Cara Buat Laporan PKL yang Baik dan Benar untuk Anak SMK

Cara Buat Laporan PKL – Laporan Praktek Kerja Lapangan SMK harus di susun dengan benar. Anda dapat menggunakan beberapa teknik yang di bahas di artikel ini, mulai dari daftar isi hingga data pendukung. Kurikulum SMK sudah mendukung siswa untuk siap terjun ke dunia kerja atau industri. Ini di buktikan dengan sekitar 40% teori dan 60% praktik. Mengikuti PKL dan membuat laporan PKL adalah salah satu contoh dari praktik ini.

Apa itu PKL untuk anak SMK?

Siswa SMK di haruskan untuk melakukan praktik kerja lapangan (PKL) atau praktik kerja industri (Prakerin). Tujuannya adalah untuk menerapkan pengetahuan yang telah Anda pelajari di universitas. Sebagai siswa SMK, PKL ini akan memberi Anda pemahaman tentang banyak hal yang selama ini tidak Anda pelajari di sekolah. Selain itu, akan memberi Anda pemahaman langsung tentang kondisi dan suasana di dunia kerja.

Sebelum itu, sekolah akan memberi instruksi kepada siswanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan PKL, termasuk membuat laporan PKL. Laporan ini sangat penting karena menunjukkan bahwa siswa telah menyelesaikan Praktek Kerja Lapangan dengan benar dan sesuai dengan jurusan SMK yang mereka pilih. Laporan PKL ini di buat setelah kegiatan PKL selesai, tetapi selama kegiatan PKL, Anda harus menyiapkan berbagai data dan informasi, seperti data perusahaan Anda.

Cara buat Laporan PKL

Sebelum Anda tahu bagaimana membuat laporan PKL SMK, Anda harus tahu apa itu laporan PKL. Laporan PKL adalah uraian lengkap tentang kinerja Anda selama PKL. Oleh karena itu, laporan PKL Anda harus memasukkan semua hal yang berkaitan dengan aktivitas Anda selama PKL, termasuk foto. Untuk lebih jelas, perhatikan hal-hal berikut:

Langkah 1, Pahami Format Penulisan Laporan

Untuk membuat laporan PKL, hal pertama yang harus Anda ketahui adalah format penulisan laporan PKL. Ini akan membuat Anda lebih terorganisir saat Anda menyusun laporan.

Format yang digunakan untuk menulis laporan PKL adalah sebagai berikut:

1. Cover laporan

Dalam sampulan laporan PKL, Anda harus menuliskan judul laporan, identitas pendidikan, seperti nama penyusun, alamat, dan logo sekolah.

2. Halaman Pengesahan

Di bagian ini, Anda harus mengisinya dengan dokumen yang diperlukan untuk pengesahan kegiatan PKL.

3. Kata Pengantar

Dalam kata pengantar, Anda harus mengungkapkan rasa terima kasih Anda, serta alasan dan keuntungan dari menulis laporan. Anda juga harus menambahkan kritik dan saran yang berkaitan dengan kegiatan PKL.

4. Daftar Isi

Isi laporan selama PKL disebut sebagai daftar isi, yang terdiri dari bab, sub bab, isi, dan halaman laporan. Daftar ini dilengkapi dengan nomor halaman.

5. Pendahuluan

Di bagian ini, Anda harus memasukkan latar belakang yang Anda gunakan untuk menulis laporan Praktek Kerja Lapangan, seperti bagaimana memenuhi tugas Prakerin.

6. Tinjauan Umum

Anda dapat mengisinya dengan profil perusahaan di mana Anda bekerja sebagai siswa PKL. Profil ini mencakup visi dan misi perusahaan, serta tugas dan tanggung jawab yang harus Anda selesaikan sebagai siswa PKL. Selain itu, pastikan untuk memasukkan daftar atau struktur organisasi perusahaan. Usahakan daftar tersebut selengkap mungkin dan dapat menjelaskan perusahaan secara keseluruhan.

7. Isi Laporan

Ini adalah bagian yang sangat penting. Anda harus menulis semua kegiatan PKL Anda secara lengkap di sini.

8. Penutup

Penutup berisi kesimpulan yang dapat Anda ambil setelah kegiatan PKL.

9. Lampiran

Dalam lampiran terdapat berbagai data yang dapat membantu laporan Praktek Kerja Lapangan, seperti foto kegiatan, undangan dari perusahaan untuk agenda yang harus Anda ikuti, rundown acara jika Anda terlibat sebagai panitia, dan sebagainya.

Langkah 2, Tulis Hasil PKL dengan Jelas dan Rinci

Oleh karena itu, pastikan bagian ini lengkap karena hasil Praktek Kerja Lapangan adalah bagian penting dari pembuatan laporan Praktek Kerja Lapangan. Memang, Anda mungkin lupa banyak hal yang telah Anda lakukan selama PKL. Oleh karena itu, gunakan buku atau jurnal harian yang sudah dilengkapi dengan draft atau template yang dapat Anda gunakan untuk memasukkan informasi seperti hari, waktu, jenis kegiatan, dan uraian kegiatan.

Anda harus membawa jurnal ini setiap hari selama program PKL agar Anda dapat mencatat semua aktivitas PKL. Anda dapat menggunakan jurnal ini untuk mengisi laporan PKL di bagian Hasil PKL.

Langkah 3, Lampirkan Data Pendukung yang Relevan

Selain membawa jurnal, Anda juga harus aktif mengambil foto dari semua kegiatan yang terjadi selama PKL. Foto-foto ini dapat di gunakan sebagai data pendukung laporan Praktek Kerja Lapangan yang Anda buat. Setelah itu, Anda harus menyimpan semua catatan, undangan, hasil rapat, atau apa pun yang berhubungan dengan PKL. Setelah itu, data dapat discan dan dimasukkan ke dalam laporan PKL yang dilampirkan. Data pendukung ini sangat penting untuk meningkatkan kelengkapan laporan dan nilai Anda.

Baca Juga :

***