Cara Menjual NFT Melalui Marketplace Binance

Epic99.com – Cara menjual NFT melalui Binance. Perkembangan NFT saat ini semakin banyak di perbincangkan. Terlebih saat Ghozali Everyday mampu meraih miliaran rupiah hanya dengan menjual NFT melalui marketplace OpenSea. Oleh karenanya saat ini OpenSea semakin banyak di gunakan.

Bahkan tidak jarang juga penggunanya justru menjual NFT yang tidak penting di marketplace yang satu ini. Jika kamu ingin beralih dan tetap menjual NFT, Binance bisa menjadi alternatif untuk kamu gunakan.

Berikut ini beberapa cara menjual NFT melalui marketplace Binance untuk bisa kamu praktekkan.


Apa Itu Binance NFT Marketplace?

Untuk kamu yang belum tahu, Binance sendiri merupakan platform pertukaran kripto yang saat ini sudah mengembangkan marketplace NFT miliknya sendiri. Perusahaan asal China yang satu ini berhasil merilis NFT marketplace Binance tepatnya pada Juni 2021 lalu.

Apa Itu Binance NFT Marketplace?

Di mana Binance menjadi wadah bagi para seniman, kreator, hingga artis untuk di jadikan NFT. Selain itu nantinya hasil dari aset NFT yang ada di Binance akan memiliki likuiditas yang terbilang tinggi.

Berbeda dengan OpenSea, marketplace Binance menerapkan sistem yang memungkinkan aset masuk di filter terlebih dahulu untuk menjamin kualitasnya.

Awalnya marketplace Binance ini menggunakan token BNB dan juga BSC sebagai alat tukar. Namun seiring berjalannya waktu, Binance menyediakan opsi multi-chain di mana kamu bisa menggunakan mata uang kripto.


Cara Menjual NFT di Binance

Sebelum akhirnya kamu bisa menjual NFT di Binance, kamu di haruskan untuk melakukan minting NFT terlebih dahulu. Minting NFT sendiri merupakan istilah yang mewakili proses dari mengubah aset digital menjadi kripto.

Berikut ini akan di jelaskan mengenai cara minting NFT di Binance, namun sebelum itu, sebaiknya kamu harus memiliki akun Binance terlebih dahulu.

Baca Juga:  Game NFT Bombcrypto : Tips Bermain Agar Bisa Mendapatkan Uang

1. Cara membuat akun Binance

1. Cara membuat akun Binance
  • Daftar akun Binance melalui situs resminya.
  • Kemudian isilah semua data serta selesaikan proses verifikasi yang di perlukan.
  • Selanjutnya kamu bisa menghubungkan akun walet seperti MetaMask.
  • Ikuti semua tahapan yang di perlukan dengan sesuai.
  • Terakhir kamu bisa melakukan deposit ataupun membeli koin kripto seperti BNB, BUSD, dan juga ETH.

2. Cara minting NFT di Binance

2. Cara minting NFT di Binance

Jika sekiranya kamu sudah membuat akun Binance dan menghubungkannya ke wallet, selanjutnya kamu bisa melakukan minting ke marketplace Binance. Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu praktekkan :

  • Langkah pertama yang harus kamu perhatikan adalah koin kripto harus sudah terisi untuk membayar biaya minting dan juga gas fee.
  • Selanjutnya kamu bisa membuka Binance NFT > Create.
  • Nantinya kamu bisa menentukan NFT yang ingin kamu upload baik berupa gambar, video, maupun audio.
  • Kemudian pilihlah NFT yang kamu inginkan seperti NFT tunggal – BEP-721 ataupun NFT Seri – BEP-1155.
  • Selanjutnya kamu bisa mengisi informasi dengan lengkap semua informasi yang di perlukan.
  • Terakhir kamu bisa klik Create untuk menyelesaikan minting NFT.

3. Cara listing NFT di Binance

3. Cara listing NFT di Binance

Setelah melakukan minting, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah proses pejualan aset yang biasa disebut listing. Selain itu nantinya kamu bisa melakukan minting saat sudah memiliki aset NFT. Kamu bisa memiliki aset NFT melalui proses minting ataupun melalui pembelian NFT.

  • Saat kamu memiliki aset NFT dari proses minting, nantinya kamu akan melihat Minting Completed yang merupakan informasi bahwa proses minting sudah berhasil diselesaikan. Selanjutnya kamu bisa klik List NFT untuk masuk pada opsi listing. Masuklah ke Setting up your listing untuk mengisi semua data yang diperlukan.
  • Namun jika kamu memiliki aset NFT tanpa melalui minting, kamu bisa membuka halaman NFT Asset. Selanjutnya kamu bisa klik NFT yang ingin dimasukkan listing pada menu Collection. Kemudian nantinya kamu akan masuk pada bagian Collection. Isilah semua data yang diperlukan dengan lengkap.
Baca Juga:  6 Raksasa Teknologi Yang Sedang Menuju Metaverse, Ini Daftarnya !

Berikut ini beberapa langkah untuk memulai proses listing NFT :

  • Klik pada menu List NFT untuk melakukan navigasi pada pilihan listing.
  • Nantinya kamu bisa melakukan listing dengan 2 cara yakni lelang dan juga fix price.
  • Kemudian jika kamu ingin melelang aset, kamu bisa pilih Highest Bid dan tentukan waktu pelelangan.
  • Namun jika kamu ingin menggunakan metode fix price, maka kamu bisa pilih Set Price dan isilah deskripsi yang sesuai dan selengkap mungkin.
  • Selanjutnya kamu bisa menentukan mata uang kripto yang ingin kamu gunakan.
  • klik Submit untuk menyelesaikan prosesnya.

Note : pada metode fix price nantinya kamu tidak bisa mengubah deskripsi yang sudah diisi sebelumnya. Oleh karena itu, pastikan kamu mengisinya dengan benar.

Itulah cara menjual NFT melalui marketplace Binance yang bisa kamu praktekkan. Binance sendiri menjadi alternatif berjualan NFT untuk kamu yang tidak ingin menggunakan OpenSea.***