Cara Mudah Mengatasi Windows Error Recovery

Windows Error Recovery – OS Windows dianggap sebagai sistem operasi yang paling ramah pengguna untuk laptop atau komputer, tetapi juga sangat rentan terhadap masalah tertentu, seperti masalah booting.

Beberapa masalah gagal booting yang sering dialami pengguna Windows termasuk boot device yang tidak dapat diakses, masalah load operating system, perbaikan Windows secara otomatis, kesalahan membaca disk, layar biru Windows, hilangnya operating system, dan masalah pemulihan kesalahan Windows. Jika Anda ingin memperbaiki error Windows dengan cepat, pastikan untuk membaca artikel ini sampai selesai karena ini hanya membahas pemulihan error Windows.

Mengatasi Windows Error Recovery

Yang belum tahu, Windows Recovery adalah halaman yang digunakan untuk menjalankan fungsi tertentu ketika sistem mengalami masalah. Meskipun halaman ini sangat populer, masalahnya adalah halaman ini tampil terus-menerus ketika Windows dihidupkan.

Anda harus tahu cara mengatasi Windows error recovery agar Anda dapat menggunakan laptop atau komputer Anda kembali seperti biasa karena hal itu membuat Anda tidak bisa masuk ke sistem Windows meskipun Anda telah mencobanya berkali-kali.

1. Lakukan StartUp Repair

Salah satu fitur pada halaman pemulihan Windows yang bisa kita jalankan adalah startup repair. Fitur ini berfungsi untuk memperbaiki masalah sistem seperti booting terganggu, jadi masuk akal untuk mencobanya.

Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Untuk memulai, nyalakan laptop atau komputer Anda.
  • Setelah muncul halaman Windows Recovery, pilih Memperbaiki Komputer Anda.
  • Kemudian akan muncul opsi metode input.
  • Pada halaman ini, pilih Amerika Serikat dan klik Selanjutnya.
  • Setelah itu, proses pemulihan akan dimulai.
  • Tunggu sampai selesai, lalu restart laptop atau komputer Anda. Dengan cara ini, perangkat biasanya akan dapat booting dengan normal.

Fitur perbaikan awal Windows ini akan bekerja pada sistem secara otomatis, menemukan sumber masalah dan memperbaikinya. Tergantung pada kapasitas penyimpanan disk dan jumlah data yang ada di dalamnya, proses ini biasanya berjalan cepat atau agak lama.

2. Restart Recovery

Pertama, kita mulai dengan hal yang paling dasar, yaitu merestart pemulihan. Ini karena memuat ulang sistem kadang-kadang dapat menyelesaikan masalah pemulihan Windows dan perangkat akan berjalan seperti biasa kembali. Ini karena mungkin ada masalah yang muncul karena mematikan perangkat secara tidak tepat.

Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  • Hidupkan laptop atau komputer Anda terlebih dahulu.
  • Setelah muncul tampilan blue screen Windows Recovery, tekan Enter untuk memulai kembali Windows atau pilih Start Windows Normally.
  • Tunggu selama proses boot Windows.
  • Sudah selesai, semoga bermanfaat.

3. Restore System

Salah satu fitur penting Windows adalah Restorasi Sistem, yang memungkinkan Anda merestore sistem yang salah untuk dikembalikan kapan saja. Anda dapat mencoba metode ini untuk mengatasi masalah saat booting.

Di bawah ini adalah prosedur untuk melakukannya:

  • Pertama, pergi ke menu Opsi Pengembalian seperti yang disebutkan di atas.
  • Jika sudah, klik System Restore pada pilihan yang muncul di halaman tersebut dan klik Next untuk melanjutkan.
  • Selanjutnya, kembalikan sistem ke kurun waktu sebelumnya dengan menggunakan restore point yang tersedia di sana.
  • Tunggu sampai restorasi selesai.
  • Kemudian, klik “Finish” untuk mengakhiri, dan Anda hanya perlu menghidupkan ulang perangkat.

Jangan khawatir jika proses loading agak lama. Ini biasanya karena perubahan sistem yang dibuat selama proses restore. Cara ini juga sangat baik untuk memperbaiki sistem dan cukup baik untuk masalah boot.

Baca Juga :

***