Advertisements
studio ghibli

Buat Anda penggemar anime, mungkin tidak asing lagi dengan anime terbaik Ghibli. Studio ini adalah salah satu produsen film-film terbaik yang ceritanya sangat menggugah penonton. Ghibli merupakan rumah produksi animasi di Jepang yang mendapatkan predikat sebagai studio terbaik dengan hiasan anime legendaris dari tahun 80-an.

Ghibli yang berbasis di Koganei, Tokyo, Jepang kebanyakan menyajikan karya anime dalam bentuk film. Selain itu juga berhasil memikat hati para penggemar karena anime karena memiliki banyak pesan nilai moral dan sangat berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Belum lagi kualitas gambar yang mereka hasilkan juga sangat indah dan ciamik.

Studio Ghibli telah membuat banyak anime terbaik sepanjang masa. Bahkan ada yang bilang, sebelum meninggal, seseorang harus menonton film mereka.

Rekomendasi Anime Terbaik Ghibli

Beragam cerita yang menarik menjadi bahasan dan inspirasi cerita dari anime ini. Yuk simak anime mana saja yang menarik dan cocok untuk jadi tontonan Anda.

My Neighbor Totoro, Anime Terbaik Ghibli

anime terbaik ghibli totoro

My Neighbor Totoro mengisahkan tentang Satsuki dan Mei yang baru saja pindah bersama keluarganya ke pedesaan. Ayah mereka adalah seorang profesor dan ibunya sedang sakit menjalani perawatan di rumah sakit. Di sekitar rumah yang baru mereka tinggali, Satsuki dan Mei bertemu dengan banyak makhluk asing yang lucu, salah satunya Totoro. Mereka pun sering bermain bersama makhluk-makhluk tersebut.

Dengan durasi 86 menit, pesan moral tentang kekeluargaan yang hangat mampu membuat penonton hanyut dalam ceritanya. Lewat polah tingkah Satsuki yang berani dan Mei yang ceria namun keras kepala mampu membuat penonton ikut tertawa. Meski Ghibli memproduksinya di tahun 1988 akan tetapi anime ini masih menarik hati penontonnya.

Spirited Away

spirited away

Spirited Away adalah salah satu film tersukses dari Ghibli. Anime ini menceritakan petualangan Chihiro, gadis 10 tahun yang sedang dalam perjalanan pindah ke kota baru bersama orang tuanya. Saat dalam perjalanan, mereka tak sengaja menemukan taman bermain yang terbengkalai, yang ternyata merupakan gerbang antara kehidupan manusia dan alam gaib.

Kedua orang tua Chihiro membuat kesalahan dengan memakan sajian makanan tanpa izin, yang membuat penghuni dunia roh mengamuk. Akibat keteledoran itu, roh yang meninggali tempat itu mengubah wujud kedua orang tua Chihiro menjadi babi. Cerita semakin menarik saat Chihiro harus bekerja di dunia roh demi menyelamatkan orang tuanya. Untung, ia bertemu seseorang bernama Haku yang membantunya menyelamatkan kedua orang tua Chihiro.

Berdurasi 125 menit, Spirited Away berhasil meraih Piala Oscar sebagai film animasi terbaik pada tahun 2002.

Ponyo

ponyo

Ponyo berkisah tentang seorang gadis kecil berwujud ikan yang tinggal di lautan. Layaknya kisah Ariel dari kisah klasik Disney yang menginginkan wujud manusia karena jatuh cinta. Ponyo juga ingin berubah menjadi seorang gadis kecil karena ingin berteman dengan seorang anak lelaki bernama Sosuke. 

Di antara film Studio Ghibli yang lain, Ponyo adalah salah satu film yang cocok menjadi konsumsi anak-anak. Jalan cerita yang ringan dengan tingkah polos Ponyo dan Sosuke sangat pas menjadi tontonan akhir pekan.

Grave of The Fireflies

anime terbaik ghibli grave of the fireflies

Kisah anime ini sangat menyedihkan. Film anime satu ini mengambil inspirasi dari kisah nyata pada zaman perang dunia ke-II yang membuat hampir seluruh penontonnya bercucuran air mata. Tak ayal, film anime yang satu ini mendapat predikat sebagai salah satu film tersedih sepanjang masa.

Anime ini menceritakan tentang dua saudara kandung yang menjadi yatim piatu setelah serangan udara Perang Dunia II. Mereka berjuang untuk mempertahankan rasa kenormalan dan kepolosan seperti anak kecil, meski seolah tidak ada harapan lagi untuk dapat hidup dengan normal. Di sinilah letak perjuangan keduanya yang memberikan kisah sangat indah sekaligus menyayat hati.

Film anime yang dirilis pada 16 April 1988 silam ini lebih menekankan kepada wujud tanggung jawab dan keteguhan hati dari kedua anak kecil yang harus hidup dalam kesulitan.

The Tale of Princess Kaguya

the tale of princess kaguya

Film ini rilis tahun 2013 dan salah satu film Ghibli yang terbilang cukup baru. Ceritanya mengembil dari cerita rakyat Jepang dengan judul yang sama. Bercerita tentang pasangan petani bambu yang menemukan bayi perempuan cantik dari tunas bambu. Ia bernama Hime dan petani tersebut meyakini bahwa Hime adalah berkat dari surga dan mereka harus merawatnya dengan baik sebagai seorang putri berderajat tinggi.

Film animasi satu ini merupakan salah satu koleksi Studio Ghibli dengan kisah yang cukup berat. Memadukan genre drama dan supernatural yang mengandung berbagai gejolak emosi. Kita akan tertawa, sedih, dan frustasi melihat gejolak Hime sebagai seorang gadis dengan pesona ajaibnya.

Itulah beberapa rekomendasi film anime dari studio Ghibli. Siapkan tissue yang banyak karena akan menguras emosi Anda.

By Mita