anime mirip fullmetal alchemist

Bagi para pecinta fantasi, Fullmetal Alchemist merupakan salah satu serial manga dan anime terbaik yang juga dapat masuk dalam kategori dark fantasy. Fullmetal Alchemist memimpin industri manga dan anime di Jepang sepanjang tahun 2000-an dan sejauh ini telah beredar lebih dari 70 juta kopi! Bagi kamu yang masih belum bisa melupakan kesesuran dari anime ini, berikut ada rekomendasi anime mirip fullmetal alchemist yang bisa kamu saksikan. Gak kalah seru deh.

1. The Heroic Legend of Arslan

The Heroic Legend of Arslan

Anime The Heroic Legend of Arslan merupakan manga dengan genre fantasi sejarah  karya Hiromu Arakawa, yang merupakan seniman manga dari Fullmetal Alchemist itu sendiri. Adaptasi manganya dirilis dari tahun 2013 sebagai remake. Musim pertama adaptasi anime rilis pada tahun 2015, dan musim keduanya, yakni The Heroic Legend of Arslan: Dust Storm Dance tayang pada tahun 2016.

Ceritanya sendiri merupakan hasil inspirasi dari Timur Tengah di era abad pertengahan dan berpusat pada Arslan, yang merupakan putra mahkota kerajaan Pars. Ketika Pars diserang oleh negara Lusitania, Arslan bertarung untuk merebut kembali kendali atas Pars.

2. Anime Mirip Fullmetal Alchemist: Silver Spoon

Anime Mirip Fullmetal Alchemist: Silver Spoon

Penggemar Fullmetal Alchemist  pasti akan menyukai karya lain dari Hiromu Arakawa, yakni Silver Spoon. Bersanding dengan Fullmetal alchemist, manga yang satu ini juga masuk deretan yang paling populer. Manga dengan tema slice-of-life ini tayang di Weekly Shonen Sunday sejak tahun 2011 sampai dengan tahun 2019. Sedangkan, untuk versi animenya sendiri memiliki dua musim yang tayang di tahun 2013 serta 2014.

Silver Spoon menceritakan tentang siswa bernama yugo hachiken yang bersekolah di sekolah pertanian menengah atas, Hokkaido. Kamu akan menyaksikan kehidupan karakter utama dengan teman kelasnya yang seru.

Anime yang satu ini mungkin berbeda dengan fullmetal alchemist yang penuh dengan adegan pertempuran, namun anime ini memiliki representasi dari fullmetal alchemist. Kamu akan memahaminya setelah menonton.

3. Anime Mirip Fullmetal Alchemist: Violet Evergarden

Violet Evergarden

Anime mirip fullmetal alchemist selanjutnya adalah Violet Evergarden. Awalnya, anime ini merupakan novel ringan karya Kana Akatsuki yang terbit pada tahun 2015 sampai 2020. Untuk adaptasi animenya sendiri yakni pada tahun 2018, dan adaptasi filmnya rilis pada tahun 2019 dan 2020.

Berfokus pada karakter utama yakni Violet Evergarden yang menghadapi perang besar. Violet Evergarden berlatar di Eropa,  memiliki kemiripan dengan nuansa Fullmetal Alchemist. Pertempuran dalam anime ini mungkin tidak segahar pada fullmetal alchemist, namun emosi dan haru tak kalah membuat hati teriris.

BACA JUGA: 5 Anime Horor Terbaik yang Bikin Merinding

4.  Attack on Titan

attack on titan

Shingeki no kyojin atau Attack on Titan adalah anime yang wajib penggemar fullmetal alchemist saksikan. Merupakan manga dark fantasy modern yang paling populer di tahun 2009. Bahkan, kini versi animenya yang pertama kali tayang pada tahun 2013, masih merajai deretan anime paling populer dan paling banyak orang sukai.

Attack on Titan berfokus pada konflik antara manusia dengan raksasa (titan)yang mengancam kepunahan manusia. Eren Yeager kemudian bergabung dalam anggota Survey Corps  dan bertarung melawan para Titan untuk melindungi umat manusia.

Kamu akan menikmati kisah dark fantasy yang membuat terkagum layaknya Fullmetal Alchemist, dimana banyak pertarungan intens.

5. Demon Slayer: Kimetsu no yaiba

kimetsu no yaiba

Anime mirip fullmetal alchemist berikut ini adalah Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba. Manga dengan genre dark fantasy ini pertama rilis tahun 2016 dan baru saja berakhir pada Mei 2020. Bukan hanya patut disaksikan oleh penggemar fullmetal alchemist, namun anime ini juga layak untuk disaksikan penggemar manga dan anime di mana pun.

Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba berlatarkan daerah Jepang fiksi pada periode Taisho (1912-1926). Anime ini mengisahkan tentang pertarungan antara iblis jahat dan pembunuh iblis termasuk karakter utama Tanjiro Kamado, Inosuke Hashibira dan Zenitsu Agatsuma. Tanjiro memutuskan menjadi pembunuh iblis untuk membantu adik perempuannya Nezuko kembali menjadi manusia.

Jika Fullmetal Alchemist menggambarkan ikatan kuat dari Elric bersaudara, maka Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba menggambarkan hubungan Tanjoro dengan adiknya yakni  Nezuko.

BACA JUGA: 5 Anime Mirip Attack On Titan, Gak Kalah Seru

By Intan