Perbedaan Internet dan Intranet dari Segi Fungsi

Perbedaan Internet dan Intranet – Dalam dunia teknologi informasi (TI), Internet dan Intranet adalah dua jenis jaringan. Banyak pengguna lebih akrab dengan istilah Internet, tetapi mereka kurang mengenal Intranet karena jaringan Intranet hanya di gunakan oleh beberapa orang. Apa yang membedakan intranet dari internet?

Apa itu Internet dan Intranet?

Untuk membedakan keduanya, Anda harus memahami apa arti Intranet dan Internet. Internet adalah jaringan komputer dan perangkat lainnya yang saling terhubung di seluruh dunia melalui protokol Internet (IP) standar. Internet tidak terbatas pada suatu perusahaan, negara, atau wilayah. Anda dapat mengakses semua jenis informasi di Internet, termasuk teks, foto, video, dan audio.

Intranet, di sisi lain, adalah jaringan Internet dengan jangkauan yang lebih terbatas, privat, dan terbatas. Jaringan teknologi informasi ini hanya di gunakan dalam perusahaan atau organisasi. Kehadiran intranet membantu proses pertukaran dan transmisi data antara anggota internal lebih cepat dan lancar. Local Access Network (LAN) atau Wide Area Network (WAN) di gunakan untuk menjalankan intranet.

Selain istilah “Internet” dan “Intranet”, Ekstranet adalah istilah tambahan. Ini adalah jaringan Intranet yang dapat di akses oleh pengguna yang berasal dari luar organisasi atau perusahaan. Pengguna yang memiliki hubungan penting dengan bagian internal organisasi, seperti mitra, supplier, dan klien, biasanya menggunakan Ekstranet untuk berkomunikasi dan mengirim data antar perusahaan.

Fungsi Internet dan Intranet

Karena Internet sangat terkait dengan kehidupan sehari-hari manusia, Anda pasti sudah mengenal fungsinya. Orang biasanya menggunakan Internet untuk mengakses informasi, berkomunikasi, menikmati hiburan, dan berbagai aktivitas lainnya.

Intranet memiliki tujuan yang sama dengan Internet, yaitu memfasilitasi akses ke informasi dan memudahkan komunikasi antar anggota. Namun, intranet memiliki satu tujuan khusus, yaitu membantu manajemen sumber daya manusia (SDM) di lakukan secara online. Fungsi intranet sebenarnya berbeda-beda tergantung pada kebijakan organisasi atau karyawan.

Perbedaan Internet dan Intranet

Untuk membedakan dua jaringan, Anda harus memahami apa artinya dan apa yang mereka lakukan. Perbedaan antara Internet dan Intranet di kategorikan menjadi lima kategori berdasarkan jangkauan jaringan dan cara kerjanya. Lihat perbedaan berikut.

1. Jangkauan Jaringan

Dengan menggunakan teknologi yang tersedia saat ini, setiap orang dapat menggunakan jaringan Internet tanpa batas. Hanya anggota internal organisasi atau perusahaan yang dapat mengakses Intranet. Orang lain yang ingin mengaksesnya juga harus melakukan login. Mereka yang memiliki akses Ekstranet juga harus melakukan login untuk terhubung ke jaringan Intranet perusahaan.

2. Berdasarkan Koneksi

Internet terbuka dan dapat di akses oleh banyak orang, sehingga koneksi internet seringkali tidak dapat di jamin. Koneksi dapat menjadi lambat atau terputus karena berbagai hal, seperti jarak, gangguan sinyal, atau kapasitas jaringan yang terlalu banyak di gunakan. Berbeda dengan intranet, yang hanya dapat di akses oleh karyawan atau anggota organisasi, koneksi intranet lebih stabil dan koneksi internet dapat di optimalkan untuk memenuhi kebutuhan unik organisasi atau perusahaan yang menggunakannya.

3. Jumlah Pengunjung

Jumlah pengunjung internet sangat berbeda dari internet karena jangkauannya tidak terbatas. Internet dapat di akses secara bersamaan oleh miliaran pengguna di seluruh dunia, asalkan setiap orang memiliki akses ke jaringan internet dan perangkat yang dapat terhubung ke jaringan tersebut. Intranet, di sisi lain, jauh lebih terbatas daripada internet karena intranet adalah jaringan internal yang di gunakan organisasi atau perusahaan untuk berbagi sumber daya dan informasi.

4. Keamanan Jaringan

Karena jaringan ini dapat di akses oleh siapa pun, keamanan Internet lebih rentan terhadap serangan siber yang cukup meresahkan pengguna Internet, seperti pencurian data atau kebocoran data saat pengiriman oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Keamanan intranet lebih kuat karena hanya di gunakan oleh bagian internal perusahaan. Firewall, yaitu sistem keamanan, di gunakan dalam sistem kerja Intranet untuk mengontrol arus data dan kegiatan yang dapat di lakukan di jaringan Intranet. Selain itu, kebocoran data sering terjadi, tetapi perusahaan lebih mudah menemukan orang yang melakukannya.

5. Teknologi yang Digunakan

Baik jaringan kabel maupun nirkabel memungkinkan Anda mengakses Internet. Jaringan berkabel biasanya terdiri dari kabel telepon tembaga, kabel fiber optik, atau kabel TV. Selain itu aringan nirkabel biasanya terdiri dari WiFi dan jaringan 3G/4G pada smartphone. Jaringan Intranet memiliki teknologi yang lebih terbatas, jadi Anda hanya dapat mengaksesnya melalui kabel LAN atau WAN.

Baca Juga :

***