catur

Bagi Anda penggemar permainan catur, aplikasi catur online dapat Anda mainkan dengan sangat mudah. Baik melalui HP di Android maupun di website Anda akan memperoleh pengalaman bermain game catur yang menyenangkan. Beberapa waktu lalu warganet heboh dengan berita mengenai akun Dewa_Kipas yang melawan akun GothamChess dan bermain di Chess.com.

Akun Dewa_Kipas memenangkan permainan dan tertuduh melakukan kecurangan saat bermain di situs tersebut. Akhir ceritanya akun Dewa_Kipas terhapus di situs Chess.com dan berbuntut panjang menjadi rama di media sosial dan internet.

Terlepas dari itu semua, dunia percaturan Indonesia kembali menggeliat dan memberikan angin segar bagi kejuaraan olahraga asah otak ini. Banyak orang yang mulai kembali memainkan catur baik secara fisik maupun secara online. Dan ada beberapa rekomendasi untuk Anda yang ingin bermain catur online secara praktis tanpa ribet yaitu:

1. Chess-Clash Of King

Aplikasi catur online ini menjadi populer sebab dalam permainannya pengguna bisa bermain multiplayer dengan teman atau orang lain asalkan terhubung dengan jaringan internet. Selain itu game ini merupakan keluaran dari Chess & Checkers games yang sudah memiliki jumlah downloaders lebih dari 10 juta orang di Play Store dengan rating 4,5/5.

Chess – Clash of Kings juga tergolong unik karena memiliki fitur “Undo”. Dengan menggunakan fitur ini, pemain dapat mengatur ulang gerakan catur yang sebelumnya telah Anda gerakkan. Pada game ini, terdapat 10 tingkat level kesulitan yang bisa pemain pilih.

2. Aplikasi Catur Online : Chess Royale

Game catur keluaran XTEN LIMITED ini memiliki rating 4,3/5 dan sudah diunduh lebih dari 5 juta orang di dunia. Dalam permainannya, game Chess Royale menggunakan sistem online dan offline. Sistem online tersedia untuk para penggunanya yang ingin bermain dengan lawan akun sungguhan di dunia maya.

Seperti game catur online kebanyakan, Chess Royale turut menawarkan beragam mode permainan catur. Meski demikian, game ini hanya menyediakan lima mode saja. Pemain juga dapat melakukan kustomisasi desain bidak dan bidang papan catur. Kustomisasi ini bisa dilakukan secara gratis dengan menyelesaikan tantangan yang ada. Selain itu, pengguna juga dapat mendapatkan skin desain secara instan yakni dengan melakukan pembelian di dalam game.

3. Chess Free

aplikasi catur online

Chess Free adalah game populer tentang catur yang sudah ada sejak lama. Game keluaran Al Factort Limited ini sudah di download hampir 50 juta pengguna dan memilki rating 4,5/5 di Play Store. Permainan Chess Free menjadi populer karena sistem dalam game ini sangat simple bagi para pemula yang ingin bermain catur.

Chess Free turut menyediakan mode bernama Chess Tutor, yang memungkinkan pemain untuk mempelajari strategi gerakan di dalam permainan catur. Chess Free menawarkan 12 tingkat mode kesulitan, yakni mulai dari level pemula (novice) hingga tingkat profesional (expert). Game ini juga tergolong ramah untuk pemain pemula.

4. Aplikasi Catur Online : Lichess

Serupa dengan permainan catur online lainnya, Lichess turut menyuguhkan berbagai macam mode yang bisa Anda mainkan. Pemain bisa memilih untuk bermain pada mode Bullet, Blitz, hingga Classical. Lichess juga memiliki tampilan interaktif yang mampu memudahkan pemain dalam memantau performa bermain mereka.

Adapun tampilan tersebut tersaji dalam bentuk grafik, yang menghitung skor dan banyaknya jumlah permainan yang sudah Anda mainkan.

5. Chess-Play And Learn

Game ini dikembangkan oleh situs Chess.com, platform catur online. Game catur online ini dapat Anda mainkan melawan komputer atau pemain lain atau mengikuti bergabung dengan turnamen secara online. Selain itu, pemain game ini bisa memainkan teka-teki berbasis catur untuk meningkatkan dan mengasah keterampilannya. Bahkan ada video tutorial dan pelajaran untuk mempercepat pemula.

Itulah beberapa game catur online yang dapat Anda mainkan di waktu senggang. Olahraga otak ini cukup menghibur dan bermanfaat bagi kecerdasan otak Anda.

By Mita