikulasi, AI ini dapat memperbaiki kualitas suara pengguna. Adobe Podcast membuatnya dan tersedia secara gratis untuk semua orang. Tidak perlu mengunduh aplikasi; cukup buka situs web resmi Adobe Enchance dan upload rekaman suara yang ingin di hilangkan suara.

Download AI Adobe Enhance Podcast

4. Audacity

Audacity adalah perangkat lunak pengurangan suara gratis, open-source, dan lintas platform yang mudah di gunakan yang ideal untuk pengeditan suara dasar. Ini memiliki fitur seperti pengurangan suara otomatis dan pratinjau sebelum menyimpan perubahan.

Meskipun gratis, Audacity memiliki beberapa kelemahan, seperti kemungkinan masalah saat digunakan dan kualitas rekaman yang kurang baik dibandingkan dengan perangkat berbayar. Namun, sebagai alat pembelajaran, Audacity memberi pemula pengalaman yang bermanfaat dalam pengeditan audio.

Download Audacity

5. AndroSound Audio Editor

Aplikasi AndroSound Audio Editor memungkinkan pengguna dengan mudah menghilangkan suara mengganggu dari rekaman audio dan video. Dengan fitur pengurangan suara yang mudah diaktifkan, pengguna dapat merekam suara langsung dan melihat perbedaan dalam hasil rekaman yang lebih baik.

Aplikasi ini mendukung berbagai format audio dan video, seperti MP3, ACC, FLAC, dan WAV. Selain itu, memiliki kemampuan untuk mengekstrak audio dari video, menambah efek echo, mengubah tempo audio, menggabungkan audio, dan merekam audio.

Download AndroSound Audio Editor

6. Super Sound

Super Sound adalah aplikasi multifungsi untuk mengedit suara dan menghilangkan noise. Dengan fitur penghilang noise otomatis, pengguna dapat dengan mudah mendapatkan suara yang lebih jernih dan jelas, dan mereka dapat menyesuaikan hasilnya secara manual jika perlu.

Selain itu, fitur lain yang tersedia secara gratis di aplikasi ini termasuk pengubahan suara, menghapus vokal, editing audio dan video, dan konversi audio dan video ke MP3. Tampilannya sederhana, dan berbagai kategori pengeditan suara mudah diakses oleh pengguna.

Download Super Sound

Baca Juga :

***