Epic99.com – Situs penyedia blog gratis. Jika kamu memiliki hobi menulis, blog menjadi sarana terbaik yang bisa kamu lakukan untuk meluangkan hobi. Blog sendiri merupakan sebuah halaman web yang berisi tulisan, gambar serta video yang di simpan secara online. Dengan begitu blog bisa di akses oleh semua orang.

Selain itu tidak jarang juga blog di jadikan media untuk berbisni, promosi, atau sekedar berbagi informasi. Hingga kini sudah banyak situs yang menyediakan platform blog untuk kamu bisa menulis di dalamnya. Bahkan kamu juga bisa menulis blog secara gratis.

Nah untuk kamu yang ingin menulis di berbagai platform blog, berikut ini beberapa rekomendasi terbaik yang bisa kamu gunakan.

1. WordPress

WordPress

Platform blog ternama yang banyak di gunakan oleh para blogger profesional. Bahkan wordpress juga seringkali di gunakan oleh pelaku bisnis online. Hal tersebut di karenakan WordPress sendiri memiliki banyak plugin yang memudahkan penggunaan serta membuat website terlihat lebih menarik.

Selain itu banyak fitur menarik lainnya yang ada dalam WordPress mulai dari memantau trafik pengunjung hingga keamanannya.

2. Blogger

Blogger

Menjadi salah satu platform blog terbaik yang bisa kamu gunakan. Blogger terbilang sangat populer dan banyak penggunannya. Selain itu kamu bisa menulis secara gratis dengaan nama domain blogspot.com. Namun jika kamu ingin lebih profesional, maka kamu bisa menggunakan domain pribadi.

Platform blog yang satu ini juga tersedia berbagai template yang bisa kamu download baik yang gratis maupun berbayar. Dengan begitu tampilan blog yang kamu miliki menjadi lebih menarik. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa mengatur tampiilan widget yang tersedia pada Blogger.

3. Medium

situs penyedia blog gratis Medium

Merupakan platform blog asal Amerika yang bisa kamu gunakan untuk meluangkan hobi menulis. Medium di dirikan pertama kali pada tahun 2012 yang saat ini menjadi salah satu platform blog yang cukup populer.

Baca Juga:  Cara Menambahkan Widget Google Translate ke Website

Selain itu kamu bisa menggunakan platform bloging yang satu ini secara gratis. Penggunaannya juga terbilang sangat mudah sehingga kamu tidak memerlukan skill khusus. Oleh karenanya Medium memiliki banyak penulis mulai dari yang pemula hingga profesional.

4. BlogDetik

situs penyedia blog gratis BlogDetik

Indonesia memiliki berbagai platform blog yang salah satunya adalah BlogDetik. Sesuai dengan namanya, blog satu ini merupakan besutan Detik.com yang memungkinkan kamu untuk menulis artikel di dalamnya secara gratis.

Selain itu platform blog yang satu ini juga memberikan kemudahan dalam penggunaannya sehingga kamu tidak perlu memiliki keahlian khusus.

Dengan menggunakan BlogDetik, maka kamu juga bisa bergabung bersama komunitas penulis untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman menulis.

5. Kompasiana

situs penyedia blog gratis Kompasiana

Kamu bisa menggunakan Kompasiana sebagai platform blog asli Indonesia yang di besut oleh Kompas Gramedia pada tahun 2008. Di sana kamu bisa menulis dengan mudah dan gratis dengan membuat akun blog pribadi.

Selain itu kamu akan bebas menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari berita, politik, ekonomi, hiburan, olahraga, dan masaih banyak lagi yang lainnya.

Bahkan kamu juga bisa mendapatkan uang dari platform kompasiana karena mereka seringkali bekerjasama dengan sponsor serta rutin mengadakan lomba menulis.

6. Tumblr

situs penyedia blog gratis Tumblr

Menjadi platform micro blogging yang di buat pertama kali pada tahun 2007 oleh David Karp. Berbeda dengan platform blogging lainnya, Tumblr sekilas seperti Twitter di mana kamu bisa memposting artikel, memfollow blogger, dan juga membagikan artikel.

Selain itu kamu juga bisa memposting berbagai tulisan mulai dari artikel panjang atau sekedar quotes ataupun kutipan. Tumblr juga memiliki desain yang sangat user friendly sehingga mudah di gunakan untuk pemula sekalipun.

Nah itulah beberapa situs penyedia blog gratis terbaik yang bisa kamu gunakan untuk menulis. Memiliki hobi menulis tentunya menjadi kelebihan tersendiri untuk kamu di mana kamu bisa membuat karya yang akan di lihat oleh banyak orang di berbagai platform yang telah di sebutkan di atas.***