Cara Mudah Mengatasi Shutdown Windows yang Berjalan Lambat

Epic99.com – Mengatasi shutdown Windows yang berjalan lambat. Windows menjadi sistem operasi yang memiliki banyak pengguna. Hal tersebut di karenakan kemudahannya dalam pemakaian. Selain itu sistem operasi besutan Microsoft tersebut selalu melakukan update yang memungkinkan kamu menggunakan sistem yang canggih.

Namun di karenakan sistem, bukan berarti tidak memiliki masalah sama sekali. Seringkali Windows mengalami performa yang menurun. Salah satu efeknya adalah proses shutdown yang terbilang lama alias lemot.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan di jelaskan mengenai cara mengatasi proses shutdown yang lemot pada OS Windows. Namun sebelum itu, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu mengenai penyebab terjadinya penurunan performa ini.


Penyebab shutdown Windows berjalan lambat

Penyebab shutdown Windows berjalan lambat

Sebenarnya ada banyak penyebab terjadinya lemot saat melakukan shutdown pada Windows. Namun yang salah satu yang sering terjadi adalah karena aplikasi yang mungkin masih berjalan saat proses shutdown.

Untuk itu biasanya sistem akan lebih dulu memberikan peringatan. Di mana hal tersebut bertujuan sebagai langkah error pervention sekaligus memberi tahukan pada pengguna apakah aplikasi tersebut akan di tutup paksa.


Cara mengatasi shutdown Windows yang berjalan lambat

Untuk mengatasi permasalahan shutdown yang lama pada Windows. Sebenarnya langkahnya juga tidak sulit. Selain itu kamu bisa menggunakan beerbagai cara untuk mengatasinya. Dengan begitu kamu tidakperlu menunggu lebih lama lagi saat melakukan shutdown pada Windows.

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu praktekkan untuk mengatasi permasalahan shutdown Windows yang lemot.

1. Dengan menggunakan Troubleshooter

1. Dengan menggunakan Troubleshooter

Penggunaan OS Windows memiliki banyak pengguna di karenakan salah satu alasannya adalah fitur yang tersedia memberikan kemudahan dalam penggunaannya. Seperti salah satunya fitur Troubleshooter yang memungkinkan kamu untuk mengatasi permasalahan shutdown yang lemot.

Baca Juga:  8 Aplikasi Launcher Terbaik Android 2022 : Ringan Dan Hemat Baterai !

Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu praktekkan :

  • Masuk pada Windows Settings dengan klik tombol Windows.
  • Selanjutnya ketik Settings lalu Enter.
  • Nantinya pada kolom pencarian kamu bisa ketik troubleshootings kemudian Enter.
  • Langkah selanjutnya kamu bisa pilih Additional Troubleshooters lalu pilih Power.
  • Kemudian kamu bisa menjalankan troubleshooters dengan mengikuti langkah yang ada.

2. Menggunakan Command Prompt

2. Menggunakan Command Prompt

Command Prompt memang menjadi salah satu cara yang sering alias umum di gunakan untuk mengatasi permasalahan yang ada pada Windows. Terutama untuk mempercepat proses shutdown sendiri juga ada banyak jenis perintahnya.

Namun pada tutorial kali ini kita akan mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan perintah SFC. Di mana nantinya mengharuskan perangkat untuk melakukan scan terhadap setiap problem yang ada. Dengan begitu kamu bisa lebih mudah memperbaik saat sudah mengetahui permasalahannya.

Berikut ini beberapa langkahnya :

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuka Command Prompt. Klik tombol Windows pada PC dan ketik CMD.
  • Kemudian klik kanan dan jalankan sebagai Administrator.
  • Selanjutnya saat Command Prompt sudah terbuka, maka kamu bisa menjalankan perintah di dalamnya sebagai admin.
  • Kamu bisa memasukkan perintah dengan ketik sfc /scannow dan klik Enter.
  • Tunggulah beberapa saat hingga proses scanning selesai.

3. Menggunakan Windows+R

3. Menggunakan Windows+R

Mengatasi proses shutdown yang lemot bisa kamu lakukan dengan menggunakan Gpedit.msc. Di mana nantinya kamu akan merubah police yang ada pada Windows. Cara ini juga sekaligus untuk merubah pagefile memory sehingga tidak menghapus virtual memory pada Windows. Dengan begitu kamu bisa mempercepat proses shutdown dengan mudah.

Berikut ini beberapa langkahnya :

  • Ketik Windows+R secara bersamaan.
  • Kemudian ketik gpedit.msc lalu Enter.
  • Selanjutnya masuk pada Computer Configuration > Windows Settings > Security Settings > Local Policies > Security Options.
  • Di sana kamu bisa mencari Police Security Options : Shutdown.
  • Lalu disable Clear Virtual Memory Pagefile dengan klik 2 kali.
Baca Juga:  Cara Mudah Instal Emulator BlueStack di PC/Laptop

Kesimpulan

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu praktekkan untuk mengatasi permasalahan shutdown pada Windows yang lemot. Dengan begitu kamu tidak perlu lagi menunggu terlalu lama saat proses shutdown pada Windows.***