Advertisements
anime haikyuu

Jika membicarakan anime genre olahraga, otak para penikmat anime pasti langsung tertuju pada Captain Tsubasa serta Haikyuu!!. Dua anime ini memang menjadi maskot anime sport walaupun tanggal perilisannya terpaut jauh sekali.

Haikyuu!! mengisahkan Hinata yang jatuh cinta dengan olahraga voli. Ia melihat sosok yang mirip dengannya yang berjuluk raksasa mungil. Kemudian, Hinata membuat klub voli SMP dan meyakinkan teman-temannya yang nggak bisa voli untuk bergabung.

Namun, di turnamen pertamanya, dia kalah oleh Kageyama, yang merupakan raja lapangan voli. Sejak saat itu, ia bersumpah untuk mengalahkan Kageyama. Saat masuk SMA, Hinata malah satu sekolah dengan Kageyama.

Tinggi Hinata hanya 162cm. Sedangkan, olahraga voli rata-rata untuk orang tingginya kurang lebih 180-an cm. Namun, Hinata memiliki kemampuan untuk melompat tinggi yang juga menjadi dasar dalam olahraga voli. Haruichi Furudate-sensei selaku creator membuat plot yang menarik meski sederhana dan mirip dengan manga olahraga kebanyakan.

Nah beberap alasan menonton anime haikyuu adalah:

1. Anime Olahraga yang Cukup Realistis

haikyuu

Lupakan semua tentang cerita yang ada dalam anime Tsubasa dengan jurus tendangan elang atau lari secepat kilat. Kamu tidak akan menemukan jurus apa pun di dalam anime ini. Anime ini hanya menampilkan yang memang bisa selayaknya manusia lakukan di dunia nyata, seperti pukulan tipuan atau penyelamatan dari sebuah block. Dengan begitu, menonton animenya pun jadi lebih menyenangkan.

2. Plot Cerita Anime Haikyuu yang Sulit Ditebak

Selain bisa kalah, kamu mungkin akan penasaran dengan lanjutan ceritanya hingga mau menonton episode selanjutnya lagi dan lagi. Gaya penceritaan di dalam anime ini pun cukup apik dan terhubung dari satu karakter ke karakter lainnya. Jadi, bisa saja kamu akan menemukan kedekatan dengan setiap karakter baru yang muncul di episode mendatang.

Baca Juga:  5 Ninja Yang Mendapat Didikan Keras

3. Cerita Yang Mengocok Perut

fun moment

Biarpun sebernya ini adalah anime bertema olahraga, kamu bisa tertawa saat menontonnya. Penulis ceritanya cukup pandai menaruh lawakan di sela-sela keseriusan cerita. Jadi, ketegangan saat menonton animenya pun bisa sedikit reda. Mulai dari ekspresi wajah, dialog, hingga respon kepada pemain lain menjadi daya tarik lainnya dari Haikyuu!!. Meski ada komedi di dalamnya, porsinya tidak berlebihan kecuali dalam situasi tertentu misalnya saat latihan atau training camp.

4. Tim Utama Sering Menderita Kekalahan

Sebagian besar anime yang berbau olahraga biasanya memiliki penggambaran dengan kekuatan yang melebihi rata-rata. Sehebat apa pun musuh yang mereka lawan, tim yang ada tokoh utamanya pasti akan menang. Sayangnya, kamu tidak bisa mengharapkan itu terjadi. SMA Karasuno bisa kalah, kok, di dalam animenya. Jadi, kamu akan merasa seperti menonton pertandingan sungguhan.

5. Yang Menjadi Perhatian Bukan Cuma Karakter Utama

fukurodani

Yang menarik dari Haikyuu!! dari segi karakternya adalah tidak hanyafokus sama duet Hinata-Kageyama maupun SMA Karasuno. Namun, beberapa rival mereka juga mendapat sorotan. Seperti Nekoma, yang menjadi rival abadi Karasuno. Mereka juga mendapat sorotan ketika kualifikasi kejurnas. Selain itu, Bokuto dari Fukurodani juga mendapat sorotan. Dia terkenal sebagai karakter yang insecure, kadang nge-drop kalau melakukan kesalahan. Padahal ia merupakan salah satu ace terbaik nasional.

6. Anime Haikyuu Terinspirasi Dari Olahraga Voli

Furudate-sensei memilih voli sebagai olahraga yang ada dalam manga ciptaannya adalah keputusan yang sangat tepat. Di saat manga bergenre sejenis mengambil olahraga populer seperti sepakbola, tenis, atau baseball, beliau lebih memilih voli. Voli emang tidak sepopuler 3 jenis olahraga tadi. Apalagi, tahun 2019 lalu Jepang menjadi tuan rumah FIVB World Cup, salah satu turnamen tertinggi bola voli selain Kejuraaan Dunia dan Olimpiade. Maka dari itu euforianya semakin membesar.

By Mita